Penyebab penyakit Trypophobia pada Kulit atau tangan

Penyebab TryphobiaAnda mungkin sudah sering mendengar tentang berbagai macam kondisi “fobia” , seperti ornithophobia, claustrophobia, atau fobia-fobia lain seperti fobia ketinggian dll. Tapi jenis fobia yang disebut dengan trypophobia mungkin yang paling mengganggu, terasa aneh dan asing. Apa Trypophobia?  Phobia sendiri bisa diartikan sebagai ketakutan yang tidak umum atau ketakutan yang berlebihan, baik pada tempat, benda, situasi, dll. Sementara itu Trypo  adalah istilah yang berasal dari ikata Yunani (seperti kata ilmiah lainnya), yang berarti “pengeboran atau lubang-lubang yang membosankan”.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Arnold Wilkins dan Geoff Cole,  Trypophobia digambarkan sebagai gangguan mental. Namun sebagian besar dokter tidak percaya bahwa ada penyakit seperti itu, dan mereka percaya bahwa Trypophobia hanyalah ketakutan akan sarang lebah dan antholes, yang mengakibatkan seseorang berasumsi bahwa struktur berlubang-lubang tersebut terdapat ada pada kulit atau tangan mereka. Sementara pendapat lain menjelaskan bahwa trypophobia adalah rasa takut irasional intent kepada lubang organik.  Jadi ada dasarnya, trypophobia adalah ketakutan akan terlalu banyak lubang, dan hal-hal seperti memiliki banyak lubang-lubang kecil pada diri mereka. Penelitian masih berlangsung untuk menemukan, apakah Trypophobia adalah penyakit yang nyata atau tidak.

Apakah Penyebab, gejala, dan cara mengobati Trypophobia? Berikut mungkin jawabannya

Penyebab Trypophobia

Trypophobia adalah ketakutan akan lubang-lubang yang bergerombol atau berkerumun. Yang berarti jika Anda merasa lebih takut kepada lubang yang berkerumun, maka ada kemungkinan pada beberapa waktu dimana Anda merasa menderita Trypophobia. Meskipun penyebab sebenarnya dari kondisi aneh ini belum diketahui, namun diyakini bahwa ini banyak terjadi pada anak usia dini dan berlanjut ke usia remaja, lalu kemudian phobia ini perlahan-lahan akan hilang.

Trypophobia bisa timbul sebagai akibat dari kecenderungan tertentu baik secara eksternal maupun internal, atau mungkin juga karena beberapa peristiwa traumatis pada tahap awal kehidupan seperti pada penyebab banyak fobia lainnya. Namun tidak ada penyebab Trypophobia lain yang spesifik.

Gejala Trypophobia

Seorang individu yang menderita tyrpophobia secara umum mungkin akan mengalami perasaan gelisah dan rasa gatal di seluruh tubuh setelah melihat suatu zat atau benda yang memiliki banyak lubang-lubang kecil pada permukaannya, seperti sumsum tulang, polong biji teratai, sarang tawon, alat penyaring, spons, dll.  Seseorang yang menderita trypophobia umumnya juga memiliki dua kemungkinan reaksi yang berbeda terhadap penampakan “lubang”. Seseorang mungkin baik-baik saat melihatnya sebentar, namun kemudian ia akan memikirkannya, menutupinya, atau menghancurkanya – atau bisa juga seseorang  akan menderita pusing saat melihat lubang ini lagi.

Baca juga:  Penyebab Jerawat di pipi, punggung, leher dan cara mengatasinya

Diagnosis Trypophobia

Tidak banyak yang diketahui tentang asal-usul dan penyebab dari kondisi ini, kenapa dan tidak ada tes diagnostik yang cukup baik untuk kondisi trypophobia itu. Jika Anda melihat gambar saja sudah membuat Anda merasa tidak nyaman, maka Anda mungkin trypophobe!

Pengobatan Trypophobia

Hal ini diyakini bahwa terapi perilaku kognitif seperti program neurolinguistik, atau terapi psikologis lainnya bisa membantu mengobati pasien yang menderita trypophobia.

Karena kebanyakan fobia didasarkan pada masalah emosional yang berakar secara mendalam, maka terapi perilaku, hipnoterapi, dan konseling bisa terbukti efektif dalam pengobatan orang yang menderita trypophobia. Pepatah Jepang mengatakan “Takut hanya memungkinkan sedalam pikiran”.

7 Comments

  1. vlad
    Desember 18, 2015
  2. Feli
    Maret 22, 2016
  3. leny muliawati
    Mei 2, 2016
  4. armand
    Mei 2, 2016
  5. Arsy Sulistyana
    Mei 22, 2016
    • Juni 30, 2017
  6. Mei 8, 2017

Write a Comment