10 Manfaat Rutin Olahraga Teratur Bagi Kesehatan, Kecantikan, dan Kehamilan

Olahraga didefinisikan sebagai melakukan gerakan apa saja yang bisa membuat otot bekerja dimana yang dibutuhkan tubuh untuk membakar kalori. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita pilih sesuai dengan kemapuan kita, yang paling umum dan bisa dilakukan sebagian besar orang adalah jogging, berenang, berjalan, dan senam.

Advertisement

Aktif secara fisik telah terbukti banyak memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan, dimana yang pada akhirnya akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan berat badan terkontrol sehingga akan membuat kita tampak cantik dan tampil lebih muda. Olahraga pada akhirnya juga sangat bermanfaat dilihat dari sisi mentat; karena berolahraga secara rutin terbukti memperbaiki mood, mencegah depresi dan stres dan pada akhirnya bisa membuat kita lebih bahagia.

Tak hanya itu, olahraga tertentu yang dilakukan secara rutin dan juga bagus untuk menjaga kesehatan kehamilan; bahkan justru banyak disarankan supaya menjaga kehamilan yang salah satunya yang penting adalah tetap bergerak. Baca terus untuk mengetahui informasi penting ini!

Manfaat Olahraga bagi kesehatan

Berikut Manfaat yang Akan Kita dapatkan Ketika Mulai Rajin BerOlahraga

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Fisik

Mempertahankan Tulang Dan otot

Olahraga atau aktifitas fisik sangat berperan penting dalam membangun dan mempertahankan otot dan tulang yang kuat. Aktivitas fisik seperti angkat beban bisa merangsang pembentukan otot, namun apabila dibarengi dengan asupan protein yang cukup .

Hal ini karena Olahraga membantu melepaskan jenis hormon yang berperan meningkatkan kemampuan otot untuk dapat menyerap asam amino. Sehingga dengan demikian membantu otot bisa tumbuh dan mengurangi gangguan yang dapat timbul.

Seiring bertambahnya umur, kita akan cenderung kehilangan massa otot dan fungsi otot yang dapat menyebabkan cedera dan kecacatan. Berolahraga secara teratur sangat penting untuk mengurangi kehilangan massa otot sehingga kita bisa mempertahankan kekuatan otot meskipun usia bertambah tua.

Olahraga yang baik bermanfaat membantu membangun kepadatan tulang saat usia muda, dan membantu mencegah osteoporosis diusia tua.

Olahraga berdampak tinggi seperti senam, berlari, sepak bola, basket telah terbukti meningkatkan kepadatan tulang lebih banyak daripada olahraga berdampak rendah seperti berenang dan bersepeda.[source:1,2,3,4]

Mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis

Kurang gerak atau aktivitas fisik yang teratur adalah penyebab utama penyakit kronis, seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, dan diabetes.

Olahraga yang dijalani secara teratur telah diketahui akan meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan meningkatkan komposisi tubuh. Disisi lain olahraga menurunkan tekanan darah dan tingkat lemak darah.

Kurang olahraga secara signifikan dapat menyebabkan peningkatan lemak perut, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2,  penyakit jantung dan kematian dini.

Dengan demikian para ahli kesehatan selalu menyarankan agar rutin melakukan aktivitas fisik untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi risiko terkena penyakit seperti diabetes dan jantung.[source: 1,2,3]

Mengurangi Penyakit Nyeri Kronis

Nyeri kronis biasanya menyerang usia yang lebih tua seperti sakit punggung dan gangguan  jaringan lunak bahu, tetapi olahraga bisa membantu untuk menguranginya.

Sebelumnya saran untuk mengobati sakit kronis adalah dengan cara diam tanpa melakukan aktifitas secara fisik. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga ternyata membantu meredakan penyakit nyeri kronis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga membantu orang yang memiliki nyeri kronis dengan mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa olahraga ternyata bisa membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan termasuk nyeri punggung kronis dan gangguan jaringan lunak kronis.

Aktivitas fisik juga bisa meningkatkan toleransi rasa sakit dan mengurangi persepsi rasa nyeri.

Meningkatkan Energi

Olahraga bisa menjadi peningkat energi yang nyata bagi orang sehat dan orang yang menderita berbagai kondisi medis.

Sebuah studi menemukan bahwa olahraga teratur selama enam minggu mengurangi perasaan kelelahan bagi 36 orang sehat yang telah melaporkan kelelahan yang persisten.

Olahraga juga bisa secara signifikan menambah tingkat energi untuk orang yang menderita sindrom kelelahan kronis.

Manfaat Untuk Kesehatan Mental

Meningkatkan Mood, mencegah depresi dan Kecemasan

Olahraga sudah dibuktikan menurut penelitian yaitu bisa meningkatkan suasana hati/mood serta mengurangi rasa depresi, kecemasan dan stres. Hal ini karena ketika kita berolahraga maka kita akan mendapatkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan.

Olahraga juga bisa meredakan depresi karena memiliki efek meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin.

Selain ke 2 hormon itu, olahraga  ternyata juga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin, yaitu jenis hormon yang telah diketahui membantu meningkatkan rasa positif(positive thinking) dan mengurangi persepsi rasa sakit.

Olahraga telah terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan .Hal ini juga dapat membantu orang yang menderita masalah kecemasan menjadi lebih sadar akan kondisi mental mereka sehingga bisa mencoba mengalahkannnya.

Yangh menarik adalah seberapa kuat dan inten latihan Anda tidak menjadi masalah, karena suasana hati Anda tetap dapat memperoleh manfaatnya.

Dampak olahraga terhadap suasana hati sangat kuat sehingga akan segera terlihat ketika anda berolahraga atau berhenti berolahraga. Maksudnya, ketika Anda mulai berolahraga maka akan cepat mendapatkan mood positif, namun sebaliknya jika berhenti berolahraga maka Anda akan segera mendapatkan mood negatif.

Meningkatkan Kesehatan dan Kemapuan Otak

Olahraga bermanfaat dapat meningkatkan fungsi otak serta melindungi memori dan meningkatkan kemampuan berpikir. Hal ini karena olahraga meningkatkan akan detak jantung Anda, sehingga akhirnya akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak Anda. Efek ini juga termasuk dapat merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.

Baca juga :Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Kekuatan Otak

Olahraga telah terbukti menambah ukuran hippocampus, yaitu bagian dari otak yang penting untuk memori dan belajar; sehingga meningkatkan fungsi mental pada orang dewasa tua.

Olahraga juga telah terbukti mengurangi perubahan di otak yang dialami oleh orang dewasa tua yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan skisofrenia.[source]
Pada intinya olahraga teratur bisa meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membantu kesehatan dan ingatan otak, terutama untuk orang dewasa tua dapat membantu melindungi fungsi mental.

Baca juga:  Efek bagi tubuh jika Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A

Olahgraga Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga teratur apasaja terutama latihan aerobik dan ketahanan dapat membantu memberikan kualitas tidur yang lebih baik serta merasa lebih berenergi pada siang hari.

Olahraga teratur bisa membantu rileks dan bisa tidur secara lebih baik. Dalam hal manfaat kualitas tidur, menurunnya energi yang terjadi selama olahraga nantinya akan merangsang proses pemulihan selama tidur. Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi selama olahraga dianggap meningkatkan kualitas tidur.

Banyak studi tentang efek olahraga terhadap tidur telah mendapatkan kesimpulan yang sama. Salah satu studi menemukan bahwa 150 menit latihan tingkat sedang hingga kuat per minggu bisa memberikan peningkatan kualitas tidur hingga 65%.

Penelitian lain menunjukkan bahwa latihan fisik selama 16 minggu meningkatkan kualitas tidur bagi 17 orang dengan insomnia sehingga bisa tidur lebih lama dan lebih dalam daripada kelompok pembanding. Hal itu juga membantu mereka merasa lebih bersemangat pada siang harinya.

Olahraga teratur juga diketahui bermanfaat bagi orang tua dimana yang cenderung memiliki gangguan tidur.

Baca juga : Akibat Kurang tidur dalam Jangka Panjang

Anda bisa memilih jenis latihan yang Anda sukai. Tapi hanya latihan aerobik atau latihan aerobik yang digabungkan dengan latihan ketahanan bisa membantu kualitas tidur.

Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan

Mengendalikan Berat Badan

Olahraga sangat penting untuk mendukung percepatan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori/hari. Hal ini juga membantu mempertahankan massa otot dan penurunan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa tidak aktif secara fisik atau diam merupakan faktor utama peningkatan berat badan dan obesitas.

Untuk memahami efek olahraga terhadap penurunan berat badan, adalah penting untuk mengerti tentang keterkaitan antara olahraga dan pengeluaran energi.

Tubuh Kita menggunakan energi dengan 3 jalan: mencerna makanan, bergerak dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan.

Sementara jika diet, yang terjadi adalah pengurangan asupan kalori yang akan menurunkan tingkat metabolisme tubuh Anda, sehingga kemudian menunda penurunan berat badan. Sebaliknya, olahraga yang teratur meningkatkan metabolisme tubuh Anda, yang kemudian akan membakar lebih banyak kalori dan akhirnya menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan olahraga ketahanan bisa memaksimalkan penurunan jumlah lemak dan pemeliharaan massa otot – unsur yang penting dalam menjaga berat badan.

Menyehatkan Kulit

Olahraga tingkat sedang dapat memberikan perlindungan antioksidan dan meningkatkan aliran darah, sehingga pada akhirnya melindungi kulit dan menghambat tanda-tanda penuaan.

Kulit kita bisa sangat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif yang terjadi dalam tubuh kita. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh kita tidak bisa sepenuhnya memperbaiki kerusakan olah radikal bebas di sel-sel tubuh. Hal ini akhirnya dapat merusak struktur jaringan internal dan  kulit Anda.

Baca juga : Top 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Meskipun aktivitas fisik yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan oksidatif, namun olahraga yang moderat atau sedang bisa meningkatkan produksi antioksidan dalam alami tubuh Anda sehingga membantu melindungi sel-sel dan jaringan khususnya kulit.

Dengan cara yang sama olahraga juga bisa menstimulasi aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang bisa membantu menunda munculnya penuaan kulit.

Olahraga Meningkatkan Hubungan Suami Istri Yang Harmonis

Olahraga bisa membantu meningkatkan libid*, fungsi dan kinerja bagi pria maupun wanita, juga bahkan dapat membantu mengurangi risiko disfungsi er*ksi pada pria.

Menurut penelitian, olahraga telah terbukti meningkatkan libid*. Seperti yang telah dijelaskan diatas, olahraga teratur bisa memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat otot, yang semua pada akhirnya meningkatkan kehidupan s*ks Anda.

Menurut penelitian, olahraga atau aktifitas secara fisik dapat meningkatkan kinerja dan kenikmatan s*ksual, hingga meningkatkan frekwensinya.

Beberapa wanita usia 40-an yang terlibat dalam sebuah penelitian lebih sering mengalami or-g*s-me ketika melakukan latihan yang lebih berat seperti sprint dan latihan beban.

Sementara sekelompok pria yang lebih banyak menggunakan waktunya untuk jam latihan per-minggu memiliki skor fungsi s*ksual yang lebih tinggi.

Sebuah studi menemukan bahwa rutinitas olahraga sederhana yaitu enam menit berjalan di sekitar rumah mengurangi gejala DE pada beberapa pria hingga 71%.

Manfaat Olahraga Untuk Kehamilan

Menurut Mayoclinic, kecuali Anda mengalami komplikasi, kehamilan justru bukan saatnya untuk duduk-duduk saja. Faktanya, kehamilan bisa menjadi waktu yang tepat untuk aktif . Olahraga bermanfaat untuk mengurangi konstipasi, kembung dan bengkak-bengkak yang umum terjadi pada wanita hamil, meningkatkan mood dan energi, membantu tidur lebih nyenyak, mencegah kegemukan, serta meningkatkan daya tahan dan otot.

Baca juga : Yang Tidak dan Boleh Dilakukan Oleh Ibu Selama Kehamilannya

Secara umum Olahraga selama usia kehamilan bagus bagi ibu dan bayinya saat dalam kandungan.

Namun jenis olahraga yang tepat selama hamil adalah yang tidak mengharuskan berbaring dan telentang, atau berbagai jenis olahraga berat atau yang berrisiko terhadap kandungan. Lalu olahraga apa saja yang disarankan?

Olahraga yang bagus dilakukan selama kehamilan adalah seperti aerobik yang tidak memberi tekanan pada sendi. Olahraga yang bagus lainnya adalah berenang, berjalan,  bersepeda, dan bersepeda stasioner. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga dalam sehari bagi wanita hamil adalah 30 menit, namun untuk pertama kali perlu dilakukan secara bertahap mulai dari 5 menit, 10 menit, 15 menit hingga 30 menit.

Minum cukup air untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dan jangan terlalu panas. Olahraga yang dilakukan secara intens akan meningkatkan aliran darah ke otot dan rahim, dan ketika olahraga anda harus masih bisa bercakap-cakap dengan normal, tetapi jika anda tak bisa berbicaradengan normal selama olahraga artinya anda sedang memaksakan diri.

Untuk ibu hamil, lebih lanjut sebaiknya bertanya kepada dokter kandungan yang memantu kehamilannya untuk mendapatkan saran olahraga kehamilan yang baik.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *