7 Manfaat Luarbiasa Jeruk Nipis Untuk Wajah Anda

Jeruk nipis merupakan bahan yang umumnya tersedia didapur, karena memiliki banyak kegunaan terutama untuk memasak dan sesekali untuk membuat minuman jeruk. Sebenarnya ini adalah buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi sehingga jeruk nipis bisa dimasukkan sebagai salah satu buah bernutrisi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan keseluruhan.

Advertisement

Tak hanya baik untuk perawatan kulit maupun wajah, jeruk nipis juga memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Baca informasi lengkapnya di : Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Berikut Beberapa Manfaat Perawatan Wajah Alami dengan Jeruk Nipis:

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Jeruk nipis terutama tinggi di kandungan Vitamin C. Namun ia juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang cukup tinggi termasuk Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Folat, Magnesium, Kalium, Kolin, Fosfor, dan betain yang termasuk zat antioksidan, menurut data yang dikeluarkan  USDA.

Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki jeruk nipis tersebut, maka jeruk nipis bisa memberikan manfaat untuk kulit dan wajah Anda. Air jeruk nipis bisa memberikan manfaat untuk kulit Anda baik dengan cara diminum ataupun dioleskan ke kulit.

1. Mencegah Infeksi Penyebab Jerawat

Kerusakan kulit wajah umumnya disebabkan oleh jerawat, yang bisa terjadi ketika kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori Anda. Bakteri yang terjebak didalam pori-pori kulit wajah pada akhirnya menyebabkan peradangan sehingga menyebabkan jerawat kemerahan dan menimbulkan rasa nyeri. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Hal ini karena jeruk nipis memiliki sifat antimikroba. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information, U.S, para peneliti mengekpose berbagai bakteri dengan minyak jeruk nipis, hasilnya menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Hal ini yang paling rentan mati karena minyak jeruk nipis adalah jenis bakteri S.aureus dan E.coli.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal ResearchGate, air jeruk nipis mengandung beberapa senyawa fitokimia yaitu adaponin, alkaloid, tanin, fenolat, flavonoid, dan terpenoid yang bersifat antibakteri. Aktivitas antibakteri dari jus jeruk nipis ditandai dengan kerusakan pada dinding sel yang mengakibatkan perubahan dalam analisis morfologi sel bakteri.

  • Anda bisa mempersiapkan air jeruk nipis yang dicampur dengan madu untuk memulai perawatan wajah ini.
  • Madu bisa ditambahkan karena ia juga memiliki sifat antibakteri alami yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri, sementara sifat asam dari air jeruk nipis sekaligus bisa mengontrol kelebihan minyak.
  • Perawatan wajah dengan jeruk nipis ini harus dilakukan setiap minggu sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah Anda. Luka bekas jerawat juga bisa dikuranbgi dengan cara memijatkan beberapa air jeruk nipis segar.

2. Mengusir Tanda Penuaan

Seiring pertambahan usia dan frekwensi paparan sinar UV, zat melanin yang memberikan warna pada kulit bisa mengumpul dan menumpuk di kulit Anda yang pada akhirnya menimbulkan flek hitam pada wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya. Menurut penelitian yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S, kulit jeruk nipis bisa menghambat produksi melanin, sehingga mungkin bisa memberikan manfaat ini.

Gosokkan kulit Anda dengan kulit jeruk nipis, atau Anda juga bisa menggunakan masker wajah yang ditambakan dengan sedikit bubuk kulit jeruk kering. Cara ini bisa mengurangi tanda penuaan seperti kerutan kulit secara signifikan.

Baca juga : 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan kulit, Wajah, dan Rambut

3. Mengusir Flek Hitam pada Wajah

Air jeruk nipis bisa menjadi bahan pemutih wajah alami. Hal ini karena ia memiliki sifat yang mencerahkan kulit sehingga bisa digunakan untuk meringankan flek hitam wajah yang sering terjadi akibat paparan radiasi UV dari sinar matahari

  • Cara untuk mendapatkan manfaat ini cukup mudah, Anda hanya perlu untuk mengoleskan jeruk nipis ke bagian kulit Anda yang terdapat flek, dan didiamkan selama 30 menit.
  • Selama waktu proses usahakan Anda tetap berada didalam rumah atau menghindari paparan sinar matahari langsung.
  • Gunakan tabir surya sebelum keluar rumah karena kulit Anda akan menjadi lebih sensitif terhadap UV.

4. Menghilangkan Tan Kulit

Daerah tropis seperti Indonesia, paparan sinar matahari yang terik dapat terjadi setiap hari. Dan paparan UV dari sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit Anda berubah warna menjadi cokelat. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan tan ini secara efektif[source] .

  • Anda bisa membuat masker wajah dari dadih dan tepung besan yang ditambahkan dengan sedikit air jeruk nipis.
  • Buatlah campuran ini menjadi pasta, kemudian plesekan secara merata pada kulit atau wajah Anda; biarkan sampai mengering.
  • Stelah itu bersihkan wajah Anda dengan air dan keringkan. Cara ini bisa dilakukan setiap minggu untuk bisa memperoleh hasil yang diinginkan.

5. Mengencangkan Pori-pori Kulit Wajah

Jeruk nipis telah banyak digunakan untuk membuat berbagai produk kecantikan atau perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Hal ini karena menurut sebuah study, diketahui bahwa minyak jeruk nipis memiliki sifat astringen, sehingga dapat digunakan untuk mengecilkan kembali pori-pori wajah serta mengurangi produksi minyak sementara sehingga warna kulit menjadi lebih cerah.

Baca juga : Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Beras

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit jeruk nipis mengandung asam sitrat dapat mengelupaskan sel-sel kulit yang mati[source], sehingga kulit jeruk nipis banyak dimasukkan kedalam produk perawatan kecantikan termasuk untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Tanpa adanya kulit mati yang menutupi sel-sel kulit yang sehat di bawahnya, maka wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan cerah. Pengangkatan kulit mati dengan segera juga bisa mencegah sel kulit mati yang terkelupas menyumbat pori-pori yang dapat memicu jerawat.

Baca juga : Top 10 Makanan yang Bermanfaat Anti Penuaan Dini

7. Membuat Kulit Wajah Anda Lebih Cerah

Untuk mendapatkan manfaat untuk kulit yang cerah menawan, Anda juga bisa dengan meminum segelas air hangat yang ditambahkan sedikit madu dan air jeruk nipis segar pada pagi hari secara teratur.

Proses pengolahan nutrisi dalam tubuh menghasilkan senyawa yang dikenal dengan radikal bebas. Hal ini yang pada akhirnya memicu reaksi berantai di dalam tubuh yang menyebabkan molekul lain menjadi teroksidasi. Semua proses ini pada akhirnya menyebabkan degradasi sel, faktor yang berperan untuk penuaan kulit dan kerusakan jaringan tubuh termasuk kulit wajah.

Nutrisi tertentu termasuk vitamin A dan C bermanfaat sebagai antioksidan, yaitu zat yang dapat menyerap oksidasi dan memungkinkannya untuk dibuang sebagai limbah tubuh melalui urin. Jeruk nipis mengandung banyak kedua jenis dari vitamin ini. Menambahkan asupan jeruk nipis ke dalam diet bisa mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh sehingga dampak kerusakan jaringan dan tanda-tanda penuaandapat dikurangi –¬† yang pada akhirnya akan membuat kulit Anda menjadi cerah alami.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *