Top 10 Makanan Sehat Yang Bermanfaat Membersihkan Pembuluh Darah Arteri

Darah kita yang mengandung akan nutrisi dan oksigen diedarkan ke seluruh jaringan tubuh dari jantung melalui pembuluh darah yang disebut Pembuluh Darah Arteri .Arteri yang paling besar disebut aorta, yang memiliki jaringan pembuluh kecil-kecil yang disebut sebagai arteriol dan kapiler yang menjangkau seluruh tubuh. Arteri adalah otot berbentuk pipa tabung otot yang terdiri dari tiga lapisan yaitu :

Advertisement
  1. Lapisan dalam atau intima
  2. Lapisan otot yang menahan tekanan tinggi dari jantung atau disebut Media
  3. Jaringan ikat yang menghubungkan arteri ke jaringan di sekitarnya disebut Adventitia

Pembuluh Darah Arteri yang sehat memiliki lapisan pada dinding arteri bagian dalam yang halus serta aliran darah bisa mengalir dengan mudah dan lancar. Tapi pada saat plak mulai menumpuk di intima, maka akan menyumbat arteri dan menghambat aliran darah. Plak yang menumpuk pada dinding arteri ini terbentuk dari zat berbagai macam zat yang beredar beserta darah, seperti lemak, kolesterol, kalsium, limbah metabolisme, dan fibrin.

Orang yang mempunyai jumlah kolesterol LDL(kolesterol jahat) yang tinggi sementara HDL(kolesterol baik) yang rendah, berisiko lebih tinggi memiliki arteri yang tersumbat. Faktor-faktor risiko lainnya termasuk memiliki hipertensi/ tekanan darah tinggi, diabetes dan merok*k.

Pembuluh darah Arteri yang tersumbat bisa menyebabkan berbagai problem kesehatan bermacam-macam seperti penyakit arteri, jantung koroner, dan stroke.

Jadi pada intinya menjaga kesehatan pembuluh arteri agar tidak terjadi penyumbatan adalah sangat penting. Anda bisa melakukan pencegahannya dengan menjalani gaya hidup yang sehat yang mencakup kebiasaan sehat dan makanan sehat. Ada banyak makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga pembuluh arteri tetap  bersih, lentur dan tidak tersumbat yang akhirnya meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit akibat arteri seperti jantung koroner dan stroke.
Makanan yang bermanfaat membersihkan pembuluh darah arteri

Image :pixabay

Berikut Top 10 Makanan Sehat yang bermanfaat menjaga dan membersihkan pembuluh darah arteri dari plak yang berpotensi menyumbatnya

1. Bawang putih

Makan bawang putih secara rutin adalah cara pertama yang paling mudah untuk membersihkan pembuluh arteri Anda secara alami. Menurut sebuah penelitian yang sudah dilakukan Center for Cardiovascular Pharmacology di Jerman, para peneliti menemukan bahwa asupan bawang putih secara teratur bisa membantu mencegah aterosklerosis atau pengerasan/kekakuan pembuluh aorta.

Bawang putih bisa meningkatkan kesehatan arteri karena mengurangi kadar kolesterol buruk atau LDL dalam darah kita. Studi ini juga menyimpulkan bahwa bawang putih bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular seiring bertambahnya usia seseorang.

Cara mengasup bawang putih adalah memakannya 1 –  4 siung bawang putih mentah setiap hari. Memang rasa bawang putih segar sangat tidak nyaman dimulut, tapi Anda bisa juga mencoba alternatif lain yaitu minum suplemen bawang putih. Namun ketika berbicara suplemen, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat rekomendasi terbaik mengenai suplemen makanan.

2. Ikan Salmon

Salmon termasuk makanan super yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruahn. Salmon juga sehat untuk jantung dan berperan penting dalam menjaga arteri dari penumpukan plak. Salmon dikenal kaya akan jenis asam lemak omega-3 yaitu Docosa Hexaenoic Acid (DHA) dan Eicosa Pentaenoic Acid (EPA) yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah, mengurangi kadar trigliserida, mengurangi peradangan pembuluh darah,  dan menurunkan pembentukan bekuan darah di arteri.

Umumnya suplemen penurun kolesterol yang banyak beredar terdiri dari omega 3, dan ketika makan salmon maka anda mendapatkan asam lemak ini secara langsung dari sumber alaminya. Makan salmon 2-3 porsi (3 ons/porsi) selama seminggu akan bermanfaat bagi kesehatan arteri Anda.

Baca juga : Makanan Sumber Lemak Sehat dan Lemak Tidak Sehat

3. Buah Delima

Buah delima memang sudah diakui sebagai superfood didunia barat, yang salah satu manfaatnya adalah bisa membantu membersihkan arteri Anda. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences tahun 2005, para ilmuwan meyakini bahwa buah delima mengandung antioksidan tinggi yang merangsang produksi oksida nitrat, yang nanti pada akhirnya secara tak langsung membantu menjaga aliran darah dan membuka sumbatan arteri. Buah delima juga bisa mengurangi tingkat plak yang menumpuk di dinding dalam arteri.

Dengan catatan buah delima mungkin bisa bereaksi dengan obat-obatan tertentu, jadi sebaiknya minta saran dokter sebelum minum jus buah delima.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun khususnya jenis extra virgin olive oil baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena olive oil kaya akan antioksidan polifenol, serta mengandung lemak tak jenuh tunggal. Kerjasama yang baik antara zat antioksidan dan jenis lemak sehat membantu mengurangi kadar LDL serta meningkatkan HDL sehingga pada akhirnya membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

Minyak zaitun extra virgin bisa Anda gunakan untuk memasak dan membuat salad sehat. Minyak zaitun juga bisa dipakai sebagai pengganti mentega dalam membuat berbagai makanan.

5. Buah Alpukat

Alpukat bermanfaat membantu mengurangi kolesterol LDL. Kadar kolesterol buruk/LDL yang berlebihan menyebabkan penumpukan plak didinding arteri. Sekaligus alpukat juga bisa meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

Manfaat terkait alpukat lainnya ialah mengandung vitamin E, dimana yang mencegah oksidasi kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah.

6. Buah Semangka

Buah lain selain alpukat dan buah delima, buah lain yang yang bagus untuk menjaga kesehatan arteri adalah buah semangka. Sebuah studiyang dilakukan peneliti Universitas Kentucky 2011 menemukan bahwa semangka membantu mengurangi tingkat aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri pada hewan dilaboratorium.

Semangka juga mengandung asam amino L-citrulline, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa memperlebar pembuluh darah dengan cara merangsang produksi oksida nitrat.

Manfaat terkait lain dari buah semangka adalah membantu memodifikasi lemak darah dan menurunkan penumpukan lemak di perut – yang akhirnya mengurangi risiko terkait penumpukan plak arteri dan penyakit jantung koroner.

7. Kacang Almond

Almond sangat bagus bagi kesehatan jantung ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal American Heart Association 2002 menemukan bahwa almond dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 15%.

Almond mengandung kandungan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dimana yang diketahui membantu mengurangi kadar kolesterol jahat/LDL dan meningkatkan tingkat kolesterol baik/HDL. Dengan demikian almond berpotensi mengurangi risiko penumpukan plak di arteri. Almond juga mengandung magnesium yang bisa mencegah pembentukan plak dan menjaga tekanan darah yang sehat.

Yayasan kesehatan jantung Amerika, The American Heart Association menyarankan asupan 3 sampai 5 porsi kacang almond setiap minggu. Satu porsi kira-kira sama dengan segenggam kacang almond. Almond yang direndam atau panggang adalah yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan .

8. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sudah diakui sebagai superfood ini juga kaya akan zat yang disebut sulforaphane, yang bisa membantu tubuh menggunakan protein untuk mencegah pembentukan plak di arteri. Menurut para peneliti di Imperial College London menjelaskan bahwa konsumsi setidaknya 1 cangkir brokoli setiap hari bisa mencegah penyumbatan arteri.

Brokolo tinggi akan kandungan vitamin K , sehingga bisa mencegah kalsium merusak arteri. Selain itu, brokoli juga kaya serat, dimana serat bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Brokoli bisa Anda konsumsi 2 sampai 3 porsi setiap minggu. 1 porsi brokoli adalah setengah cangkir brokoli mentah. Brokoli yang dikukus akan membawa manfaat untuk jantung yang sehat.

9. Asparagus

Asparagus adalah jenis sayuran hijau lain selain brokoli yang sehat dan bermanfaat membersihkan arteri. Hal ini karena asparagus membantu meningkatkan produksi glutathione dalam tubuh Anda, adalah zat antioksidan yang membantu mengatasi peradangan dan mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan arteri tersumbat. Kandungan terkait asparagus lainnya adalah asam alfalinoleat dan asam folat, yang keduanya bermanfaat mencegah aterosklerosis/pengerasan arteri – faktor utama penyakit jantung koroner.

Cara konsumsi asparagus yang sehat yaitu dengan dengan mengukus, memanggang, , atau merebus. Anda juga memasukkan asparagus kedalam salad atau sup.

10. Kunyit

Kunyit adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga bermanfaat membantu menjaga arteri terbebas dari penyumbatan. Zat antioksidan dalam kunyit disebut kurkumin, yang bisa menurunkan peradangan yang merupakan penyebab utama aterosklerosis atau pengerasan arteri.

Menurut satu studi yang dilakukan oleh para peneliti Perancis tahun 2006,  kurkumin dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di arteri hampir 26 persen.

Kunyit juga mengandung vitamin B6, dimana merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kadar optimal homosistein, – homosistein yang berlebihan menyebabkan penumpukan plak bahkan kerusakan pembuluh darah. Manfaat terkait kunyit lainnya yaitu membantu mengurangi oksidasi kolesterol dan LDL.

Untuk bisa memperoleh manfaat menjaga arteri sehat dan berfungsi dengan baik, Anda bisa minum segelas teh kunyit hangat setiap hari.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *