22 Manfaat Mengesankan Buah SRIKAYA Bagi Kesehatan

Srikaya juga disebut Buah Nona memiliki nama latin Annona squamosa, yang tumbuh didareah tropis. Buah “sederhana” ini sebebannya sudah banyak dikenal di masyarakat barat sebagai custard apple, merupakan buah yang rasanya manis dan kaya nutrisi dan sudah sangat populer dilseluruh dunia. Selai srikaya adalah produk olahan dari buah ini yang sudah tak asing lagi di banyak supermarket di berbagai negara.

Advertisement

Srikaya sepintas sangat mirip dengan sirsak, baik buah maupun pohonnya. Namun berbeda dengan sirsak, buah srikaya memiliki buah yang berkulit seperti sisik ular yang menonjol, sementara rasa buah srikaya cenderung lebih manis daripada sirsak yang cenderung asam – sementara pohon sirsak memiliki daun  yang lebih lebat dan lebih mengkilap daripada daun pohon srikaya.

Selain rasanya yang enak seperti buah-buahan pada umumnya, buah srikaya juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat mengesankan. Srikaya juga dikenal sebagai Chermoya, yang asal-usulnya dari daerah tropis Amerika Selatan dan Hindia Barat, namun saat ini sudah tersebar dan banyak dibudidayakan di wilayah subtropis lain di dunia. JIka Anda menyukai makan srikaya, maka beruntunglah karena buah ini adalah sumber berbagai macam nutrisi dan banyak direkomendasikan sebagai makanan yang sehat.

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Dan Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Buah Srikaya

Kandungan Gizi Buah Srikaya

Salah satu keuntungan makan buah srikaya adalah rendahnya kadar kolesterol, rendah lemak jenuh dan rendah sodium. Disisi lain srikaya adalah sumber serat makanan yang tinggi,  dimana yang tidak hanya bermanfaat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan tetapi juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit.

Nutrisi yang paling tinggi dari srikaya adalah Zat Besi, jenis mineral penting yang harus diperoleh dari sumber makanan yang berperan utama dalam pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, jenis mineral penting yang dimiliki srikaya termasuk kalsium, kalium, besi, magnesium, tembaga, dan fosfor.

Srikaya juga sangat tinggi kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat, serta mengandung sejumlah vitamin lain seperti vitamin A, vitamin B6 dan niasin. Hal ini juga mengandung beberapa polifenol, yaitu jenis antioksidan kuat yang bermanfaat menetralisir radikal bebas sehingga secara umum mencegah berbagai penyakit.

Srikaya juga merupakan makanan yang tinggi gula, sehingga mampu memberikan energi instan bagi tubuh Anda.

Berbagai macam nutrisi yang terdapat dalam buah srikaya tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan, tetapi juga membantu melindungi tubuh dari banyak penyakit. Buah srikaya adalah makanan sehat ang menawarkan sejuta manfaat bagi tubuh kita termasuk kulit, rambut serta bagus untuk ibu yang sedang hamil. Berikut aneka manfaat buah srikaya untuk Kesehatan, Kehamilan, dan Kecantikan:

Mencegah dan Membantu Melawan Kanker

Tak hanya buah sirsak saja yang memiliki sifat antikanker, penelitian juga telah menemukan bahwa buah srikaya mengandung zat yang disebut acetogenins, yang merupakan asam lemak rantai panjang yang memiliki sifat anti kanker. Senyawa-senyawa ini berguna dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menngikis adenosine triphosphate yaitu sumber makanan utama untuk sel kanker. Hal ini juga bersifat menghancurkan sel-sel kanker dengan cara menginduksi aptosis atau mematikan sel kanker. Sementara zat antioksidan yang terdapat dalam srikaya juga bersifat mencegah kerusakan sel dengan cara menghancurkan radikal bebas – yang merupakan salah satu penyebab kanker.

Mencegah dan Mengobati Radang Sendi Arthritis atau Rematik

Srikaya memiliki kadar magnesium yang tinggi, merupakan jenis mineral yang membantu mengatur dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Hal ini akan mempromosikan hilangnya asam dari sendi, yang pada akhirnya menghilangkan gejala nyeri pada sakit radang sendi atau rematik. Magnesium juga sudah diketahui membantu memulihkan jaringan tulang dan juga mencegah keausan sendi.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Srikaya adalah termasuk salah satu sumber serat pangan yang sangat baik, nutrisi yang membantu mengencerkan tinja plus membantu merangsang gerak peristaltik, sehingga mengatasi masalah terkait pencernaan usus seperti sembelit. Serat juga membantu mencegah kondisi pencernaan yang lebih berat seperti sindrom iritasi usus dengan cara membuat pergerakan usus yang teratur. Bubuk srikaya juga dikenal baik untuk mengobati diare.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dan Magnesium adalah nutrisi yang terdapat dalam srikaya, yang bisa membantu memperkuat dan membuat santai otot-otot jantung Anda yang akhirnya menurunkan risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dan hipertensi adalah dua faktor utama penyebab masalah jantung. Buah ini juga telah diteliti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, faktor yang menyebabkan sumbatan/plak pada dinding arteri penyebab jantung koroner. Kandungan kalium  tinggi dalam srikaya bermanfaat menyeimbangkan efek natrium sehingga  membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Baca juga:  Fakta Kandungan nutrisi dan manfaat paprika bagi Kesehatan

Mencegah Anti-diabetes

Studi menjelaskan bahwa srikaya memiliki sifat anti-diabetes. hal ini karena kemampuannya yang bisa merangsang produksi insulin dan juga membantu peningkatan penyerapan glukosa oleh otot sehingga akhirnya mampu menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah dan mencegah diabetes.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Karena merupakan sumkber yang kaya vitamin A, maka srikaya bisa membantu meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan Anda. Sementara itu zat Antioksidan vitamin C menurunkan risiko mengembangkan gangguan mata seperti katarak dan juga memperlambat perkembangan kondisi seperti penburunan ketajaman matal dan degenerasi makula terkait usia.

Menjaga Kesehatan Tulang

Mineral kalsium, magnesium dan fosfor dalam srikaya bermanfaat mempromosikan tulang yang kuat dan sehat.

Membuat Tubuh Berenergi

Srikaya adalah sumber energi yang akan membantu mengatasi masalah kelelahan. Kalium adalah elektrolit yang terdapat dalam buah ini, dapat membantu mencegah kelemahan otot.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C bermanfaat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mencegah infeksi, juga ditemukan dalam buah srikaya. Vitamin C telah dianggap sebagai vitamin yang paling penting  untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Meningkatkan Mood

Srikaya juga merupakan sumber vitamin B6 yang baik, yaitu jenis vitamin yang telah diketahui meningkatkan mood dan membantu melawan depresi.

Mengendalikan Berat Badan

Meskipun manis, ternyata srikaya memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat pangan, adalah makanan mengenyangkan yang ideal untuk dimasukkan kedalam diet penurunan berat badan. Karena kaya akan serat, makanan ini akan membantu mengurangi rasa lapar kembali atau merasa kenyang lebih lama; dengan demikian bisa membantu  mencegah makan berlebih yang merupakan salah satu faktor kegemukan.

Manfaat Srikaya untuk Kulit dan Rambut

Vitamin A yang banyak ditemukan dalam buah srikaya juga berguna untuk memlihara kulit sehingga tetap sehat, kulit yang halus, dan rambut yang indah. Vitamin C adalah zat antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel. Hal inilah yang pada akhirnya membantu mencegah penuaan dini dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, bercak hitam pada wajah, dan keriput.

Anda juga bisa membuat Masker wajah alami yang dibuat dari campuran srikaya, madu, dan air lemon. Hal ini efektif untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit yang kering.

Manfaat Srikaya Untuk Kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa srikaya adalah buah yang sarat akan berbagai jenis nutrisi dengan kadar tinggi, sehingga secara umum sangat dibutuhkan oleh wanita hamil yang sedang berbadan dua. Buah srikaya yang lezat ini adalah sumber semua nutrisi penting  serat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak esensial.

Penelitian juga menemukan bahwa srikaya membantu dalam pembentukan saraf otak janin dan pertumbuhan bayi. Juga bisa membantu mengurangi morning sicknes, perubahan suasana hati dan mengidam makanan, yang umum dialami oleh ibu yang sedang hamil muda. Wanita hamil juga membutuhkan asupan mineral seperti tembaga untuk mencegah kelahiran bayi prematur; srikaya adalah makanan sumber tinggi tembaga sehingga bisa mencukupi untuk kebutuhan tubuh dan kehamilan Anda.

Baca juga : 10 Manfaat Rutin Olahraga Teratur Bagi Kesehatan, Kecantikan, dan Kehamilan

Mengatasi Anemia

Buah srikaya terutama dikenal kaya akan zat besi dan tembaga, yaitu dua mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Karena itu srikaya bisa mengatasi anemia, suatu kondisi kurangnya sel darah merah dalam merah yang menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen dan makanan ke seluruh sel termasuk otak sehingga membuat orang menjadi lesu dan kurang bersemangat.

Sifat Obat yang Dimiliki Pohon Srikaya

Daun pohon srikaya dianggap memiliki sifat anti kanker seperti daun sirsak dan juga anti diabetes. Daun srikaya juga dianggap ampuh untuk mengobati penyakit kulit seperti bisul. Kulit batang srikaya juga telah digunakan dalam pembuatan obat-obatan herbal karena mengandung tanin serta senyawa yang memiliki sifat obat.

Cara Memilih, Menyimpan, dan Mengonsumsi Buah Srikaya

Pilih buah srikaya yang keras tanpa ada kerusakan, lalu simpan dalam suhu kamar hingga melunak, setelah itu bisa disimpan di kulkas. Buah srikaya yang matang akan tetap segar ketika disimpan di kulkas selama 3 – 7 hari.  Untuk mempercepat proses pematangan buah srikaya yang masih keras, Anda bisa menyimpannya dalam kantong kertas.

Karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat dan manis, buah srikaya biasanya paling sering dikonsumsi sebagai makanan penutup. Juga bisa menjadi bahan tambahan yang enak untuk jus.

Srikaya adalah buah sehat yang mengandung hampir semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Kita. Menambahkannya sebagai bagian dari menu makan harian bisa meningkatkan kesehatan  secara keseluruhan dan lebih jauh dari penyakit.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *