Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan Alami

Ada banyak jenis tanaman jarak, namun yang paling dikenal adalah Jarak pagar (Jatropha curcas L), dan Tanaman Yodium atau betadine atau jarak cina (Jatropha multifida L). Tanaman jarak pagar lebih dikenal daunnya yang bisa dipakai untuk mengobati kembung pada bayi atau yang disebut daun buto(jawa). Sementara itu Jarak cina atau yodium ini masih satu kerabat dengan jarak pagar, seringkali digunakan sebagai tanaman hias sekaligus bisa dimanfaatkan getahnya untuk mengobati luka gores.

Advertisement

Jarak pagar ( Jatropha curcas L)

manfaat daun jarak pagar

Image : flickr

Jarak Pagar Sejak Dulu telah dikenal sebagai Obat alami untuk berbagai jenis luka dan memar, dan diketahui bijinya bisa diambil minyaknya untuk digunakan sebagai bahan bakar jenis biodiesel untuk mesin diesel. Aslinya tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, dibawa Jepang Ke indonesia dengan tujuan untuk diolah menjadi bahan bakar tank atau pesawat. Nama lain : jarak pager, jarak kosta, jarak pageh, kura nema, dll.

Jarak merupakan tanaman perdu atau tanaman kecil yang tingginya rata-rata hanya 2-2,5 meter, banyak tumbuh didaerah tropis. Pohon jarak bisa ditanam dengan stek maupun biji, dan sangat tahan yang mampu tumbuh dilahan kering.

Baca juga : Manfaat Khasiat Daun Afrika Selatan untuk Pengobatan Herbal

Memiliki kulit batang yang licin mengkilat dan ada tonjolan bekas daun yang sudah gugur, jika di gores akan mengeluarkan getah berwarna keruh dan kental. Daunnya memiliki panjang antara 5-15cm dan lebar 6-16 cm, berbentuk seperti jantung. Tanaman jarak pagar berbunga dan berbuah. Jika masih muda buah berwarna hijau, sedangkan jika sudah tua berwarna kuning. Biji buah jarak berwarna hitam, terdapat 3 ruang berisi biji pada 1 buah jarak pagar.

Manfaat daun Jarak Pagar dan Kandungannya :

Kandungan atau komponen fitokimia jarak pagar :

  • n-l-triakontanol
  • alpha amirin
  • kampesterol
  • stigmas-5-ene-3 beta
  • 7 alpha diol
  • stigmasterol
  • betasitosterol
  • iso-viteksin
  • 7-keto beta silosterol
  • HCN

Karakteristik

Pahit, antipruritik, antiswealing, dan beracun. Sehingga bagaimanapun baik biji maupun daun jarak tidak bisa dikonsumsi sebagai makanan atau obat untuk diminum. Namun daun jarak pagar dapat digunakan untuk mengobati beberap luka luar dan memar.

Manfaat Daun Jarak Pagar untuk pengobatan luka :

Luka baru

Luka berdarah atau luka baru bisa diobati secara tradisional dengan daun jarak pagar. Caranya ambil daun jarak secukupnya, kemudian di lematkan dan ditempelkan pada luka.

Baca juga : Khasiat Manfaat daun Sambiloto Untuk Obat Herbal dan Kandungannya

Luka Memar

Ambil 2-3 lembar daun jarak pagar, dilumatkan lalu di tempelkan pada luka memar. cara lain, daun jarak bisa direbus kemudian airnya dipakai untuk mencuci luka memar.

Menghilangkan kembung pada anak kecil

Ambil 2 lembar daun jarak pagar yang muda, tempelkan pada perut bayi setelah dicuci bersih, kemudian di lapisi dengan kain yang umumnya dipakai untuk membungkus tubuh bayi. Jika daun sudah layu bisa diambil.

Manfaat Lain

Manfaat lain terutama untuk kebutuhan industri, memproduksi minyak jarak sebagai biodesel. Bahkan minyak jarak mungkin bisa dijadikan bahan bakar alternatif untuk kendaraan di masa datang.  Sisa ekstraksi pengambilan minyak bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, sabun, atau kosmetik.

Keamanan :

Daun jarak atau biji jarak tidak cocok untuk pangan dan obat yang di telan karena bisa menyebabkan keracunan.

Jarak Cina (Jatropha multifida L)

manfaat jarak cina

image : flickr

Memiliki buah yang mirip dengan jarak pagar, lebih familier disebut yodium; adalah tanaman semak asli Amerika Selatan. tanaman ini banyak ditemukan dan tumbuh subur di wilayah Asia tenggara termasuk Indonesia. Di Indonesia maupun malaysia, tanaman ini diyakini memiliki manfaat khasiat obat untuk mengobati luka baru. Biasanya Tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias di depan rumah, yang bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 3 meter. Karakteristik pohon mirip dengan pohon Jarak secara umum. trapi bentuk daunnya berbeda menjari dan bercabang kecil-kecil.

Kandungan Jarak Cina

Jarak cina mengandung senyawa flavonoid dan tanin, yang menurut penelitian memiliki aktivitas antimikroba dan hemostatik.

Kandungan atau fitokimia dari jarak china lainnya yaitu :

  • multidione
  • multifidone
  • multifolone
  • (4E)-jatrogossidentadione
  • (4E)-jatrogossidentadione acetate
  • labaditin
  • biobellein
  • multifidol
  • multifidin A
  • multifidol glucoside.

Jarak Cina juga mengandung toksin dari kelompok toxalbumin yang bernama jatropine,  yang dapat menyebabkan aglutinasi dan hemolisis pada sel darah merah.

Manfaat Jarak Cina untuk Pengobatan Luka

Jarak Cina mulai banyak di budidayakan di berbagai negara, umumnya untuk diolah menjadi senyawa antibakteri yang diaplikasikan sebagai obat anti-inflamasi dan analgesik.

Secara tradisional getah dari jarak cina atau iyodium sampai saat ini masih banyak digunakan sebagai obat luka baru. Caranya cikup di potong batang daun dari tanaman jarak cina, kemudian getahnya di teteskan langsung pada luka. Hal ini karena memiliki aktifitas antibakteri sehingga dapat mencegah infeksi, serta anti peradangan yang mencegah pembengkakan pada luka baru.

Kemanan

Jarak cina tidak juga tidak cocok untuk pangan atau obat yang ditelan karena juga mengandung jenis toksin.

Referensi : 1, 2, 3

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *