Manfaat Tomat untuk Wajah Dan Kesehatan

Tak diragukan lagi bahwa tomat mengandung banyak senyawa dan nutrisi; termasuk antioksidan, mineral, dan vitamin. Khususnya lycopene yang sangat tinggi dalam buah tomat bermanfaat banyak untuk wajah, dan kesehatan khususnya untuk pencegahan kanker dan penyakit jantung. Seberapa baik kesehatan Anda akan tercerminkan pada kulit Anda terutama wajah – artinya jika tubuh anda sehat dan cukup mendapatkan asupan nutrisinya, maka hal itu akan termanifestasi pada penampilan kulit Anda. Jadi jika anda suka rajin makan tomat, maka hal ini akan membawa dampak kebaikan bagi kesehatan Anda – yang pada akhirnya membuat kulit wajah Anda tampil kencang, cerah, cantik dan berseri.

Advertisement

1. Kandungan Nutrisi Penting Tomat

Kandungan Serat

Tomat merupakan buah sumber serat terbaik, yakni menyediakan sekitar 1,5 gram per buah tomat yang berukuran rata-rata. Sebagian besar jenis serat alam tomat adalah jenis yang tidak larut dalam bentuk hemiselulosa, selulosa dan lignin.

Kandungan Vitamin Mineral

Tomat merupakan buah sumber beberapa vitamin dan mineral penting yang baik yaitu :

  • Vitamin C: nutrisi penting yang juga bekerja sebagai zat antioksidan. Salah satu buah  tomat rata-rata bisa menyediakan sekitar 28% vitamin C dari kecukupan gizi harian yang disarankan.
  • Kalium:  mineral yang bermanfaat mengendalikan tekanan darah dan pencegahan penyakit kardiovaskular termasuk jantung koroner dan hipertensi.
  • Vitamin K1:  vitamin K penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.
  • Folat  : Adalah salah satu dari kelompok vitamin B, yang sangat penting untuk pertumbuhan jaringan dan fungsi sel yang normal. Hal ini terutama Folat sangat penting bagi wanita hamil untuk mencegah bayi cacat otak bawaan.

Kandungan Antioksidan :

  • Lycopene: adalah pigmen yang membuat warna merah pada tomat, adalah jenis antioksidan yang telah diteliti sangat bermanfaat bagi kesehatan .
  • Beta-karoten: Sebuah adalah yang membuat warna kuning, senyawa ini merupakan antioksidan juga yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
  • Naringenin: adalah antioksidan flavonoid yang ditemukan pada kulit tomat, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan melindungi terhadap berbagai penyakit.
  • Asam klorogenat: adalah senyawa antioksidan kuat yang dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi .

Lycopene Dalam tomat :

Lycopene adalah senyawa yang paling penting yang ditemukan dalam buah tomat. Merupakan karotenoid yang paling banyak ditemukan dalam tomat matang terutama pada kulitnya. Uniknya, senyawa antioksidan ini justru bertambah jumlahnya jika tomat dimasak. Meskipun begitu, kita tak harus mengonsumsi tomat yang dimasak dan masih dianjurkan untuk mengonsumsi juga buah tomat segar.

Berkat kandungan zat-zat dan nutrisi tersebut terutama licopene, yang membuat tomat sangat bermanfaat untuk Kesehatan jantung, Kesehatan Kulit, dan Pencegahan kanker.

2. Manfaat Buah tomat Untuk Kulit, Wajah, dan Kesehatan :

Manfaat Tomat untuk wajah dan kesehatan

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Jantung dan Mengatasi Hipertensi :

  • Penyakit kardiovaskular adalah kondisi yang mencakup penyakit jantung dan stroke, yang sudah dikenal sebagai penyebab paling umum dari seluruh kematian di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat darah yang rendah lycopene dan beta-karoten pada pria paruh baya terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke
  • Ada bukti dari uji klinis yang menunjukkan bahwa suplemen lycopene efektif menurunkan kolesterol jahat (LDL), yang telah diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung. Produk tomat juga terbukti bermanfaat untuk mencegah peradangan dan stres oksidatif.
  • Tomat juga menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan dapat menurunkan risiko pembekuan darah. Lapisan pembuluh darah yang kaku atau adanya plak  membuatnya menjadi tidak elastis lagi, serta bekuan darah bisa menyumbat aliran darah yang pada akhirnya menyebabkan penyakit jantung.
  • Tomat kaya akan kalium, yang bermanfaat menjaga denyut jantung tetap stabil dan membantu  mencegah penyakit jantung dan stroke. Kalium juga bermanfaat mengontrol natrium sehingga mencegah kondisi  hipertensi.
  • Biji tomat dikelilingi oleh lapisan seperti lendir, yang sudah dipatenkan oleh peneliti sebagai Fruitlow. Fruitlow dan lycopene membantu menghilangkan sumbatan dan mencegah pembekuan darah. Pembekuan darah adalah salah satu faktor risiko tinggi penyakit jantung .
  • Terciptanya radikal bebas dalam tubuh oleh beragam polusi dan metabolisme dapat mengaktifkan senyawa inflamasi. Senyawa inflamasi yang menjadi cikal bakal penyakit kronis seperti Alzheimer dan penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis penyebab utama sakit jantung koroner. Lycopene dan beta-karoten adalah antioksidan yang bermanfaat mengusir radikal bebas – yang akhirnya membantu mencegah peradangan.
  • Serat yang tinggi dalam tomat juga membantu menghambat penyerapan lemak diusus, sehingga mencegah kondisi kolesterol darah yanbg tinggi – kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular terutama jantung dan stroke.
Baca juga:  Jenis Teh Terbaik yang paling tinggi manfaatnya bagi Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Pencegahan Kanker

Kanker adalah kondisi dimana sel-sel tubuh tumbuh abnormal tak terkendali yang seringkali menyerang bagian  tubuh. Studi observasional telah menemukan kaitan antara tomat, produk tomat, dengan lebih sedikit kejadian kanker prostat, kanker paru, dan kanker usus. Hal ini diyakini kandungan lycopene yang tinggi pada tomat yang menjadi alasan utama yang memberikan efek perlindungan ini.

Penelitian pada wanita menunjukkan kandungan karotenoid, antioksidan yang ditemukan banyak terdapat dalam tomat melindungi terhadap perkembangan kanker pay*dara.

Baca juga : Khasiat Daun Kenikir Untuk Pengobatan Kanker

Manfaat Tomat untuk Kesehatkan Mata

Tomat sangat tinggi antioksidan dan betakaroten khususnya, sehingga mencegah penyakit mata seperti rabun jauh dan katarak serta penyakit degeneratif mata.

Manfaat Tomat untuk Kekebalan Tubuh

Berbagai kandungan tinggi senyawa antioksidan dan vitamin yang sudah dijelaskan diatas, membuat tomat juga bermanfaat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini sehingga  kita terhindar dari pilek dan influenza. Kekurangan karotenoid diketahui menyebabkan orang gampang terkena kedua penyakit umum ini.

Biji dan kulit tomat adalah sumber antioksidan lycopene dan beta-karoten, dua senyawa yang efektif meningkatkan agen kekebalan tubuh.

Baca juga : Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat  Untuk  Wajah & Kulit

Tomat bisa digunakan untuk meningkatkan kecantikan karena ada banyak manfaat yang bagus untuk kulit. Banyak diyakini bahwa mengkonsumsi tomat dan produk tomat akan memberikan kulit sehat dan indah:

  • Tomat tidak hanya bekerja dari dalam, tapi juga dari luar. Ketika dioleskan pada kulit akan membuat kulit bercahaya dan tampak sehat. Kandungan  vitamin C tinggi dalam tomat  mencerahkan kulit. Hal ini juga bisa mengecilkan pori-pori sehingga kluit wajah terlihat lebih halus.
  • Menurut penelitian, lycopene dalam tomat juga bisa bekerja sebagai tabir surya alami. yang mampu memberikan perlindungan kulit dari sinar UV. Mengonsumsi likopen dari tomat setiap hari akan mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya memberikan kulit lebih muda.  Hal ini kerusakan sel pada kulit akan dicegah serta mempertahankan kelembaban kulit, sehingga mencegah garis-garis halus dan kerutan – yang artinya menghilangkan tanda penuaan.
  • Tomat dianggap sebagai agen pemutih alami dan sangat membantu mencerahkan warna kulit. Campurkan 1 sdt oatmeal, 1 sdt yogurt dan 2 sdt bubur tomat.
    Oleskan pada wajah dan leher dan diamkan 20 menit. Oatmeal  akan mengelupaskan kulit, lalu yoghurt dan tomat membantu membersihkan noda.
  • Menurut Prevention Magazine, jika seseorang mengkonsumsi 5 sdm pasta tomat setiap hari selama tiga bulan berturut-turut maka kulitnya akan terlindungi dari dampak sengatan matahari. Jika ada kulit terbakar akibat matahari, bisa diolesi dengan tomat untuk menyembuhkannya.
  • Anda bisa mencampur madu dengan jus tomat untuk membuat adonan kental. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan 15 menit sebelum membilasnya; cara ini untuk mendapatkan kulit yang halus dan bercahaya.
  • Tomat bisa sangat membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Caranya haluskan seluruh buah tomat dengan blender, dan tambahkan 1sdt gula. Oleskan pada wajah dan pijat dengan gerakan melingkar dengan lembut. Anda juga bisa memotong tomat menjadi 2 bagian lalu  taburi gula di atasnya. Lalu gosokkakn ke kulit Anda untuk menghilangkan  sel-sel kulit mati dan dapatkan kulit Anda menjadi terlihat bersih dan segar.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *