Makanan Sumber yang Menghasilkan Kolagen Terbanyak

Banyak orang yang terobsesi untuk mendapatkan kolagen sebanyak-banyaknya dari sumber-sumber alami supaya dapat mengambil manfaatnya yang begitu penting. Pentingnya kolagen bagi tubuh sama seperti protein dan vitamin, yaitu untuk menghambat tanda-tanda penuaan seperti keriput, meningkatkan kesehatan sendi, meningkatkan metabolisme, meningkatkan kesehatan mental, mengurangi selulit, menguatkan rambut dan kuku.
Apakah kolagen? Di dalam tubuh kita kolagen sebagian besar ditemukan pada kulit, tulang, dan sendi-sendi. Kolagen juga ditemukan pada lapisan usus, yang dimana kita tahu bahwa kesehatan usus adalah sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Advertisement

Kolagen dalam tubuh kita terdiri dari asam amino yang membungkus struktur helik yang membuat kolagen menjadi kuat. Asam amino yang membentuk kolagen adalah glisin, prolin, hydroksiprolin, dan hidroksilisin.

Tubuh kita bisa membuat kolagen dari asam amino yang kita konsumsi dari makanan. Namun seiring bertambahnya usia yang semakin tua, tubuh kita akhirnya semakin tidak bisa memproduksi kolagen. Sejak sekitar usia 30-an, produksi kolagen oleh tubuh kita mulai berkurang sekitar 1% dan terus berlanjut sampai 2% pertahun. Dan ketika diusia 40, kita telah kehilangan sekitar  10% Р20% kolagen.

Perlu diketahui bahwa tubuh kita harus memiliki asam amino dulu sebagai syarat utama untuk dapat memproduksi kolagen. Jika Anda makan-makanan yang kurang mengandung asam-asam amino, maka tubuh kita tidak akan dapat menghasilkan cukup kolagen. Jadi kolagen sebenarnya dibuat oleh tubuh kita, dengan jalan tubuh harus mendapatkan asam amino dulu yang cukup dari makanan sebagai “bahan”.

Secara alami terjadi pemecahan kolagen oleh enzim dalam tubuh. Faktor-faktor lingkungan lain seperti polusi, dampak radikal bebas, dan matahari juga dapat memecah kolagen dan menghacurkannya. Nah, supaya kolagen dalam tubuh yang sudah dibentuk tidak habis, maka kita selain harus teratur mengonsumsi makanan sumber zat pembentuk kolagen, juga butuh zat dari makanan lainnya untuk mempertahankan kolagen. Makanan apa sajakah itu? Baca lebih banyak untuk mengetahuinya!

Berikut makanan-makanan terbaik, yang bermanfaat meningkatkan Kolagen untuk tubuh kita:

Makanan sumber kolagen terbanyak

Gelatin

Ketika berbicara tentang makanan sumber kolagen, maka kita tidak akan bisa menemukan sesuatu yang lebih baik daripada gelatin. Karena gelatin itu adalah kolagen.

Gelatin pada dasarnya adalah bentuk kolagen yang masak. Hal ini biasanya dibuat dengan cara merebus jaringan ikat sapi atau babi, kemudian kolagen dilepaskan, diekstrak, lalu dikeringkan.

Kelebihan gelatin adalah lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Banyak orang yang memberikan testimoni mendapatkan hasil yang cepat dengan cara mengkonsumsi gelatin.

Kualitas juga penting saat membeli produk gelatin di supermarket, karena dengan kualitas yang bagus yang dibuat dari jaringan sapi terbaik bisa memberikan manfaat yang lebih tinggi.

Rumput laut

Asam hyaluronic diperlukan untuk memperbaiki dan mengganti serat kolagen yang rusak dan mati, jadi sangat penting ketika berbicara manfaat kolagen bagi tubuh. Sumber asam hyaluronic terbaik adalah rumput laut, meskipun produk kedelai, ubi jalar, alpukat dan mangga juga merupakan sumber yang baik. Asam hyaluronic umumnya ditemukan pada tulang rawan hewan, sehingga sayap ayam dan sup ikan juga merupakan sumber dari makanan hewani.

Baca juga:  Makanan Sumber Lemak Sehat dan Lemak Tidak Sehat

Kaldu tulang

Kaldu tulang bisa kita buat dengan cara merebus tulang dan jaringan ikat hewan. Ketika jaringan-jaringan ini direbus, maka kolagen akan terlepad ke dalam air. Membuat kaldu tulang sangatlah mudah dan murah, hanya tinggal merebus dan menikmati kaldu hangatnya yang kaya gelatin setiap pagi.

Putih telur

Putih telur sangat kaya akan asam amino, prolin dan glisin, yang merupakan unsur utama pembuat kolagen. Dengan makan putih telur maka Anda sudah memberikan tubuh asam amino yang dibutuhkan untuk membuat kolagen.

Spirulina

Spirulina adalah jenis dari ganggang biru atau hijau yang kini sudah sangat populer sebagai suplemen kesehatan. Selain mengandung banyak zat besi, satu sendok teh spirulina mengandung banyak glisin dan prolin daripada sebuah putih telur yang besar/

Spirulina juga merupakan sumber mineral penting seperti tembaga, yang juga merupakan salah satu mineral penting untuk pembuatan kolagen.

Ikan cod

Cod adalah jenis ikan laut dingin dan berlemak, yang kaya akan glisin dan prolin pembentuk kolagen. Jika anda tidak memiliki kekhawatiran dengan cod, maka ini bisa menjadi sumber kolagen yang bagus setiap hari. Tak hanya mengandung “kolagen”, ikan cod atau suplemen cod juga kaya Asam Lemak Omega 3 – yang penting untuk mengurangi peradangan dalam tubuh dan banyak manfaat lainnya. Baca juga : Manfaat Utama Omega 3 untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Makanan yang tinggi Vitamin C

Buah jeruk memang tidak mengandung glisin atau prolin seperti halnya ikan dan jaringan sapi, tapi jeruk adalah buah yang sangat banyak mengandung banyak vitamin C.

Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen. Sifat antioksidan vitamin C juga bermanfaat mencegah enzim dan radikal bebas yang merusak kolagen dalam tubuh. Nah selain jeruk, mungkin anda juga butuh makanan yang kaya akan antioksidan.

Buah jeruk, lemon, stroberi, kiwi dan jambu biji adalah pilihan lain sumber vitamin C yang luarbiasa. Sumber kaya vitamin C juga termasuk jenis sayuran seperti brokoli, paprikadan kecambah.

Makanan mengandung sulfur untuk membentuk kolagen.

Sulfur adalah satu jenis mineral yang tak kalah penting untuk pembentukan kolagen. Penelitian telah menunjukkan bahwa hewan yang diberi kekurangan asupan sulfur dari makanan juga lebih sedikit menghasilkan kolagen. Dan yang dikhawatirkan juga adalah  kebanyakan orang cenderung kekurangan sulfur dari makanan.

Sumber hewani seperti daging sapi, telur, daging unggas, dan susu adalah sumber sulfur yang baik. Namun, penting juga penting mendapatkan sulfur dari sumber nabati.

Sumber sulfur nabati termasuk:

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Brokoli
  • Kubis

Demikian sumber makanan yang banyak mengandung zat dan mineral yang bermanfaat untuk menambah produksi kolagen oleh tubuh. Pada intinya kolagen tidak diperoleh secara langsung dari makanan, melainkan dari zat termasuk seperti asam amino untuk membuat kolagen.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *