Makanan Sumber Estrogen(fitoestrogen) Tinggi untuk Wanita

Estrogen merupakan jenis hormon yang penting untuk perkembangan terkait reproduksi terutama pada wanita. Pada wanita estrogen diproduksi terutama di ovarium, adalah kelenjar yang berukuran anggur yang terletak rahim dan merupakan bagian dari sistem endokrin.

Advertisement

Estrogen juga diproduksi oleh sel-sel lemak dan kelenjar adrenal. Pada masa pubertas, estrogen memainkan peran dalam pengembangan karakteristik s*ks sekunder perempuan, seperti pay*dara, pinggul hingga rambut kem*lu*n dan rambut keti*k.

Mengenal Fungsi Esterogen

  • Estrogen juga membantu mengatur siklus menstruasi, mengendalikan pertumbuhan lapisan rahim selama siklu pertama. Jika telur wanita tidak dibuahi, maka kadar estrogen akan menurun tajam dan mens-truasi dimulai. Jika sel telur telah dibuahi, maka estrogen akan bekerja dengan hormon progesteron untuk menghentikan ovulasi selama kehamilan.
  • Selama kehamilan, plasenta memproduksi estrogen khususnya hormon estriol. Estrogen mengontrol laktasi dan perubahan pay*dara, termasuk di masa remaja dan selama kehamilan.
  • Estrogen berperan dalam pembentukan tulang yang bekerjasama dengan vitamin D, kalsium serta hormon lainnya untuk secara efektif memecah dan membangun kembali tulang sesuai dengan proses alami tubuh. Namun tingkat estrogen mulai menurun di usia pertengahan, sehingga proses membangun kembali tulang memperlambat – bersama usia menopause perempuan akhirnya pembangunan kembali tulang berhenti. Inilah sebabnya kenapa wanita pascamenopause memiliki empat kali lebih mungkin terkena osteoporosis jika dibandingkan dengan laki-laki.
  • Estrogen juga berperan pembekuan darah, menjaga kekuatan dan ketebalan dinding organ int*m perempuan dan lapisan uretra, pelumasan dinding organ int*m, dan sejumlah fungsi tubuh lainnya.
  • Esterogen juga mempengaruhi kulit, rambut, selaput lendir dan otot-otot panggul. Misalnya estrogen bisa membuat kulit lebih gelap.
  • Hormon estrogen juga mempengaruhi otak, dan studi juga menunjukkan bahwa tingkat estrogen rendah kronis terkait dengan suasana hati yang rendah.
  • Pria juga menghasilkan estroge, tetapi lebih rendah daripada wanita. Estrogen pada laki-laki dihasilkan oleh kelenjar adrenal dan oleh t*stis. Estrogen pada mereka diduga mempengaruhi jumlah sp*rma. Pria yang memiliki kelebihan berat badan lebih sering karena dipengaruhi oleh jumlah sp*rma yang rendah menurut sebuah jurnal 2010 yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrologi .
  • Pada tahun 2011 penelitian di Universitas Amerika di Washington, DC menemukan keterkaitan antara estrogen dan kemampuan untuk mengendalikan peradangan yang berlebihan di otak. Penelitian ini diharapkan dapat membantu orang dengan gangguan neurodegenerative seperti pada penyakit Parkinson.

Perubahan tingkat estrogen

Ada banyak tingkat perubahan estrogen selama hidup orang terutama perempuan. Misalnya tingkat estrogen akan mengalami peningkatan selama masa pubertas dan masa kehamilan. Dan kadar estrogen mulai menurun setelah menopause, atau ketika seorang perempuan telah berhenti menstruasi.

Baca juga:  Top 10 Makanan Sumber Omega 3 Terbaik, yg Harus di Ketahui

Penurunan produksi estrogen ini dapat menyebabkan gejala seperti hot flashes, kekeringan v*g*na dan hilangnya hasrat. Tingkat estrogen ini juga menurun setelah melahirkan.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan kadar estrogen menurun termasuk hipogonadisme (berkurangnya fungssi indung telur) dan sindrom ovarium polikistik. Olahraga ekstrim dan anoreksia juga dapat menyebabkan penurunan kadar estrogen, karena wanita dengan lemak tubuh yang rendah mungkin tidak mampu menghasilkan estrogen dengan cukup lagi.

Jenis Makanan Sumber Estrogen (fitoestrogen) Tertinggi

Makanan mengandung estrogen - fitoestrogen

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, estrogen diproduksi oleh tubuh dengan berbagai cara. Makanan bukanlah sumber yang menghasilkan estrogen, tapi makanan mengandung fitoestrogen yaitu zat dari jenis makanan yang bermanfaat membantu untuk mengatur dan menjaga keseimbangan hormon estrogen khususnya dalam tubuh wanita. Makanan-makanan tersebut termasuk :

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Biji-bijian dan kacang-kacangan umumnya mengandung minyak sehingga perlu dikonsumsi dalam jumlah yang wajar agar tubuh menghasilkan hormon ini secara tepat. Biji-an seperti biji rami, biji wijen, biji kenari, biji bunga matahari, kacang pistachio semua menyediakan fitoestrogen yang baik.

Kedelai

Sudah diketahui bahwa semua produk dari kedelai menempati urutan daftar peringkat kedua sebagai makanan yang banyak mengandung fitoestrogen. Mengonsumsi kacang kedelai, susu kedelai, tahu, tempe, kecambah kedelai, yogurt kedelai setiap hari bisa mempertahankan tingkat fitoestrogen pada perempuan.

Roti dan sereal

Roti dan sereal bisa dimasukkan kedalam diet sehari-hari perempuan untuk mendapatkan asupan fitoestrogen yang ideal. Hal ini termasuk roti gandum, donat dan roti wijen.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan disini termasuk sayuran seperti kacang polong, kacang-kacangan, lentil. kacang buncis, kacang hijau, selai kacang, kacang mete, kacang almond, kacang hijau, kecambah kacang hijau. dll.

Buah-buahan

Buah-buahan sangat bermanfaat bagi wanita yang memiliki tingkat asupan fitoestrogen termasuk buah persik, plum kering, aprikot kering, dan anggur merah, kurma kering dan buah stroberi.

Sayuran

Dari jenis sayuran, jenis tertentu bisa menambah asupan fitostrogen bagi anda adalah brokoli, sejenis sawi, dan kubis

Lain-lain

Selain makanan diatas yang mungkin bisa menjaga sekeresi estrogen adalah saus kacang hitam, protein bar, bawang putih, minyak zaitun, kecap, dan pasata miso.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *