Makanan Terbaik Untuk Anak Agar Memiliki Badan Yang Tinggi

Dimanapun orang tua tentu memiliki keinginan yang terbaik bagi putra-putrinya. Orang tua pasti senang jika memiliki anak yang sehat, cerdas, penurut dan sebagainya. Jika Anda adalah orang tua yang memiliki putra-putri yang masih kecil, tentu juga pengen mereka juga bisa tumbuh dengan baik khususnya memiliki tinggi badan diatas rata-rata namun tetap ideal dan proporsional. Tak dipungkiri lagi, banyak profesi yang membutuhkan tinggi badan minimal – jadi memiliki tubuh yang tinggi selalu jadi impian banyak orang.

Advertisement

Jika Anda menginginkan Anak Anda bisa mendapatkan tinggi badan yang ideal, secara umum harus bisa menyediakan berbagai makanan sehat tinggi nutrisi yang mendukung pertumbuhan anak. Tak hanya 1 jenis nutrisi, ada banyak nutrisi yang diperlukan yang terdapat pada berbagai jenis makanan. Nutrisi utama untuk pertumbuhan adalah protein dan kalsium, dan juga perlu didukung jenis nutrisi lain termasuk zat besi, fosfor, magnesium, dan vitamin D – berikut sekilas penjelasannya :

Kalsium – Tulang kita terdiri dari kalsium. Jadi ketika ingin tubuh tumbuh keatas, maka jangan sampai kekurangan asupan mineral ini.

Vitamin D – Vitamin D dibutuhkan terutama untuk membantu penyerapan kalsium. jadi tanpa vitamin D, kalsium tak akan berguna dalam membentuk pertumbuhan tulang.

Magnesium – diperlukan tubuh untuk mengembangkan kisi kristal tulang yang terbuat dari kalium dan kalsium. Mineral ini juga membantu penyerapan kalsium dan mengaktifkan vitamin D.

Fosfor – adalah mineral penting yang ikut berperan untuk tulang, dan tersedia dihampir semua makanan kita. Namun minuman bersoda bisa menyingkirkan nutrisi ini, jadi jika anda ingin anak anda bisa memiliki badan yang tinggi maka jauhkan dari minuman bersoda yang merusak tulang.

Zat besi – Zat besi adalah mineral penting untuk pertumbuhan yang tepat. Zat besi diperlukan untuk menghasilkan sel dartah merah yang berguna untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Tanpa zat besi, jelas pertumbuhan yang normal tak akan terjadi.

Pada intinya Anda harus bisa menyediakan beragam makanan bergizi untuk mendukung pertumbuhan anak yang sehat secara keseluruhan. Ada banyak jenis makanan, namun disini sudah kita rangkum beberapa makanan penting tersebut yang bisa Anda sediakan untuk anak ketika berbicara tentang tinggi badan.

Makanan agar anak cepat tinggi

Image : Flickr

Berikut Makanan-makanan Terbaik Yang Penting Untuk Mendukung Pertumbuhan dan Tinggi Badan Anak Anda!

Telur

Protein adalah nutrisi penting khususnya ketika kita berbicara mengenai pertumbuhan anak. Ketika nutrisi penting untuk pertumbuhan anak tercukupi dengan baik, maka semakin besarpeluang bagi anak untuk memiliki tubuh yang tinggi. Telur adalah salah satu makanan super yang padat gizi, terutama protein dan seng yaitu mineral yang juga penting untuk mendukung pertumbuhan. Jadi jangan sepelekan telur, anda bisa memberikan makanan sehat ini setiap hari. Anda bisa memilih cara memasak telur yang disukai andak anda, bisa ceplok, dadar, atau telur rebus.

Susu

Kalsium adalah nutrisi yang sangat penting khususnya untuk mendukung pertumbuhan anak Anda. Nutrisi ini terutama bagi anak-anak untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang mereka. Manfaat lain dari nutirsi ini adalah untuk mengatur detak jantung, fungsi otot, dsb. Begitu pentingnya, namun masih banyak anak yang kekurangan asupan kalsium. Nah, salah satu makanan terbaik yang banyak mengandung kalsium adalah susu. Susu juga vitamin D, dimana yang juga dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak, plus susu juga tinggi protein dimana merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Yoghurt dan Keju

Yoghurt dan keju adalah produk dari susu, dimana kandungan nutrisinya sama dengan susu yaitu mengandung kalsium, protein serta nutrisi lain yang mendukung pertumbuhan tinggi badan yaitu vitamin D. Ini merupakan makanan terbaik yang perlu Anda berikan kepada anak. Selain berpotensi memiliki badan yang tinggi, anak anda juga akan kuat dan memiliki tubuh yang kuat dan sehat dimasa depan mereka.

Biji-bijian

Biji-bijian banyak mengandung karbohidrat, merupakan sumber energi yang baik bagi anak-anak Anda. Memperoleh energi yang cukup termasuk kalori sangat penting untuk pertumbuhan badan yang normal. Berikan berbagai biji-bijian untuk memaksimalkan asupan nutrisi Anak Anda. Biji-bijian utuh juga kaya akan vitamin B, seng dan magnesium, adalah nutrisi penting yang juga dibutuhkan untuk anak agat bisa tumbuh lebih tinggi. Berbagai makanan dari biji-bijian termasuk nasi, roti gandum, atau oatmeal.

Kedelai

Kedelai ini mirip dengan susu, yaitu sama-sama tinggi protein dan kalsium. Jadi selain susu, misalnya sari kedelai bisa menjadi alternatif bagi anak anda supaya tetap terpenuhi asupan kalsium dan protein bagi Anak Anda. Ganti minuman bersoda dengan susu kedelai, maka akan jauh lebih baik untuk pertumbuhan terutama tinggi badan bagi si anak.

Selain minum susu kedelai, olahan kedelai lainnya bisa dimasukkan kedalam diet anak untuk tinggi badan dalam bentuk produk seperti tahu atau tempe.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau terutama bayam banyak mengandung zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan nutrisi lain yang berperan dalam perkembangan tulang Anda. Beberapa porsi sayuran dalam sehari harus dikonsumsi oleh anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan untuk tinggi badan. Sayuran lainnya termasuk brokoli, sawi, lobak, kubis, adalah sumber kalsium yang baik.

Buah-buahan

Anak-anak sebaiknya juga suka makan buah-buahan selain sayuran. Banyak sekali vitamin yang hanya diperoleh dari buah dan sayuran yaitu dari jenis antioksidan. Pastikan anak Anda sudah makan beberapa porsi buah yang berbeda setiap hari. Jenis buah-buahan seperti buah pisang, buah alpukat, buah pir, kurma, buah jeruk, dsb tinggi akan kandungan magnesium dan kalium yang sangat penting khususnya ketika berbicara tentang tinggi badan.

Ikan

Ikan sangat banyak mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Ikan juga menyediakan asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otak. Dalam hal ini, jenis ikan bertulang lunak seperti ikan sarden dan ikan salmon juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik. Ikan juga mengandung vitamin D, dimana yang merupakan unsur penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan termasuk yang kaya akan protein, juga berbagai mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, Kacang almond, pitasio, atau kacang mete akan memberikan asupan kalsium dan magnesium yang banyak untuk mendukung pertumbuhan tulang.

Olahraga dan Berjemur

Olahraga dan terkena sinar matahari memang bukan makanan. Paparan sinar matahari penting untuk mengaktifkan vitamin D yang diperoleh dari makanan yang kaya; tanpa paparan sinar matahari, maka vitamin D dalam tubuh tidak akan menjadi bentuk aktif sehingga tak akan berguna. Serta olahraga sangat diperlukan khususnya bagi anak-anak jika ingin mendapatkan badan yang tinggi; hal ini karena olahraga akan meningkatkan massa tulang dan meningkatkan metabolisme kalsium yang pada akhirnya anak berpotensi lebih besar memiliki tinggi badan yang baik daripada anak yang tidak berolahraga.

Jadi kombinasikan antara olahraga dan berjemur bagi anak anda, yaitu latihan di lapangan terbuka – namun sebaiknya pada saat sinar matahari sedang tidak banyak memancarkan UV A yang merusak lapisan kulit hingga lapisan terdalam. Kalau dulu ketika lapisan ozon kira-kira masih tebal, sinar matahari terbaik untuk mendapatkan vitamin D adalah pukul 10 pagi kebawah. Sayangnya sepertinya saat ini sudah tak berlaku lagi karena masih pukul 9 pagi sinar matahari serasa sudah menembus kulit terdalam. Lalu kapan saat yang baik?… mungkin pukul 8 pagi kebawah dan tidak perlu berlama-lama yaitu setidaknya sudah berjemur kira-kira selama 10-15 menit – solusi aman supaya kulit tidak terbakar oleh UVA/UVB matahari adalah mengenakan tabir surya.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *