Makanan Sumber Energi Terbaik Bagi Tubuh Kita

Sangat penting bagi kita untuk mendapatkan energi agar supaya bisa berjalan, berfikir, dan aktifitas lainnya. Nggak hanya untuk menggerakkan badan, organ tubuh seperti jantung juga perlu energi untuk memompa darah setiap detik. Makanan sebagai sumber energi bagi tubuh kita diantaranya harus mengandung 3 makronutrisi yaitu karbohidrat, lemak dan protein – yaitu yang memberikan energi/kalori yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja.

Advertisement

Untuk bisa mendapatkan energi, tubuh kita tak hanya butuh makronutrisi, tapi juga perlu mikronutrisi seperti vitamin dan mineral – yaitu yang berperan dalam membantu tubuh dengan cara menghasilkan reaksi kimia yang diperlukan. Tubuh juga butuh cairan, serat dan zat-zat penting lainnya.

Jadi kurang tepat kalau tubuh kita hanya butuh karbohidrat atau gula saja untuk bisa memperoleh dan mempergunakan energi, yang semuanya perlu dan bisa kita dapatkan dari berbagai makanan/diet sehari-hari.

Berikut makanan yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh berdasarkan nutrisi yang terdapat didalamnya:

Makanan sumber energi bagi tubuh

Makanan yang mengandung karbohidrat

Ada 2 macam karbohidrat, yaitu karohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana termasuk kadar gula yang terdapat dalam buah-buahan(seperti pisang, pepaya, semangka), madu, susu dan produk susu. Hal ini juga termasuk gula yang ditambahkan selama proses pengolahan makanan seperti kue-kue dan minuman serta cokelat. Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang mudah diserap dan dijadikan sebagai energi. Roti putih juga merupakan sumber karbohidrat sederhana yang paling sering kita temui.

Baca juga : Makanan mengandung karbohidrat tinggi

Karbohidrat kompleks dikenal juga dengan zat pati, yang ditemukan terutama pada jenis biji-bijian(seperti padi, jagung, gandum), pasta, kentang,ubi jalar, beras merah, kacang-kacangan dan sayuran. Pencernaan perlu mengubah karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana sebelum diserap dan menjadi bahan bakar tubuh.

Karbohidrat kompleks mengandung banyak vitamin, mineral serta serat. Namun selama pengolahan makanan, banyak nutrisi penting yang hilang beserta dengan semua manfaatnya.

Makanan yang Mengandung Lemak

Lemak adalah kalori yang juga sebagai sumber energi tubuh. Merupakan senyawa alami yang bisa berasal dari berbagai makanan yang terdiri dari berbagai bentuk. Minyak yang setiap hari kita gunakan dalam memasak adalah merupakan bentuk lemak juga. Lemak hewani adalah lemak yang ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, susu, gajih, unggas dan ikan. Serta lemak dari sumber nabati seperti dari buah alpukat, kacang-kacangan dan buah zaitun. Lemak adalah kalori yang merupakan sumber utama energi, yang sekaligus juga membantu tubuh Anda menyerap beberapa macam vitamin.

Lemak terdiri dari 2 jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak sehat termasuk lemak tak jenuh ganda, yang berasal dari sumber makanan termasuk buah alpukat, minyak zaitun, dan ikan laut misalnya salmon, tuna, kuning telor, tengiri, dsb, serta kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, dll. Lemak tak jenuh bermanfaat juga untuk kesehatan otak dan membuat HDL untuk menghilangkan kelebihan LDL yang berbahaya.

Sementara lemak jenuh dianggap sebagai jenis lemak yang buruk bagi kesehatan, karena jika mengkonsumsinya secara berlebihan akan menyebabkan tubuh menjadi kelebihan LDL/kolesterol buruk yang dikenal bisa menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung koroner. Lemak jenuh umumnya dari minyak goreng, susu & produk susu, serta gajih/lemak hewan yang hidup didarat seperti sapi, kambing, unggas, dsb.

Makanan yang Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi

Protein berguna sebagai zat pembangun tubuh serta memperbaiki sel yang rusak, juga bermanfaat membuat senyawa kimia dan membantu mengatur proses dalam tubuh. Kelebihan protein juga akan menjadi kalori yang akan digunakan sebagai energi bagi tubuh.

Protein terdiri dari unsur-unsur dasar yang disebut sebagai asam amino. Ada dua jenis asam amino, yaitu yang dibuat oleh tubuh dikenal sebagai asam amino non-esensial, dan yang diperoleh dari sumber makanan yang dikenal sebagai asam amino esensial.

Protein bisa diperoleh dari sumber makanan baik hewani maupun nabati. Dari sumber hewani termasuk jerohan, daging merah, daging unggas, putih telur, ikan; serta dari sumber nabati terutama kacang-kacangan( seperti kacang merah, kacang hijau, almond, pitasio, dll). Daun pepaya, daun singkong juga diketahui mengandung tinggi protein nabati.

Makanan yang Mengandung Vitamin

vitamin untuk ibu hamilJangan dikira tubuh hanya perlu karbohidrat dan gula, lemak, atau protein saja untuk menciptakan energi. Tanpa vitamin-vitamin ini maka tubuh tidak akan bisa menggunakan karbo dan gula atau lemak dan protein untuk menjadi energi. Vitamin yang tubuh kita butuhkan untuk membuat energi adalah vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, D, E dan K. Vitamin tersebut yang membantu tubuh untuk menggunakan karbohidrat, lemak dan protein. Hal ini juga membantu sel dalam menghasilkan darah, hormon, serta bahan kimia untuk sistem saraf. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Vitamin bisa diperoleh teurtama dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan. Misalnya, jeruk banyak mengandung vitamin C, pepaya banyak mengandung vitamin A, gandum, daging, ikan, biji-bijian mengandung vitamin B D, K. Salmon dan seafood, kacang, biji bunga matahari, mengandung tinggi vitamin E.

Makanan yang Mengandung mineral

Mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor berguna untuk tulang dan gigi. Lalu mineral lain yaitu natrium, kalium dan klorida, sering disebut sebagai elektrolit berperan membantu mengatur keseimbangan air dan senyawa kimia dalam tubuh. Tubuh juga membutuhkan zat besi, yodium, seng, tembaga, fluorida, selenium dan mangan. Tanpa mineral maka tubuh juga tidak bisa membuat energi dengan baik.

Air

Banyak makanan yang mengandung banyak air terutama buah-buahan. Air sangat penting untuk hampir setiap fungsi tubuh utama termasuk dalam membuat energi. Air mengatur suhu tubuh, membawa nutrisi dan oksigen sel melalui aliran darah dan membantu mengeluarkan limbah dan racun tubuh. Air juga membantu bantalan sendi dan melindungi organ dan jaringan.

Makanan Yang Mengandung Serat

Serat adalah bagian dari sumber makanan nabati yang tidak diserap tubuh. Ada 2 jenis utama serat yaitu jenis serat larut dan tidak larut, namun makanan yang kaya serat biasanya mengandung keduanya.

Makanan yang tinggi mengandung serat larut termasuk buah jeruk, apel, dan buah pir. Kacang-kacangan, seperti kacang kering dan kacang polong, juga banyak menyediakan serat larut. Jenis serat ini membantu menurunkan kolesterol dalam darah, serta memperlambat kenaikan gula darah dan melancarkan BAB.

Kesimpulan

Sumber utama energi tubuh adalah gula, kemudian lemak, dan protein. VItamin berguna membantu tubuh dalam menggunakan sumber energi, mineral mengatur keseimbangan kimia, serta air juga tak kalah penting. Maka supaya tubuh tetap berenergi dan fit sepanjang hari kita perlu untuk mendapat asupan semua itu dari diet yang memasukkan semua makanan sehat dan seimbang.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *