Khasiat Daun Kitolod Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Khasiat daun dan bunga kitolod terutama untuk mengobati berbagai keluhan mata termasuk mata plus, minus atau silinder dan katarak sebagai mata tetes. Tak terbatas hanya itu, hal ini juga termasuk penyakit yang disebabkan karena peradangan seperti sakit gigi, radang tenggorokan, luka bahkan kanker bisa diobati dengan herbal dari tanaman kitolod. Memiliki nama atau sebutan kitolod(sunda), dan sangkobak/kendali(jawa).

Advertisement

Daftar Khasiat Kitolod :

Kitolot memiliki nama latin Sotoma longiflora Presi., termasuk dalam keluarga tanaman campanuiaceae adalah tanaman semak yang memiliki tangkai bunga yang panjang yang mahkota bunganya berwarna putih dan berbentuk bintang. Buah kitolod berbentuk kotak mirip lonceng, merunduk, merekah dan berbiji banyak. Pengembangan umumnya dengan cara menanam bijinya. Kitolod adalah tanaman yang tumbuh liar, yang biasanya tumbuh di dekat got-got, di tumpukan batu bata, atau batu cadas yang ada dipinggir sungai – atau dilingkungan yang lembab.

Khasiat Daun Kitolot untuk Pengobatan

Kitolod mengandung getah beracun, serta memiliki kandungan senyawa kimia tanaman alkaloid termasuk lobelin, lobelamin, dan isotomin. Kitolod juga mengandung senyawa antioksidan lain yaitu flavonoid, polifenol, dan saponin.

Meskipun beracun, getah kitolod memiliki efek farmakologis yakni efek anti-inflamasi sehingga ampuh untuk mengatasi peradangan, efek neoplasmik sehingga bisa mengobati kanker, efek analgesik sehingga bisa mengurangi rasa sakit, dan efek hemostatik atau bisa menghentikan perdarahan.

Khasiat Tanaman Kitolod Untuk Pengobatan :

 

Untuk membuat ramuan, bagian tanaman kitolod yang umum digunakan adalah batang, daun, dan bunga.

Kitolod untuk Mengobati asma, radang tenggorokan dan bronkitis

Menuru studi yang dilakukan oleh UGM yang dijalankan dengan menggunakan metode Winder yang telah di modifikasi, menunjukkan bahwa daun dan bunga kitolod memiliki efek antiinflamasi. Efek antiinflamasi terkuat secara berurutan terdapat pada ekstrak air daun kitolod, ekstrak air bunga kitolod dan ekstrak kloroform daun kitolod. Peneliti menyimpulkan bahwa Ekstrak air dan daun dan bunga kitolod mempunyai efek antiinflamasi.

Untuk mengobati radang tenggorokan, asma dan bronkitis, ambil 3 lembar daun kitolod. Rebus kedalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari pagi dan sore.

Kitolod untuk Mengobati luka

Menurut penelitian UNISBA, menunjukkan bahwa suntikan etanol dari herbal kitolod pada hewan percobaan dapat menghambat pertumbuhan bakteri Bacillus cereus.

Untuk mengobati luka, ambil daun kitolod secukupnya, bersihkan, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan pada luka dan balut dengan kain atau perban yang diganti 2 – 3 kali sehari.

Efek hemostatik yang dimiliki kitolod akan bermanfaat juga untuk menghentikan perdarahan pada luka.

Kitolod untuk Obat sakit gigi

Hal ini mungkin terkait efek farmakologis dari daun kitolod yang anti inflamasi dan anti bakteri sehingga bisa menyembuhkan sakit gigi bengkak akibat radang dan infeksi bakteri. Cara pakainya cukup ambil daun kitolod yang sudah dicuci bersih, tumbuk, lalu dimasukkan kedalam gigi yang berlubang. Juga efek analgesiknya yang bisa menghilangkan rasa nyeri hebat yang biasa terara pada sakit gigi.

Kitolod untuk Obat Mata

Ini adalah khasiat daun kitolod yang sudah digunakan orang sejak jaman dahulu, terutama untuk mengatasi mata katarak, mata gatal, hingga mata rabun jauh maupun rabun dekat. Bahkan tanaman kitolod banyak dimanfaatkan oleh para penghobi burung untuk mengobaai katarak atau sakit mata pada burung piaraannya.

Cara penggunaan kitolod untuk mengobati penyakit mata :

  • AmbilĀ  bunga kitolod segar, lalu masukkan kedalam gelas yang berisi air putih.
  • Setelah itu tutup gelasnya dan diamkan 5 menit
  • Gunakan air rendaman untuk mengembang atau merendam mata.
  • Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Selain cara diatas, cara lainnya adalah :

  • Ambil 1-2 lembar daun kitolod. Cuci bersih
  • Masukkan kedalam plastik yang berisi air
  • Remas plastik tapi jangan sampai daun kitolod menjadi hancur, cukup buat agar daun menjadi lemas saja.
  • Lubangi pojok plastik dengan jarum, gunakan sebagai obat tetes mata.
  • Awalnya akan terasa sangat pedih dimata, tapi lama-lama akan berkurang dan hilang.

Kitolod untuk Obat Kanker

Ambil 3 lembar daun kitolod bersama dengan batangnya, cuci bersih. Rebus dengan 5 gelas air sampai tinggal 1-2 gelas. Minum beberapa kali sehari sampai habis.

Keamanan :

  • Untuk obat yang diminum, sekali minum harus tidak lebih dari 3 lembar daun kitolod.
  • Karena tanaman ini juga mengandung senyawa yang bersifat farmakologis, sebaiknya hati-hati jika diminum bersama dengan obat-obatan lain – harus mendapat saran dari ahli herbal/herbalis atau ahli kesehatan/dokter.
  • Tanaman kitolod yang dipergunakan sebagai obat sebaiknya tanaman hasil budidaya, sebab kalau diambil dari tempat tumbuh sembarangan bisa tidak bersih dan justru menimbulkan penyakit lain. Atau bisa mendapatkan dari penjual herbal, dimana biasanya hanya tinggal pakai dan terjamin kebersihannya.

Referensi

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *