Makanan Sumber Zat Penambah Sel Darah Merah Terbaik

Makanlah Makanan yang bermanfaat menambah darah jika mengalami mata berkunang-kunang kata orang tua dulu. Sel darah merah adalah unsur penting dalam darah yang mengandung (hb) atau hemoglobin, dimana zat yang menentukan dan mempengaruhi seberapa banyak jumlah oksigen yang bisa diterima oleh seluruh sel dalam jaringan tubuh kita. Jadi ketika kita mengalami kurang darah, maka tubuh akan lelah, pucat, mengantuk, sesak nafas, dan mata berkunang-kunang karena oksigen yang diterima oleh sel termasuk sel otak kurang dari yang seharusnya.

Advertisement

Tubuh yang  Kurang Darah bukan terjadi begitu saja, karena ada penyebab yang mendasarinya. Apa saja yang mempengaruhi orang kenapa bisa mengalami kurang darah? Ada banyak faktor, termasuk dari yang paling ringan hingga yang paling berat termasuk :

  • Anemia
  • Kurang Asupan Gizi terutama vitamin C, Vitamin A, zat besi, tembaga, folat, serta  vitamin B-6 dan B-12
  • Kekurangan erythropoietin, yaitu penyebab utama anemia pada pasien gagal ginjal
  • Perdarahan luar/dalam
  • Kehamilan
  • Masalah tiroid
  • leukemia
  • Obat-obatan seperti obat kemoterapi, obat gangguan jantung, dan obat antibakteri
  • Gaya hidup seperti me*kok dan diet yang buruk.

Jadi jika Anda mengalami gejala seperti kurang darah yang terus berlanjut meskipun Anda termasuk orang yang bergaya hidup sehat, berolahraga, serta melaksanakan diet yang seimbang yang memasukkan aneka makanan bergizi sebaiknya datang ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan cara perawatan yang tepat.

Berikut Beberapa makanan Penambah Sel Darah Merah untuk meningkatkan Kadar hemoglobin ;

Makanan untuk menambah darah

Daging Merah

Daging merah adalah daging dari hewan berkaki empat seperti sapi, kambing, dll. Daging adalah sumber zat besi terbaik dari golongan sumber makanan hewani, juga merupakan sumber vitamin B12 yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Meskipun demikian, makan daging buat tambah darah juga perlu diatur jangan sampai berlebihan.

Jerohan seperti ginjal dan hati sapi

Jerohan terutama hati adalah sumber zat besi yang tinggi, adalah makanan terbaik setelah daging merah ketika membicarakan makanan penambah hemoglobin untuk mencegah dan mengatasi masalah anemia atau kurang darah. Namun ingat, jangan terlalu banyak makan jerohan karena ada efek buruknya juga terutama bagi yang memiliki riwayat asam urat, kolesterol, dan masalah terkait pembuluh darah.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong, almon, kacang hijau, kacang merah, dll juga merupakan jenis makanan penambah darah yang baik dari golongan sumber nabati. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung banyak nutrisi lain termasuk Protein, Lemak sehat yaitu lemak tak jenuh tunggal, Karbohidrat, serat, Vitamin E, Magnesium, Fosfor, Tembaga, Mangan, Selenium dan kalori. Dalam hal ini kacang terutama mengandung folat dan tembaga yang berperan menambah darah.

Sayuran Hijau Tua

Manfaat sayur bayam

Sayur berdaun hijau tua terutama seperti bayam dan kangkung adalah sumber tertinggi zat besi dimana yang sangat berperan dalam pembetunkan sel darah merah dalam darah. hal ini termasuk jenis mineral lain yang dibutuhkan termasuk vitamin A,  folat dan tembaga. Namun ingat, sayuran hijau tua juga kaya akan purin, yang merupakan senyawa pembentuk asam urat dari makanan, jadi jangan hanya makan bayam dan kangkung saja ya untuk menambah darah?

Baca juga:  Makanan Sumber " Asam Urat" Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Pesan satu lagi, bayam yang sudah di masak jangan dibiarkan maksimal 2 jam harus sudah dimakan karena jika lewat dari 2 jam zat besi dari bayam akan berubah menjadi logam berat yang meracuni tubuh.

Kuning telur

Kuning telur merupakan konsentrasi tertingi beraneka ragam nutrisi termasuk folat, aneka vitamin, lemak tak jenuh, vitamin B12 dan zat besi. Zat besi, folat dan vitamin B12 dalam kuning telur ini plus beberapamineral termasuk mangan berperan penting dalam membuat darah dalam tubuh Anda.

Buah kering seperti plum dan kismis

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan, jadi kismis mengandung banyak zat gizi terutama mineral termasuk vitamin C, tembaga, zat besi, folat, vitamin, yang dimana berperan penting dalam proses pembuatan seldarah merah. Yang perlu diingat adalah, buah kering seperti kismis dan plum ini biasanya ditambah banyak gula jadi hati-hati jangan berlebihan.

Susu dan semua produk susu

Produk susu seperti keju juga sama dengan susu. Susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah, yaitu terutama vitamin B12. Meskipun demikian, ada nutrisi lain yang terdapat dalam susu yang tak kalah pentingnya dalam membuat darah merah seperti tembaga dan zat besi.

Sayuran berwarna jingga/orange

Sayuran berwarna jingga seperti ubi jalar, labu kuning, wortel, paprika, dan beat root serta buah-buahan seperti buah semangka, melon, jeruk, dsb banyak mengandung Vitamin A dalam keadaan masih “mentah” yaitu beta-karoten. Selain sangat dikenal bagus untuk kesehatan mata dan antioksidan, vitamin A juga sangat berperan dalam pembuatan darah didalam tubuh Anda.

Buah Jeruk, pepaya, kiwi, dsb

Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Akibatnya ketika Anda kurang vitamin C, maka zat besi yang merupakan bahan pembentuk sel darah merah menjadi tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Dengan demikian makanan yang tinggi vitamin C termasuk jeruk dan buah-buahan lain termasuk juga buah pepaya juga penting untuk membantu mengatasi kurang darah.

Suplemen

Suplemen ini tersedia dalam bermacam-macam nutrisi. Namun dalam soal urusan kurang darah, maka orang bisa menambah asupan dari suplemen yang berisi nutrisi apa yang ia butuhkan . Telah diketahui bahwa kurangnya salah satu nutrisi berikut yaitu vitamin B12, Vitamin C, Vitamin A, Tembaga, Zat besi, Vitamin B12,B6-8 dan folat bisa menyebabkan kurang darah. Jadi tergantung kekurangan vitamin apa yang menyebabkan kurang darah, maka bisa digantikan dengan suplemen.

Tapi minum suplemen vitamin tidak boleh sembarangan dan ada aturan sesuai dengan apa yang dibutuhkan serta dosis harian(bisa dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, berat badan). Untuk itu minum suplemen harus ada ijin dan pengawasan dokter/ahli gizi yang menangani kesehatan Anda .

Demikian beberapa makakan yang harus diperoleh ketika membicarakan makanan untuk penambah darah. Dan jangan lupa apa kondisi yang menyebabkan anemia Anda. Dan jika tidak ada kondisi kesehatan yang mendasari, atau memang hanya kurang gizi saja maka mengonsumsi makanan yang sudah disebutkan diatas mungkin akan segera memulihkan kondisi kurang darah Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *