Efek Samping dan Manfaat Suplemen Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Minyak Ikan adalah Suplemen yang dibuat untuk menambah asupan Asam Lemak Omega 3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini karena Omega 3 harus didapatkan melalui makanan, dan suplemen minyak ikan menjadi jawaban bagi orang yang jarang atau tidak makan ikan. Sayangnya ada efek samping minyak ikan bagi kesehatan dalam keadaan tertentu yang wajib diwaspadai.

Advertisement

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Hardvard di AS, kekurangan Omega 3 adalah satu dari sepuluh penyebab kematian di negara AS.

Manfaat minyak ikan yang memasok omega 3 ini termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, stroke, mengurangi gejala depresi, ADHD, nyeri sendi, arthritis dan penyakit kulit kronis seperti eksim.  Asupan minyak ikan juga terkait penurunan berat badan, kesuburan, kehamilan, serta peningkatan energi. Minyak ikan juga menurunkan sehat kadar trigliserida yang tinggi hingga menjaga kesehatan otak.

Minyak ikan dibuat dari lemak ikan terutama ikan yang hidup di air dingin yaitu ikan berlemak. Sayangnya ikan berlemak ini kurang nyaman di makan karena baunya yang sangat amis sehingga banyak orang tak suka mengonsumsinya, Untuk itu orang membuat suplemen minyak ikan yang bertujuan supaya orang yang anti makan ikan laut masih dapat memperoleh asupan omega 3.

Minyak ikan mengandung 2  unsur  yang sangat penting dari omega-3 yaitu DHA EPA. DHA dan EPA terutama sumber yang berasal dari ikan. Beberapa jenis ikan berlemak sumber terbaik omega 3 adalah ikan salmon, ikan tengiri, sarden, ikan putih dan ikan tuna.

Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan:

Efek samping dan manfaat minyak ikan

Gambar: pixabay

1. Mencegah Hiperaktif/ADHD dan Masalah terkait Mental

Banyak ahli kesehatan percaya bahwa tingkat omega-3 yang optimal berperan mencegah gejala ADHD dan masalah-masalah kesehatan mental lainnya selama umur hidup seseorang.

Studi menemukan bahwa meningkatkan asupan omega-3, khususnya DHA dapat meningkatkan kemampuan baca dan perilaku yang positif pada anak-anak dengan ADHD. Minyak ikan diyakini bekerja yang berdampak pada fungsi otak, ini masuk akal karena 60 persen dari otak terdiri dari lemak.

2. Mencegah Penyakit Kognitif Alzheimer diusia Tua

Alzheimer adalah penyakit penurunan kognitif yang umumnya terjadi pada manula, yang banyak dibilang sebagai penyakit pikun. Kaitan omega 3 dengan penyakit ini  telah dipelajari dengan hasil yang konsisten. Asam lemak esensial sangat penting untuk fungsi otak,  yang terkandung dalam minyak ikan. Hal ini tidak hanya dapat memperlambat penurunan kognitif, tetapi dapat membantu mencegah atrofi otak pada orang dewasa tua. Studi yang diterbitkan dalam jurnal FASEB mengkonfirmasi potensi minyak ikan yang bisa digunakan untuk menangkal timbulnya penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

3. Mencegah Kecemasan

Studi yang di terbitkan jurnal The European Journal of Neuroscience tahun 2013 menunjukkan bahwa minyak ikan mengubah kecemasan perubahan perilaku dan depresi pada tikus. Hal ini kenapa di sarankan memberikan minyak ikan sejak dini pada anak-anak untuk membantu supaya tidak mengembangkan kecemasan atau depresi di kemudian hari.

4. Mencegah Kanker dan membantu pengobatannya

Studi sudah menemukan bahwa minyak ikan bisa membantu mencegah dan mematikan sel dari berbagai jenis kanker termasuk kanker usus, kanker prostat dan kanker pay*dara. Peneltian tidak hanya membuktikan bahwa minyak ikan bisa membuat obat kanker lebih efektif, tetapi juga bisa menjadi pengobatan mandiri yang efektif untuk kanker.

Sebuah kajian ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2013 mengulas tentang asam lemak omega-3 dan pencegahan kanker prostat. Para peneliti menyimpulkan bahwa ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa omega 3 memiliki efek antiproliferatif , yaitu  yang artinya menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kajian ilmiah lain pada tahun 2014 yang mengevaluasi sebuah temuan studi tentang asupan omega-3 dalam kaitannya dengan pencegahan dan pengobatan kanker pay*dara, menemukan bahwa EPA, DHA, serta ALA dapat menghambat perkembangan tumor pay*dara.

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Menurut Kardiovaskular Research Institute di Maastricht di Belanda, Sebuah studi epidemiologis menunjukkan bahwa mengganti asupan lemak dengan karbohidrat mungkin lebih buruk, karena berbagai asam lemak tak jenuh ganda memiliki efek yang menguntungkan daripada yang merugikan pada  penyakit kardiovaskular. Asam lemak dari minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mencegah dan membalikkan kebanyakan penyakit kardiovaskular.

6. Mencegah Depresi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience yang mengevaluasi efek dari suplementasi minyak ikan pada konsentrasi metabolit prefrontal pada remaja dengan gangguan depresi mayor, menemukan bahwa ada penurunan 40% gejala gangguan depresi selain pemulihan yang ditandai dalam asam amino dan konten nutrisi di otak.

7. Mencegah Diabetes

Satu studi yang diterbitkan di Majalah Brain, penliti menunjukkan seberapa jauh jangkauannya minyak ikan untuk penyakit diabetes. Penelitian menemukan bahwa minyak ikan dapat membantu mengurangi risiko diabetes mengembangkan defisit kognitif karena melindungi sel-sel hippocampus dari kerusakan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang berperan  dalam pengembangan komplikasi diabetes baik mikrovaskuler dan kardiovaskular..

8. Mencegah Masalah Mata

Minyak ikan telah terbukti memulihkan gangguan mata yang terkait dengan usia. Hal ini karena pada bulan Maret tahun 2014, para peneliti Prancis yang meneliti 290 pasien degenerasi makula, dan menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi minyak ikan dan asupan seafood secara signifikan lebih rendah menderita gangguan ini. Mungkin hal ini karena minyak ikan mengtandung EPA dan DHA.

Asupanlemak tak jenuh ganda seperti yang ditemukan dalam ikan juga telah dikaitkan dengan menurunnya tingkat kortikal katarak .

9. Meningkatkan kebaikan Kulit dan Rambut

Manfaat kesehatan minyak ikan terbesar lainnya adalah untuk kulit. Asam lemak esensial meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit dengan beberapa cara. Minyak ikan berkontribusi terhadap jenis vitamin yang larut dalam lemak yang membantu mempertahankan kehalusan, dan tekstur yang elastis kulit. Ada juga bukti bahwa minyak ikan mencegah keriput yaitu bekerja melawan proses penuaan.

Kekurangan EPA dan DHA juga mempengaruhi kondisi kulit, seperti ketombe pada kulit kepala dan rambut rontok, eksim, psoriasis, serta flek hitam terkait usia. Kesehatan internal tubuh akan tercerminkan pada kulit Anda, dan minum minyak ikan sebagai suplemen mungkin lebih baik daripada menggunakan sebagai pelembab topikal.

10. Meningkatkan Kesuburan bagi pria/wanita dan Kehamilan

Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan khususnya asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. DHA, yang terdapat dalam asam lemak omega-3, berperan penting dalam mobilitas dan kesehatan sp*rma pada pria. DHA rendah pada pria telah dikaitkan dengan menurunnya kesuburan.

Minyak ikan juga terbukti meningkatkan kesuburan pada wanita, karena bersifat mengurangi peradangan, menyeimbangkan hormon dan mengatur periode menstruasi. Minyak ikan telah diketahui efektif mengobati kondisi seperti sindrom ovarium polikistik serta endometriosis yang bisa menyebabkan infertilitas.

11. Manfaat untuk Kehamilan

Minyak ikan juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan bayinya. Selama kehamilan dan hingga saat menyusui, kebtuhan omega-3 pada wanita bahkan lebih tinggi dari biasanya. Menurut APA di Amerika, sebagian besar wanita AS kekurangan EPA dan DHA terutama saat akan hamil dan nyaris habis selama kehamilan. Omega 3 DHA adalah pembangun penting otak pada janin, mata dan sistem saraf. Bahkan setelah bayi dilahirkan, omega 3 masih terus menjadi bagian yang penting untuk perkembangan otak  dan fungsi kekebalan tubuh bayi.

Asam lemak omega 3 juga sepertinya mengurangi kemungkinan kelahiran prematur. EPA dan DHA asupan dapat membantu mendukung persalinan yang normal. EPA/DHA ini juga membantu menormalkan suasana hati dan kesehatan secara keseluruhan pada ibu setelah melahirkan.

12. Manajemen Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa gabungan suplemen minyak ikan dan olahraga yang teratur dapat mengurangi lemak tubuh sekaligus meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme. Kelompok yang diberi suplemen minyak ikan memiliki penurunan trigliserida, meningkatkan kolesterol HDL, dan meningkatkan aliran darah. Jadi minyak ikan bersama dengan gaya hidup sehat, secara keseluruhan menurunkan lemak tubuh serta risiko penyakit kardiovaskular.

Efek Samping Konsumsi Minyak Ikan

Jika tidak suka makan ikan atau sedikit mendapat asupan asam lemak omega 3 dari makanan, suplemen minyak ikan bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Efek samping minyak ikan mungkin bisa membuat bersendawa, nafas & mulut bau amis, perut mulas, rasa mual, diare, ruam hingga mimisan. Namun minyak ikan yang berkualitas tinggi biasanya lebih sedikit kemungkinan efek samping ini. Bisa juga konsumsi minyak ikan bersama makanan lain untuk mengurangi efek samping diatas.
  • Dosis yang banyak 3 gram keatas bisa meningkatkan risiko perdarahan. Untuk itu apabila Anda ingin mengambil dosis yang lebih tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jika  memiliki gangguan perdarahan atau mengambil obat pengencer darah(misalnya obat sakit jantung ), maka Anda harus menggunakan suplemen minyak ikan dengan sangat hati-hati karena dosis omega 3 yang tinggi dapat meningkatkan resiko pendarahan.
  • Sebelum mengambil minyak ikan sangat baik apabila seijin dokter Anda, terutama jika Anda sedang minum obat atau ada masalah kesehatan tertentu seperti diabetes. Orang yang memiliki diabetes tipe 2 dapat mengalami peningkatan kadar gula darah saat mengambil suplemen minyak ikan.
  • Hal ini juga apabila anda memiliki alergi terhadap seafood, maka minyak ikan harus diwaspadai dan perlu meminta petunjuk dari dokter.
  • Mungkin minyak ikan yang beredar saat ini bisa saja mengandung kadar merkuri dan pestisida serta  minyak terhidrogenasi, dimana hal ini bisa menyebabkan keracunan logam berat terutama yang tidak boleh untuk wanita hamil dan menyusui. Untuk itu haruslah bisa memilih mana produk suplemen minyak ikan yang tidak mengandung kontaminan tersebut.

Demikian tentang minyak ikan, manfaat kesehatan serta kemungkinan efek samping yang bisa timbul. Hal-hal yang bermanfaat bisa saja memiliki sisi yang berlawanan, namun penggunaan yang bijak dan seimbang biasanya selalu membawa kebaikan terutama dalam hal ini soal kesehatan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *