7 Manfaat Penting Minum Air Hangat Saat Hamil

Kondisi hamil bagi banyak wanita merupakan masa-masa yang penuh kehati-hatian, mulai dari kegiatan hingga diet harian. Memang penting untuk memperhatikan apa yang perlu dilakukan dan yang perlu dihindari selama kehamilan. Dengan demikian dalam artikel ini kami memberikan sebuah informasi penting terkait dengan usia kehamilan, yaitu agar selain janin dalam kandungan senantiasa sehat, ibunya juga bisa menjalani masa kehamilan dengan lancar dan baik.

Advertisement

Selain beragam makanan bergizi selama usia kehamilan, air juga merupakan unsur yang memegang peranan penting yang penting untuk diperhatikan. Mungkin Anda jarang mendengar saran mengenai air ini, padahal separuh lebih tubuh manusia terdiri dari cairan. Asupan air yang cukup akan menjaga tubuh tetap terhidrasi, membantu mengeluarkan limbah, dan juga mendukung energi tubuh Anda. Minum lebih banyak cairan juga akan membantu mengurangi kekurangan cairan dalam tubuh, dimana ini juga sangat membantu memastikan kesehatan dan pertumbuhan yang tepat bayi dalam kandungan

Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2002 dalam Journal of Perinatal Education memaparkan bahwa kebutuhan cairan tubuh meningkat selama kehamilan untuk mendukung janin, cairan ketuban, dan volume darah yang lebih banyak. Dengan demikian tak ragu lagi bahwa air merupakan “nutrisi” penting bagi ibu hamil dan janin. Baca juga : Yang Tidak dan Boleh Dilakukan Oleh Ibu Selama Kehamilannya

Minum air putih sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya selama kehamilan, terutama air putih hangat. Para ahli meyakini bahwa minum air hangat selama kehamilan baik untuk kesehatan Ibu serta janin dalam kandungan.

Manfaat Minum Air Hangat Saat Hamil

Berikut Ini Beberapa Manfaat Yang Akan Anda peroleh dari Minum Air Hangat Selama Anda Hamil!

Membantu Membersihkan Saluran Pencernaan

Mengawali hari dengan segelas air hangat bagi ibu hamil akan membantu menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Hal ini karena membantu tubuh dalam membersihkan semua racun yang sudah mengumpul selama semalaman saat istirahat. Penumpukan racun atau limbah tubuh yang berlebihan seringkali menimbulkan masalah pencernaan.

Air hangat juga bermanfaat untuk memecah dan mencairkan timbunan lemak dan minyak di dalam tubuh yang bisa menyebabkan masalah pencernaan. Sebaliknya, minum air dingin selama atau setelah makan malah bisa menyebabkan tumpukan lemak di usus.

Jadi intinya minum air hangat saat mengawali hari/pada pagi hari bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih bersih sehingga penyerapan nutrisi akan terjadi lebih baik dan tentu sangat penting bagi bayi di dalam kandungan.

Minum Air Hangat Mencegah Sembelit Saat Hamil

Sembelit adalah salah satu masalah ketidaknyamanan pencernaan yang sangat umum terjadi selama kehamilan. hal ini juga dapat dicegah dengan rutin meminum air hangat terutama pada pagi hari.

Sembelit adalah ketika usus Anda hanya melakukan sedikit atau bahkan tidak ada gerakan sama sekali, sehingga Anda perlu mengeluarkan banyak tekanan atau tenaga untuk melepaskan kotoran.

Konstipasi sangat sering disebabkan oleh kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Minum 1 – 2 gelas air hangat pada saat pagi hari saat perut kosong dapat membantu meningkatkan gerakan usus Anda. Hal ini karena Air hangat akan membantu memecah sisa makanan agar bisa lancar melewati usus sampai dikeluarkan.

Air hangat dipagi hari bagi akan merangsang pergerakan usus sehingga membantu mengatasi  keasaman usus dan sembelit yang umum dialami oleh ibu selama kehamilannya.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minum air hangat juga banyak dipercaya bisa meningkatkan aliran darah didalam tubuh Anda. Air hangat juga memiliki manfaat sebagai vasodilator dalam tubuh, yang artinya memperlebar pembuluh darah, yang pada akhirnya meningkatkan aliran atau sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang lancar dan lebih baik akan menjamin pengiriman oksigen dan sel darah yang mengandung nutrisi ke otot dan organ tubuh serta juga untuk janin yang sangat membutuhkan supaya terjamin pertumbuhannya.

Peningkatan sirkulasi darah yang lebih baik juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, dimana yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan diri dari serangan berbagai penyakit.

Meningkatkan Stamina dan Energi Ibu Hamil

Kelelahan adalah kondisi yang wajar terjadi selama usia kehamilan. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal serta perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan. Namun jika Anda disiplin menyempatkan diri untuk minum air hangat dalam setiap hari-hari Anda, maka Anda bisa meningkatkan stamina dan jumlah energi Anda.

Air hangat khususnya bermanfaat mengeluarkan racun atau limbah metabolisme yang mengendap di seluruh tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yang secara tak langsung  akan meningkatkan aktivitas otot dan saraf yang tepat. Asupan air hangat membantu mencegah dehidrasi dan kelelahan adrenal.

Segelas air hangat yang diminum setiap hari lebih-lebih jika ditambah sedikit perasan air jeruk lemon akan membantu meningkatkan stamina dan cadangan energi Anda sehingga Anda bisa menyingkirkan rasa kelelahan yang umum selama kehamilan.

Menjamin Kesehatan Saluran Pernafasan yang Lebih Baik Untuk Ibu Hamil

Mengalami sakit apapun selama kehamilan tentu sangat mengganggu termasuk flu/pilek/batuk, dan juga sangat tidak baik bagi janin dalam kandungan. Minum air hangat bisa menjaga saluran pernafasan tetap sehat sehingga akan mengurangi kemungkinan masalah infeksi pada saluran pernafasan yang menyebabkan pilek, flu atau batuk. Air hangat akan memastikan kesehatan tenggorokan yang lebih baik.

Kernapa bisa demikian? Hal ini karena kehangatan air menciptakan uap. Jadi ketika Anda memegang secangkir air panas maka hal itu akan membantu melonggarkan sinusyang  tersumbat dan bahkan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh  lendir dan membantu membersihkan hidung tersumbat.

Selama kehamilan sangat penting untuk menghindari segala jenis infeksi, agar Anda tidak mengonsumsi obat-obatan dimana yang akhirnya bisa menyebabkan masalah bagi janin yang masih lemah.

Baca juga : Manfaat Folat Selama Kehamilan

Tips Penting Minum Air Putih untuk Ibu Hamil

  1. Ibu hamil perlu meminum sekitar 8 gelas air setiap hari untuk memastikan tubuh terhidrasi secara tepat dan memastikan fungsi tubuh yang sehat.
  2. Minumlah air hangat secukupnya, dan jangan berlebihan. Anda cukup minum 2 –  3 cangkir setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Air minum tidak boleh terlalu panas, ambil ketika hangat atau suam-suam kuku.
  3. Hindari mengambil air langsung dari keran air karena mungkin air tersebut tidak bersih dari logam berat/timbal serta memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi yang justru dapat menyebabkan masalah pada janin dalam rahim. Ambil air minum yang sudah disaring dan sudah direbus untuk menghilangkan bibit penyakit.
  4. Kebutuhan air bisa lebih banyak sesuai dengan cuaca dan aktivitas Anda.
    Setelah olahraga ringan atau jalan-jalan misalnya, minum air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama aktifitas.
  5. Selain air putih, Anda juga bisa menambahkan buah dan sayuran yang berkadar air tinggi dalam diet kehamilan Anda.
  6. Jus buah yang anda buat sendiri, sayuran berkuah atau sup kaldu buatan sendiri, bisa juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  7. Saat bepergian Anda bisa membawa sebotol air putih yang sehat.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *