Makanan Sumber ” Asam Urat” Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Makanan tidak mengandung asam urat, melainkan mengandung purin yang oleh tubuh pada akhirnya dimetabolisme menjadi asam urat. Mari kita ketahui lebih banyak tentang apa itu asam urat dan purin dengan membaca secara tuntas artikel berikut ini:

Advertisement

Semua makanan baik nabati (buah dan sayur) maupun hewani(ikan dan daging/jerohan) sebenarnya mengandung purin yg oleh tubuh akhirnya dimetabolisme menjadi asam urat, namun beberapa jenis makanan mengandung lebih tinggi dari yang lainnya. Hal ini sebenarnya normal saja dan sehat karena Asam urat sebenarnya adalah antioksidan dan dibutuhkan oleh tubuh salah satunya untuk melinadungi lapisan pembuluh darah.

Akan tetapi ketika asam urat tinggi/berlebihan dalam darah maka sisanya bisa menumpuk menjadi kristal yang terkonsentrasi pada persendian yang menyebabkan gejala gout athtritis atau rematik asam urat yang sangat menyakitkan.

Nah agar asam urat dalam darah kita tetap normal dan terkendali, maka dianjurkan diet untuk mengurangi golongan makanan sumber asam urat tinggi terutama bagi yang memiliki kecenderungan asam urat tinggi. Bagi yang kadar asam uratnya normal pun, konsumsi makanan ini juga perlu dimoderasi agar senantiasa sehat dan jauh dari gangguan rematik asam urat dikemudian hari.

Makanan mengandung asam urat tinggi

Jenis makanan dan minuman yang paling tinggi mengandung purin, zat yang akan dimetabolisme tubuh menjadi Asam Urat:

Di Jepang, untuk mencegah asam urat tinggi dalam darah, orang dianjurkan untuk menjaga konsumsi purin  di bawah 400mg per hari. Dibawah ini adalah daftar makanan yang paling tinggi mengandung purin yang rata-rata diatas 100mg hingga dibawah 300mg

Ragi

Makanan mengandung ragi seperti tape beras, tape singkong dan minuman yang dibuat menggunakan ragi seperti bir sangat tinggi purin. Tidak menemukan data untuk tape, namun bir yang menggunakan ragi bisa mengandung 2995mg purin.

Daging dan Jerohan

Semua produk hewani mengandung purin, seperti daging merah, daging unggas, jerohan kambing/sapi/ayam termasuk hati, limpa , paru, ginjal, usus, susu, keju, dsb. Namun makanan dari produk hewani ini yang paling tinggi mengandung asam urat adalah:

Jerohan ayam dan bagian-bagiannya tertinggi 243

  1. Hati ayam 243
  2. Hati ayam 236,1
  3. Ayam, hati 223
  4. Paha ayam 132.3
  5. Dada ayam 130,7
  6. Ayam, rempela 130,5
  7. Ayam, paha 126,5
  8. Kulit ayam 104,6

Jerohan dan daging babi, sapi, dan domba tertinggi 289

  1. Daging dan hati babi 289
  2. Daging dan ginjal sapi  213
  3. Hati sapi 197
  4. Daging dan hati sapi  171
  5. Daging dan hati domba  171
  6. Daging dan otak sapi  162
  7. Hati domba 147
Baca juga:  Resep Teh Hijau dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Seafood

Dari jenis ikan yang menempati urutan teratas kandungan “asam urat” diatas 130mg dan dibawah 400mg nya adalah:

Seafood segar tertinggi 411

  1. Ikan Teri 411
  2. sarden 345
  3. Ikan salmon 250
  4. Ikan kembung 194
  5. Remis 136
  6. Cumi-cumi 135

Seafoods kalengan tertinggi 399

  • sarden 399
  • Ikan haring 378
  • Teri 321
  • Ikan kembung 246
  • Udang 234
  • tuna 142
  • tiram 107
  • Ikan salmon 88
  • Remis 62

Kacang-kacangan, tertinggi hingga 230 mg purin

  1. kacang polong seperti petai 230
  2. kacang-kacangan 222
  3. kacang putih kecil 202
  4. kacang kapri  195
  5. kacang pinto   171
  6. kacang merah 162
  7. kacang lima 149
  8. kacang bayi 144

Sayuran

Sayuran termasuk rendah purin daripada produk daging diatas, yang rata rata masih 150mg kebawah.

Sayuran yang paling tinggi purin penghasil asam urat termasuk tauge, brokoli, kubis, daun bawang, jamur, kacang panjang dan daun bayam. Hal ini harus harus dibatasi apabila anda mengikuti diet rendah purin.

Kesimpulan

Jika diambil kesimpulan dari data diatas, maka daging dan produk daging dan seafood adalah makanan yang paling tinggi mengandung purin. Level tertinggi adalah daging dan hati babi, dan dari golongan ikan adalah ikan teri segar dan sarden. Sementara susu dan produk susu seperti keju lebih rendah purin. Sementara kacang-kacangan menempati level 3 tertinggi kacang polong 230mg. Sayuran tertinggi asam urat termasuk bayam, kubis dan brokoli yang masih dibawah kacang-kacangan. Dan segala buah-buahan dan beberapa jenis sayuran lainnya adalah makanan yang paling rendah purin.

Dan jika anda memiliki asam urat tinggi, maka hal-hal yang dibuat menggunakan ragi seperti tape dan bir sebaiknya dihindari karena sangat tinggi purin yang membuat “asam urat” darah naik.

Test laboratorium bisa menjelaskan apakah anda termasuk memiliki asam urat tinggi atau tidak, dan dokter akan memberikan saran diet terbaik jika anda memiliki asam urat tinggi.

Baca juga : Makanan yang boleh dan dilarang untuk penderita asam urat tinggi

Asam urat akan meninggalkan tubuh melalui urin, sehingga apabila Anda tidak cukup minum  banyak air, maka asam urat akan menumpuk dalam tubuh Anda. Menurut National Kidney Foundation , Anda bisa mengurangi risiko gout athritis atau peradangan asam urat dan batu ginjal jika cukup minum air, misalnya delapan gelas air atau lebih dalam sehari untuk orang dewqasa sehat.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *