Manfaat Mengejutkan Kulit Pisang Untuk Kulit, Wajah dan Kesehatan

Sekilas memang terdengar aneh, kulit pisang yang biasanya hanya kita buang ternyata ada manfaatnya juga. Perlu diketahui bahwa bagian kulit buah ataupun sayur adalah sumber nutrisi terpenting yang membantu melindungi tubuh dari risiko penyakit karena mengandung vitamin dan mineral yang merupakan antioksidan juga jenis lain termasuk fenol. Kulit buah seperti kulit jeruk sering dijumpai banyak dikonsumsi manusia, tapi untuk kulit pisang tampaknya masih jarang. Antioksidan adalah zat yang berperan penting dalam menangkal serangan radikal bebas yang merupakan sumber dari banyak penyakit kronis termasuk kanker, dan itu hanya bisa diperoleh tubuh melalui makanan terutama jenis buah dan sayuran.

Advertisement

Penelitian menunjukkan bahwa kulit pisang memiliki potensi yang sangat besar sebagai sumber senyawa nutrisi. Hal ini merupakan sumber potensial dari berbagai senyawa nutrisi dan bioaktif yang penting secara fungsional. Mengandung antioksidan Fenol, flavonoid, Vitamin K, lalu fosfor dan Mangan.

Manfaat Kulit pisang untuk Wajah

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kulit, Wajah, dan Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Antioksidan dalam Kulit Pisang

Kulit pisang Juga mengandung Asam lemak, linoleat dan linolenik. Asam linoleat memiliki manfaat gizi karena dimetabolisme pada tingkat jaringan yang menghasilkan prostaglandin, yaitu senyawa yang mirip hormon. Peran asam α-linolenat telah dilaporkan berperan dalam pencegahan penyakit. Telah diketahui bahwa profil asam lemak adalah yang menentukan kualitas minyak dalam hal nilai nutrisi, dan hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kulit pisang kaya akan lemak tak jenuh ganda yang baik bagi kesehatan termasuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). [1]

Study lain juga melaporkan bahwa kandungan nutrisi kulit pisang adalah 55,59%, yaitu kalsium 0,36%, Fosfor 0,10% dan energi kotor 3727  kkal / kg. Kulit pisang juga mengandung vitamin C, E, dan B6. Vitamin C yang bisa bekerja sebagai antioksidan, sedangkan serotonin diperkirakan memainkan anti-depresan sehingga dapat meningkatkan asupan pakan dan berat badan pada kondisi stres panas.[2]

Berikut beberapa manfaat yang mungkin bisa kita dapat dari kulit pisang dan cara penggunaanya :

Memudahkan BAB

Kulit pisang juga banyak mengandung kalium seperti halnya daging buahnya. Kulit pisang lebih banyak mengandung serat daripada dagingnya. Serat pangan bermanfaat meningkatkan pencernaan dan BAB serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Meningkatkan Mood

Kulit pisang juga mengandung triptofan, yang bisa meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh yang mempengaruhi suasana hati. Peneliti di Taiwan menemukan bahwa ekstrak kulit pisang dapat mengurangi depresi karena efek pada serotonin yang merupakan neurotransmitter dalam otak yang bertanggung jawab untuk menyeimbangkan suasana hati dan emosi.

Yang lain menemukan bahwa makan dua kulit pisang sehari selama tiga hari meningkatkan kadar serotonin dalam darah hingga 16 persen.

Menangkal UV matahari

Kulit pisang juga mengandung lutein, jenis antioksidan kuat yang bisa melindungi mata kita dari serangan radikal bebas dan frekuensi berbahaya radiasi UV matahari. Dengan demikian bisa melindungi kulit dengan cara meningkatkan kemampuannya dalam melindungi kulit dan atau wajah kita dari serangan UV. Juga penerapan kulit pisang secara teratur pada kulit akan meningkatkan kekebalan kulit terhadap sinar UV berbahaya.

Menghilangkan kutil

Kutil bisa muncul dimana saja termasuk di wajah. Penggunaan kulit pisang pada wajah bisa efektif menghilangkan serta  mencegah kutil datang lagi. Cara untuk memperoleh manfaat ini cukup gosokkan kulit pisang pada daerah kulit yang berkutil atau tempelkan kulit pisang semalam di atasnya dengan jalan diikat. Ini adalah salah satu cara yang paling sederhana penggunaan kulit pisang untuk kulit.

Mengurangi kerutan tanda penuaan pada wajah

Sudah dijelaskan diatas bahwa kulit pisang mengandung zat antioksidan tinggi.  Dengan demikian kita juga bisa menggunakan kulit pisang untuk menghambat proses penuaan serta melawan gejala penuaan seperti keriput. Untuk ini gunakan bagian dalam kulit pisang untuk menggosok wajah Anda dengan lembut. Kulit pisang akan membantu mengencangkan kulit Anda kembali. Lakukan cara ini secara teratur maka kerutan pada wajah perlahan akan menghilang.

Menyembuhkan luka kecil pada wajah

Meskipun kecil, luka pada wajah bisa meninggalkan bekas permanen yang sangat diinginkan banyak wanita. Gosok dengan lembut bagian dalam kulit pisang pada luka ringan di wajah. Kulit pisang mengandung zat anti-inflamasi dan juga memiliki sifat  anti-bakteri yang baik sehingga bisa mengobati luka. Menggosokkan kulit pisang pada luka bisa mempercepat proses penyembuhan karena merangsang regenerasi sel. Luka kecil pada wajah akan segera sembuh tanpa meninggalkan bekas.

Baca juga:  Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Buah Durian

Mengobati bekas gigitan nyamuk

Menggosokkan kulit pisang pada gigitan nyamuk efektif untuk mengurangi rasa gatal dan warna kemerahan. Terutama bagi anak-anak, cara ini lebih disukai daripada menggunakan minyak kayu putih karena kulit pisang terasa dingin dan tidak berbau tajam.

Kulit Pisang Sebagai Masker wajah

Masker wajah adalah salah satu cara perawatan kulit sederhana yang paling banyak digunakan sejak jaman dulu. Kita bisa membuat masker untuk wajah dari berbagai jenis bahan alami bernutrisi tinggi seperti buah-buahan, sayuran, bijian, atau bahan alami. Banyak orang mungkin mungkin sudah terbiasa dengan Masker Wajah Beras atau dari buah seperti buah alpukat . Tetapi sebenarnya Anda juga bisa menggunakan kulit pisang sebagai masker wajah yang bermanfaat untuk wajah karena kaya akan zat antioksidan dan nutrisi.

Cara membuat masker kulit pisang, Anda bisa menggilingnya dengan blender terlebih dulu.  Anda juga dapat mencampurkan kulit pisang dengan bahan alami bermanfaat lainnya seperti madu atau putih telur.

Mengatasi Jerawat

Kulit pisang mengandung banyak senyawa yang salah satunya bersifat anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengobati jerawat secara alami. Menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat akan membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan akibat dari peradangan. Menggunakan masker wajah dari kulit pisang juga mampu mencegah kembalinya jerawat.

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan kunyit untuk membuat masker wajah alami anti jerawat. Seperti yang kita tahu, minyak kunyit juga bisa memberi kita.

Mencerahkan kulit

Penggunaan kulit pisang baik sebagai masker wajah atau secara langsung digosokkan ke wajah bisa membantu Anda dalam usaha mencerahkan warna kulit. Hal ini termasuk bisa menghilangkan flek hitam dan bekas luka jerawat. Dengan menggunakan bahan alami seperti kulit pisang untuk rejimen kecantikan Anda, maka anda akan terhindar dari risiko jika menggunakan bahan yang mengandung zat kimia seperti produk pemutih kulit.

Masker malam alami dari kulit pisang

Kulit pisang bisa anda manfaatkan untuk membuat krim malam alami dengan mengombinasikannya dengan kuning telur untuk membuat adonan masker. Oleskan adonan kulit pisang plus kuning telur tersebut di wajah setiap malam secara teratur. Biarkaqn krim sekitar 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air dingin. Cara ini akan membantu Anda untuk memiliki kulit wajah yang halus, kenyal, dan cerah. Anda bisa menggunakan adonan ini selama beberapa hari sekali membuat, namun harus di simpan di kulkas.

Menghilangkan bengkak pada mata

Kebanyakan orang menggunakan mentimun untuk mengatasi mata bengkak. Anda juga dapat menggunakan kulit pisang untuk mendapatkan manfaat yang sama, karena kulit pisang bisa meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata Anda serta bisa membuat wajah menjadi  lebih cerah dan segar.

Menghilangkan lingkar hitam mata

Lingkaran hitam bawah mata merupakan salah satu masalah umum namun sangat ditakutkan oleh kebanyakan orang. Kulit pisang juga dapat menjadi obat alam untuk mengatasi lingkaran gelap sekitar mata. Caranya cukup dengan menaruh potongan kulit pisang kecil di bawah mata dan menggunakannya untuk menggosok bagian dalam kulit pisang dengan lembut pada area  bagian bawah mata.

Memakan kulit pisang

Kulit pisang bisa saja dimakan dalam kondisi mentah meskipun rasanya tak enak. JIka berniat memakan klulit pisang, carilah buah pisang cavendis matang, yang sedikit lebih manis dan lebih mudah dikunyah. Beberapa orang lebih suka merebusnya lebih dulu kulit pisang selama kurleb 10 menit atau lebih sebelum dimakan, atau dibuat jus bersama dengan buah-buahan lainnya. Di beberapa negara, kulit pisang telah dimasak atau diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Keamanan

Penggunaan kulit pisang memang aman serta akan memberi banyak manfaat pisang pada wajah kita. Namun kita harus mempertimbangkan beberapa hal termasuk kebersihan kulit pisang.

Kita tak tahu apa yang dilakukan oleh petani dalam merawat pisang mereka. Bisa saja mereka menggunakan pestisida secara langsung pada pisang. Dan tentu itu akan tidak baik bagi kulit.

Untuk itu sebelum menggunakan kulit pisang, Anda harus memastikan pisang sudah di cuci bersih sebelumnya. Atau Anda hanya menggunakan bagian dalam kulit pisang saja, dengan asumsi mungkin kulit luar terkontaminasi pestisida.

Gunakan kulit pisang yang buahnya sudah benar-benar matang. Kulit pisang yang masih mentah mungkin masih mengandung lebih banyak getah yang bisa mengiritasi kulit Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *