Khasiat Manfaat Daun Sambiloto Untuk Obat Herbal dan Kandungannya

Selain sudah populer sebagai obat prostat, daun dan batang tanaman herbal sambiloto juga berkhasiat untuk menyembuhkan bermacam- macam penyakit lain. Tanaman ini biasanta tumbuh liar di tempat-tempat terbuka misalnya ditepi jalan, depan rumah yang tak terawat, ladang, atau tanah kosongbekas bangunan atau di pekarangan yang tak terawat. Daerah yang baik untuk tumbuh sambiloto mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 700 mdpl.

Advertisement

Tanaman obat yang termasuk dalam keluarga tanaman Acanthaceae ini memiliki banyak nama berbeda diberbagai tempat di Indonesia, termasuk papaitan(sumatera), ki oray, ki peurat, ki ular, takilo, bidara, sadilata, sambilata, takila(jawa). Sambiloto merupakan tanaman liar, sehingga untuk pengembangbiakannya tidaklah sulit. Cukup petik buah sambiloto yang sudah tua, ambil bijinya, lalu semaikan dimedia tanamnya.

Daun sambiloto - khasiat manfaat

Image : flickr Marwah daud

Kandungan Daun Sambiloto

Kandungan Utama Tanaman sambiloto ini adalah 2 jenis senyawa antioksidan :

  • Laktone: deoxy-andrographolide, andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide.
  • Flavonoid: alkane, aldehyde, dan ketone,.

Manfaat, Khasiat, dan Kegunaan Daun Sambiloto untuk pengobatan :

1. Mengobati Tipus:

Petik 10-15 lembar daun sambiloto segar. Tambahkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Untuk mengatasi rasa daun yang amat pahit, sewaktu meminum dapat dicampur dengan madu.

2. Mengobati TBC paru-paru:

Ambil Daun sambiloto segar lalu keringkan. Kemudian giling halus hingga menjadi bubuk dan simpan. Untuk menggunakannya tambah dengan sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan berbentuk pil dengan berdiameter sekitar 0,5 cm. Sebaiknya pil ini diminum dengan air matang 2-3 kali dalam sehari. Sekali minum bisa 15-30 pil.

Baca juga : Kandungan dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

3. Mengobati Batuk rejan atau pertusis:

Ambil 3 lembar daun sambiloto, bersihkan lalu seduh dengan air panas. Setelah ituĀ  cukup tambahkan sedikit madu supaya rasanya lebih baik. Minum ramuan daun sambiloto ini 3 kali sehari.

4. Pengobatan Kencing nanah:

Ambil 3 batang sambiloto beserta daun-daunnya. Cuci bersih kemdian direbus dengan 4 gelas air minum hingga airnya tersisa 2,25 gelas saja. Dinginkan ramuan terlebih dahulu, lalu disaring. Jika akan diminum tambahkan madu secukupnya. MinumĀ  3/4 gelas air ramuan sambiloto sebanyak 3 kali sehari.

Baca juga:  Manfaat Bawang putih Tunggal/lanang untuk Kesehatan

5. Menyembuhkan Demam:

Daun sambiloto segar bisa ditempelkan ke tubuh atau dahi penderita demam biasa.

Baca juga : Manfaat Khasiat Daun Afrika Selatan untuk Pengobatan Herbal

6. Sebagai Penambah nafsu makan:

Siapkan daun sambiloto 10 helai yang sudah dibersihkan. Selain itu, siapkan juga kulit dan batang sambiloto sebanyak 50 gram. Kemudian semua bahan-bahan ini direbus dengan 3000 cc air, setelah dingin airnya bisa diminum ; cukup segelas sehari. Untuk menghilangkan rasa pahit sambiloto dapat ditambahkan dengan sedikit madu.

7. Hidung berlendir, sakit gigi:

Ambil 9-15 g tanaman sambiloto (daun dan batang) segar direbus. Jika sudah dingin, pakai buat berkumur dan sisanya diminum.

8. Obat tetes telinga:

Daun sambiloto segar dilumatkan lalu diperas airnya. Teteskan air tersebut ke telinga.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *