Khasiat Daun Kenikir Untuk Pengobatan dan Kandungannya

Tak disangka, tanaman yang banyak kita temukan di ladang-ladang dan terkadang terkesan tumbuh liar ini memiliki khasiat atau sifat-sifat obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis termasuk kanker. Hal ini bukan bukan hoaks, karena banyak penelitian yang sudah meneliti tanaman yang memiliki nama ilmiah COSMOS CAUDATUS KUNTH  ini mengandung berbagai senyawa biokatif termasuk jenis antioksidan kuat yang kadarnya sangat tinggi yang sangat bermanafaat bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

Hal ini telah banyak dilaporkan kaya akan senyawa bioaktif seperti asam askorbat, quercetin, dan asam klorogenat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kenikir menunjukkan kapasitas antioksidan yang tinggi dan berbagai sifat obat, termasuk aktivitas anti-diabetes, anti-hipertensi, anti-inflamasi, efek perlindungan tulang, dan aktivitas anti-mikroba.

Kandungan nutrisi kenikir

Image : Flickr – Ahmad fuad Modar

Kenikir atau di Malaysia disebut ulam raja, merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Tengah, dan kini sudah menyebar ke Asia tenggara termasuk seluruh wilayah Indonesia. Tanaman dari marga Cosmos ini memiliki daun dengan ciri tangkai panjang dudukan daun berhadap-hadapan sehingga terbagi menyirip menjadi 2 -3 tangkai. Kenikir adalah tumbuhan perdu tahunan berbatang pipa dengan tinggi maksimal 1 meter dan bercabang banyak.

Penanaman Kenikir :

Kenikir adalah tanaman yang mudah sekali tumbuh di tanah yang basah, hal ini kenapa seringkali dijumpai akan tumbuh dimana mana ketika masuk musim hujan. Jika Anda memiliki lahan dipekarangan yang bisa di sirami setiap hari saat musim kemarau, kenikir bisa tumbuh dengan baik. Atau kalau lahan anda tidak bisa memperoleh air, maka menanamlah kenikir saat musim hujan. Tidak memerlukan perawatan khusus, kenikir akan tumbuh dengan baik hanya dengan pupuk kandang atau kompos dengan tanah yang gembur.

Kandungan Senyawa Nutrisi Daun Kenikir

Khasiat Daun Kenikir

Image : Flickr – Ahmad fuad Modar

Takaran 100g kenikir mengandung :

  • 2,9 g protein
  • 0,6 g karbohidrat,
  • 0,4 g lemak
  • 93,1 g air
  • 18 kkal energi
  • 64,6 mg vitamin C
  • 3568 mg β-karoten
  • 0,13 mg vitamin B1
  • 0,24 mg vitamin B2
  • 426 mg kalium
  • 270 mg kalsium
  • 37 mg fosfor
  • 50 mg magnesium
  • 4,6 mg zat besi
  • 0,9 g seng
  • 4,0 mg sodium,
  • 0,2 g tembaga

Penelitian menunjukkan bahwa 100 g tanaman kenikir segar mengandung sekitar 2500 mg asam askorbat atau memiliki kapasitas antioksidan(AEAC) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lokal dengan indeks AEAC yang kurang dari 300 mg.

Daun Kenikir juga mengandung antioksidan saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri. Dan akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil alkohol.

Khasiat Manfaat daun Kenikir

1. Obat Asam Lambung

Kenikir sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat sebagai bahan obat alami untuk mengatasi sakit asam lambung. Asam lambung adalah kondisi yang seringkali dianggap sebagai sakit maag, namun sebenarnya adalah kondisi dimana jumlah asam lambung lebih banyak dari yang dibutuhkan sehingga kembali ke kerongkongan yang menyebabkan reaksi mual, rasa pahit dimulut, dan sesak nafas. Asam lambung yang dibiarkan berlarut-larut bisa berkembang menjadi penyakit maag atau tukak lambung, lebih parah bisa menyebabkan sakit jantung dan infeksi paru-paru.

Namun jangan khawatir, jika Anda merasa memiliki ASAM LAMBUNG tinggi, kenikir adalah cara yang baik untuk mencegahnya berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. Hal ini karena kenikir mengandung tokoferol, flavonoid polifenol, dan hidroksieugenol. Cara menggunakannya mudah, anda bisa mengonsumsinya setelah direbus dan bisa ditambah sedikit garam agar rasanya lebih enak dimulut.

2. Anti Kanker

Hasil penleitian yang dipublikasikan di jurnal CCRCC UGM,  menyimpulkan bahwa Ekstrak metanolik daun kenikir mempunyai aktivitas yang mempercepat kematian sel T47D melalui mekanisme apoptosis, sehingga kenikir sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat anti-kanker dengan target aksi yang spesifik.

Kandungan senyawa antioksidan fenolik telah dikaitkan dengan penurunan termasuk penyakit kanker.

Untuk mengatasi Kanker, mengonsumsi kenikir harus sesering mungkin baik dimakan langsung atau minum air rebusannya.

3. Penyakit Diabetes

Kenikir telah terbukti memiliki aktivitas hipoglikemik, yaitu salah satu cara untuk menilai kontrol glikemik melalui glukosa postprandial. Hiperglikemia postprandial sangat terkait dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular pada pasien diabetes tipe 2.

Kenikir memiliki aktivitas alpha-glukosidase yang tinggi. sehingga berpotensi mengobati hiperglikemia postprandial in vitro.

4. Menurunkan Dekanan Darah

Daun kenikir sudah banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi khususnya Indonesia wilayah timur. Menurunkan tekanan darah dikaitkan dengan penurunan risiko kejadian kardiovaskular. Tekanan darah hanya bisa dikurangi dengan jalan mengurangi cardiac output atau total resistensi pembuluh darah perifer.

Volume Stroke dan denyut jantung adalah dua komponen yang tidak terpisahkan dari cardiac output. Jadi dengan mengurangi cardiac output, berarti tekanan darah ditekan.

Haisl penelitian medline menunjukkan bahwa kenikir memiliki potensi untuk mengurangi output jantung. Selain fungsi jantung,  kenikir juga menunjukkan sifat diuretik, yang membantu untuk mengurangi tekanan darah.

Pada intinya ini merupakan pendekatan yang efektif untuk mengobati hipertensi.

Baca juga : Top 10 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

5. Pencegahan penyakit Jantung

Peradangan atau inflamasi adalah salah satu faktor risiko yanng menyebabkan aterosklerosis atau pengerasan arteri penyebab utama jantung koroner Dilaporkan bahwa efek anti-inflamasi dari kenikir dapat membuatnya berpotensi digunakan sebagai agen anti-inflamasi alternatif. Hal ini akhirnya mencegah atau menghambat sakit jantung koroner.

Menguatkan Tulang dan Mengatasi Osteoporosis

Penelitian yang dilakukan medline terhadap model tikus yang diovariektomi untuk menguji osteoporosis pascamenopause. Keropos tulang pada model tikus menyerupai perubahan tulang pada wanita pascamenopause. Qvariektomi pada tikus menyebabkan hilangnya volume tulang, penurunan jumlah trabekular, dan peningkatan pemisahan trabekular pada tikus. Namun kelompok tikus diovariektomi yang diberikan 500 mg  ekstrak air kenikir selama 8 minggu, efek yang terlihat pada volume,  jumlah, dan parameter struktural tulang kembali ke tingkat normal.

Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut, kenikir diyakini menunjukkan efek melindungi tulang dan memicu pembentukan tulang.  Estrogen adalah hormon utama yang berperan mempertahankan massa tulang, sementara kekurangan estrogen adalah faktor pemicu utama  osteoporosis. Estrogen adalah senyawa fenolik yang memiliki sifat anti-oksidan untuk melindungi tubuh dari reactive oxygen species (ROS). Pasca menopause, kekurangan  estrogen akan menurunkan pertahanan anti-oksidan, yang menyebabkan ROS untuk merangsang osteoklas. Dari skenario ini menghasilkan resorpsi tulang dan kemudian menyebabkan hilangnya tulang. Radikal bebas sebagai yang terlibat dalam metabolisme tulang, dan kenikir yang memiliki sifat anti-oksidan tinggi memiliki efek positif pada kesehatan tulang.

Jadi wanita sejak paruh baya yang rentan osteoporosis bisa mengonsumsi kenikir untuk mencegah penyakit yang menurunkan kepadatan dan masa tulang ini. Bagi yang sudah osteoporosis, kenikir bisa memulihkannya kembali tulang seperti normal.

Cara mengonsumsinya gampang, bisa direbus lalu diminum airnya, atau di makan sebagai lalapan.

6. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Manfaat ini sudah jelas, karena penelitian telah menemukan bahwa kenikir sangat tinggi mengandung asam askobat yaitu Vitamin C yang memiliki sifat antioksidan. Hal ini juga termasuk vitamin E, dan senyawa protein yang bermanfaat membantu pembentukan fagosit pada sistem imun tubuh.

7. Membersihkan toksin dalam darah

Toksin adalah racun makanan, yang setiap hari masuk kedalam tubuh kita bersama makanan. Memang tubuh sudah memiliki mekanisme sendiri dalam membersihkan darah kita oleh organ ginjal. Namun jika jumlah toksin lebih banyak atau ginjal kita kurang sehat maka toksin akan menumpuk dalam aliran darah dan bisa menyebabkan lemah letih lesu dalam kondisi yang ringan, atau bisa lebih parah akan muncul sebagai bisul.

Nah, jika Anda suka makan kenikir maka ini akan sangat membantu ginjal Anda dalam membersihkan toksin dalam darah. Hal ini karena kenikir mengandung tinggi vitamin E dan flavonoid adalah antioksidan yang bisa menetralkan racun dalam darah.

8. Menambah Nafsu Makan

Kenikir bisa dikonsumsi oleh siapapun khususnya anak-anak yang ingin meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena kenikir memiliki kandungan antioksidan tinggi terutama kuersetein yang memiliki manfaat tersebut.

Cara mengonsumsinya seperti biasa, yaitu sebagai kulupan(jawa) atau direbus kemudian dimakan bersama sambal dan nasi. Bisa juga meminum air rebusannya.

9. Menghilangkan bau mulut

Kenikir ditemukan memiliki sifat anti jamur dan antimikroba. Dengan demikian bisa dimanfaatkan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut yang umumnya disebabkan oleh bakteri dalam mulut.

Cara menggunakannya cukup mudah, ambil daun kenikir yang masih segar lalu cuci bersih, kemudian kunyah-kunyah saja sampai lebut lalu di keluarkan lagi. Setelah selesai bersihkan mulut dengan berkumur.

10. Keamanan

  • Belum ada bukti yang menemukan bahwa kenikir memiliki toksisitas atau mengandung seyawa toksin/racun. Jadi intinya secara umum kenikir belum diketahui menyebabkan efek negatif tertentu atau sejauh ini aman-aman saja tak menunjukkan efek toksisitas pada tubuh. Namun demikian sebaiknya dikonsumsi dalam batas yang wajar/tidak berlebihan.
  • Hati-hati karena banyak tanaman yang menyerupai kenikir, yang mungkin masih dalam satu varietas atau marga. Varietas kenikir yang dimaksud disini adalah yang memiliki nama latin Cosmos caudatus Kunth, atau tampak seperti gambar diatas.

Demikian khasiat manfaat luar biasa dari daun kenikir untuk kesehatan. Jika Anda suka kenikir maka berbahagialah karena anda sudah mengambil diet yang tepat dan sehat bagi tubuh Anda.

Referensi :

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *