Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan“Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute telah membuktikan bahwa daun sirsak secara efektif dapat menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, mereka juga digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit lainnya.”

Advertisement

Pohon sirsak memiliki nama latin Annona muricata, pohon cemara berbunga asli ke Meksiko, Kuba, Amerika Tengah dan bagian dari India. Kata Muricata dari nama Annona muricata, mungkin yang menjadikan sebagaian orang terutama di daerah Jawa Timur menyebut tanaman ini juga dengan sebutan Moris atau Muris. Pohon ajaib ini telah banyak dikenal sebagai “pembunuh kanker” alami yang memiliki kekuatan hingga 10.000 kali lebih kuat daripada efek kemoterapi. Dan berdasarkan klaim yang sungguh luarbiasa ini, selanjutnya daun tanaman sirsak ini dikemas dalam bentuk ekstrak yang digunakan untuk berbagai terapi pengobatan tradisional.

Pohon sirsak memiliki daun berwarna hijau yang setiap bagian dari tanaman bermanfaat dan diyakini memiliki sifat obat. Buah sirsak memilik aroma cukup tajam dan memiliki rasa seperti asam manis yang cukup enak mirip rasa kombinasi dari buah nanas dan buah stroberi.

Kandungan Daun Sirsak

Kepopuleran daun sirsak tak lain adalah banyaknya klaim yang mengatakan memiliki sifat yang secara alami dapat mematikan sel kanker. Namun terlepas dari sifat anti-kankernya tersebut, dun sirsak juga dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya termasuk pencegahan osteoporosis, pengobatan gout athritis/asam urat, wasir, dan batu empedu.

Baca juga : Makanan Sumber Asam Urat  Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Nutrisi Buah dan Daun Sirsak

Daun dan buah sirsak mengandung senyawa nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, dan vitamin B. Golongan nutrisi lain yang terkandung adalah jenis metabolit sekunder, yaitu tanin dan
fitosterol.

Zat Aktif Daun Sirsak

Buah sirsak dan daun sirsak juga sama-sama memiliki khasiat penyembuhan. Namun daun sirsak merupakan bagian dari tanaman yang paling tinggi mengandung senyawa aktif berkhasiat yaitu acetogenins, annocatin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, annomurine, ananol,caclourine, gentisic acid, gigantetronin,linoleic acid, serta muricapentocin. Selain dari itu, jenis senyawa aktif lain yang terutrama ampuh untuk nyeri sendi asam urat/gout adalah tannin, resin, dan crytallizable magostine.(1)

Daun sirsak adalah bagian tanaman yang paling bermanfaat dari pohon sirsak, karena ia paling mengandung senyawa aktif termasuk Acetoginin yaitu bulatacin, asimisin dan squamosin. Acetoginin bertindak sebagai anti feedent sehingga juga sering digunakan untuk membasmi serangga.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan :

Daun sirsak kaya akan beberapa kandungan termasuk protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A ,  serta vitamin B dan sejenisnya. Dengan demikian daun sirsak memiliki sifat obat yang sangat baik sehingga kini sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk produk kesehatan herbal. Berikut inilah 10 manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan pengobatan :

1. Pengobatan Penyakit Kanker

Benarkah secara ilmiah Daun sirsak dapat menghambat petumbuhan sel kanker bahkan bisa menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi?. Juga apaka ada bukti bahwa daun sirsak mengandung bahan aktif yang memiliki sifat mematikan sel kanker hingga10000 kali lebih kuat daripada efek dari obat kemoterapi?

Menurut penelitian (2) ekstrak daun sirsak memiliki kapasitas antioksidan yang efektif dalam memulung peroksi dan radikal oksigen. Dengan sifat antioksidan kuat yang dimilikinya, daun sirsak bisa melenyapkan sel kanker.

Menurut Sebuah study yang di catat Unila(3) bahwa ekstrak etanol dari daun sirsak menunjukkan aktivitas anti-kanker terhadap sel kanker pay*dara T47D secara in vitro.

Menurut jurnal yang diterbitkan UB(4), bahwa senyawa asetogenin yang terkandung dalam daun sirsak (Annona muricata) bersifat sitotoksik terhadap sel kanker. Daan dari kesimpualan dari hasil penelitian yang di lakukan, ekstrak etanol daun sirsak berpotensi memiliki efek kemoterapi pada kanker pay*dara tikus putih yang diinduksi DMBA.

Ekstrak daun sirsak juga telah menunjukkan kemampuannya dalam membantu mematikan banyak jenis sel kanker khususnya sel kanker pankreas. Penelitian yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S (5) menunjukkan hasil dari beberapa jalur :

  • Ekstrak sirsak menginduksi nekrosis sel kanker pankreas,
  • Motilitas sel kanker pankreas menurun setelah diberi pengobatan dengan ekstrak sirsak
  • Ekstrak sirsak menghambat pertumbuhan tumor dan metastasis sel kanker pankreas,
  • Ekstrak sirsak menginduksi sitotoksisitas sel kanker pankreas,
  • Metabolisme sel kanker pankreas dihambat oleh ekstrak sirsak

Hal ini artinya secara keseluruhan bahwa tumor kanker pankreas bisa berkembang dari interaksi yang kompleks dari berbagai jalur sinyal, dan ekstrak sirsak  telah menunjukkan karakteristik anti-tumorigenic(anti tumor) yang menjanjikan dengan menargetkan dari beberapa jalur ini sekaligus.

Daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk kanker prostat,  kanker paru-paru, kanker pankreas dan kanker payud*ra. Untuk tujuan pengobatan,  rebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan 3 gelas air sampai tersisa satu cangkir, saring,  dinginkan dan minum setiap pagi selama 3-4 minggu untuk memperoleh perbaikan kondisi. Daun Sirsak daun adalah salah satu cara alami untuk pengobatan kanker yang paling ampuh.

2. Pengobatan Nyeri Sendi Asam Urat(Gout Athritis)

Asam urat adalah zat yang terbentuk oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh dan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Biasanya asam urat ini akan disaring oleh ginjal dan dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Namun akibat gangguan metabolik tertentu, tubuh bisa mengalami kelebihan asam urat atau asam urat tinggi(hiperuresemia).

Jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka sisa asam urat yang gagal dikeluarkan dari tubuh akan menumpuk dalam bentuk kristal asam urat di jaringan lunak persendian yang menyebabkan rasa yang sangat menyakitkan. Hal ini disebut sebagai nyeri sendi akibat asam urat atau bahasa kerennya Gout Athritis.

Secara medis biasanya nyeri sendi asam urat ini akan diobati dengan obat anti inflamasi non-steroid(OAINS) yang bertujuan untuk menghilangkan peradangan dan rasa nyeri. Nah ternyata daun sirsak bisa juga dipakai untuk mengobati rasa nyeri akibat penyakit gout ini. Hal ini tak lain karena peran penting dari senyawa aktif dalam daun sirsak yaitu tannin, resin, dan crytallizable magostine.(6)

Anda bisa mengkonsumsi daun sirsak untuk mengobati asam urat dalam bentuk ekstrak yang kini sudah bertebaran diapotik-apotik atau toko obat. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri dari daun sirsak segar dari pekarangan Anda sendiri. Untuk mengobati ini, ambil 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau, lalu cuci bersih. Rebus dengan  2 gelas air sampai tinggal satu cangkir. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk memperoleh manfaat maksimal.

Baca juga:  Jenis Teh Terbaik yang paling tinggi manfaatnya bagi Kesehatan

3. Pengobatan Rematik

Sama dengan asam urat. Penyakit rematik umum diderita oleh para orang tua, yang gejala khasnya adalah menimbulkan rasa yang sangat sakit . Daun sirsak adalah cara pengobatan alami untuk mengatasi salah satu jenis sakit radang sendi ini. Untuk tujuan ini, hancurkan daun sirsak sampai menjadi halus lalu oleskan pada bagian tubuh yang nyeri akibat arthritis  atau rematik secara teratur dua kali dalam sehari.

4. Pengobatan sakit punggung

Akhir-akhir ini sakit Nyeri punggung banyak dikeluhkan orang terutama saat atau selesai berolahraga. Menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi sakit punggung dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak adalah salah satu obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif. Anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air sampai tersisa  3 gelas. Minum 3/4 cangkir sekali dalam sehari. Khasiat ini tak terlepas dari kandungan senyawa aktif yang bersifat meredakan nyeri.

5. Pengobatan Diabetes

Batas kadar gula darah yang normal berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini dapat menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi alami untuk pengobatan diabetes. Dengan demikian daun ini juga bisa bermanfaat bagi penderita diabetes dalam mengatasi kondisinya..

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah Infeksi

Kandungan senyawa dalam daun sirsak diyakini bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Rebus 4/5 daun sirsak kedalam 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum secara teratur sekali sehari untuk memperoleh hasil yang bermanfaat.

7. Pengobatan Bisul

Bisul adalah gangguan kulit yang ditandai dengan rasa yang sangat nyeri dan dapat meningkatkan risiko terkena infeksi. Bisul dapat terjadi pada tubuh atau pada bagian wajah, sehingga tentu akan mengganggu kesehatan kulit dan kecantikan. Daun sirsak adalah obat alami untuk menyembuhkan bisul. Anda dapat memilih beberapa daun sirsak muda dan menempatkannya pada bagian tubuh yang terkena bisul.

Baca juga : Khasiat Daun Afrika

8. Pengobatan Eksim

Daun sirsak dapat mengobati eksim secara alami. Caranya, Anda dapat menghancurkan sedikit daun sirsak dan menerapkannya pada daerah yang terkena eksim dua kali dalam sehari secara teratur. Ini akan membantu mengurangi rasa sakitya.

Bubur daun sirsak yang dibuat dengan air mawar jika diterapkan pada kulit  bisa sangat berguna mencegah terjadinya komedo dan juga masalah kulit lainnya .

9. Menyehatkan rambut

Gaya hidup tidak sehat ditambah dengan paparan bahan kimia dan polutan lingkungan bertanggung jawab untuk beberapa masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, kusam, beruban lebih awal, dll Bahan-bahan alami dan produk herbal dapat sangat efektif untuk memerangi masalah ini. Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit, selain beberapa sifat obat lainnya. Dengan demikian, menerapkan rebusan daun sirsak pada rambut Anda dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan rambut bahkan menyingkirkan kutu kepala.

10. Manfaat lain

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak ternyata juga sangat efektif untuk  menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhan dari daun sirsak juga membuatnya bisa digunakan sebagai obat anti kejang. Hal ini juga dapat mengurangi demam, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengobati peradangan, dan kaki bengkak. Selain itu juga dapat membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Mengonsumsi daun sirsak secara teratur juga bisa membantu meningkatkan stamina dan mempercepat masa memulihan dari sakit.

Efek Samping Daun Sirsak

Meskipun telah banyak klaim positif(bermanfaat), namun daun sirsak juga menunjukkan potensi efek samping buruk bagi kesehatan diantaranya :

  • Menyebabkan kontraksi rahim. Jadi wanita hamil harus menghindari konsumsi ekstrak daun sirsak juga buah sirsak. Baca : Apa Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil muda?
  • Hati-hati mengonsumsi produk sirsak termasuk kapsul, rebusan daun sirsak dan buah sirsak. Hal ini terutama jika anda memiliki penyakit tertentu  yang mengharuskan untuk minum obat medis dalam dosis tinggi.
  • Produk sirsak memiliki efek mempengaruhi sistem kardiovaskuler. Jadi bagi orang yang memiliki masalah jantung lebih baik menghindari sirsak.
  • Daun dan batang tanaman sirsak memiliki efek yang menyebabkan gangguan neurotoksisitas. Neurotoksisitas adalah agen tertentu yang dapan merugikan bagi sistem saraf.

Kesimpulan: Sebaiknya anda tidak mengonsumsinya sembarangan meskipun efek-efek tersebut bisa terjadi ketika mengonsumsinya secara berlebihan. Hal terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum benar-benar mengambilnya sebagai tindakan pengobatan/terapi pengobatan alami.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *