Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Jika Baby kesayangan Anda sedang Cegukan jangan dibiarkan, terutama ketika sudah mengganggu rutinitas bayi. Cegukan merupakan hal yang sangat biasa dialami disegala usia mulai dari bayi ; Bahkan sejak bayi dalam rahim pun sudah mengalami cegukan. Tak perlu khawatir, cegukan adalah kondisi yang tidak membahayakan bagi kesehatan. Bagi orang dewasa, cegukan bisa diatasi hanya dengan minum air hangat atau menahan nafas dalam beberapa detik saja. Lalu bagaimana jika cegukan ini terjadi pada bayi? bagaimana cara mudah untuk mengatasinya yang dapat dilakukan oleh sang ibu?

Advertisement

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Perlu diketahui bahwa cegukan tidak ada kaitannya dengan pernapasan. Hal ini disebabkan oleh kontraksi yang secara tiba-tiba pada diafragma yang dapat dipicu oleh iritasi atau stimulasi otot. Beberapa ahli kesehatan anak berpendapat bahwa cegukan bayi biasanya disebabkan oleh makanan, ASI, susu formula,  atau makanan lainnya. Penurunan suhu bisa menyebabkan bayi kedinginan dan mengalami cegukan.

Baca juga : Manfaat LUARBIASA Menyusui ASI eksklusif bagi Ibu dan Bayi

Cegukan pada bayi umumnya dianggap tidak berbahaya kecuali berdampak mengganggu terhadap makan dan tidur bayi. Bayi yang memiliki penyakit gastroesophageal reflux mungkin cenderung lebih sering cegukan, yang biasanya disertai dengan muntah, batuk,  dan mudah ngambek. Perilaku tersebut harus dikatakan pada dokter ketika cegukan sering terjadi dan tak terkendali terutama setelah usia 1 tahun. Meskipun cegukan pada bayi jarang menjadi pertanda kondisi medis yang lebih serius, tapi tidak ada salahnya untuk berhati-hati.

Inilah Beberapa Cara Mudah dalam Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika bayi sedang tidur. Tapi jika Anda ingin mengatasinya segera berikut cara yang bisa dilakukan :

Jangan menepuk punggung bayi

Cara lama mengatasi cegukan pada bayi  dengan menepu-nepuk punggung bayi jangan lagi pernah dilakukan. Tapi gosoklah dengan lembut, berikan seteguk air suam kuku atau memberikan sesuatu yang bisa dihisap oleh bayi.  Mengubah posisi bayi dan atau mencoba membuatnya bersendawa atau bersantai bisa membantu.

Merubah Posisi Bayi

Ketika bayi cegukan saat sedang menghisap susu, maka cara mengatasinya adalah cuma mengubah posisi bayi saat menyusu dan terus susui sampai cegukannya hilang.

Baca juga:  Top 10 Makanan yang Bagus untuk menunjang pertumbuhan Anak

Cek Posisi Bayi

Perhatikan saat Anda sedang menyusuinya apakah bayi dalam kondisi yang tenang atau terlihat begitu semangat yang bisa mengakibatkan udara masuk ke diafragma saat ia menyusui.
Posisi menyusui yang benar adalah put*ng susu dan areola posisinya tepat berada dalam mulut bayi, dan tubuh bayi harus lurus dengan tangan sang ibu, lalu posisi perut bayi sejajar dengan perut ibu.

Cek Botol Susu

Apabila bayi Anda minum susu melalui botol, maka perhatikan apakah botol susunya memiliki regulator dan lubang. Pilihlah botol susu yang memiliki lubang dot lebih kecil agar bayi nisa mengatur nafasnya saat sedang menyedot susu sehingga ia tidak mengalami cegukan.

Baca juga : Makanan yang sudah bisa diberikan untuk Bayi Umur 6,8,9,12 bulan

Berikan makanan sedikit demi sedikit dan perlahan

Jika bayi Anda sudah diberikan makanan pendamping ASI, makan berikanlah makanan dalam jumlah yang sedikit dan diberikan secara perlahan. Usahakan bayi dalam keadaan tenang, atau tidak terganggu oleh hal-hal dari luar misalnya suara berisik atau yang lainny.

Baca juga : Manfaat Penting Buah Alpukat untuk Bayi usia 6 bulan
Demikian beberapa cara yang bisa Ibu dipraktekkan untuk mengatasi cegukan pada bayi. Meskipun cegukan umumnya normal dialami oleh bayi serta tidak mengganggu kesehatan bayi, namun jika cegukan terlalu sering terjadi sehingga mengganggu kehrausan bayi seperti mendapat asupan makanan dan tidur yang cukup, sebaiknya berkonsultas kepada dokter ahli anak.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *