5 Vitamin ini efektif untuk Mencegah Rambut Beruban

vitamin mencegah rambut berubanRambut yang perlahan berubah memutih secara umum berjalan seiring usia, namun mulai usia berapa dan seberapa cepat bisa bervariasi untuk tiap orang. Ada yang rambutnya mulai memutih ketika sudah menginjak 40 tahun, bahkan lebih tua; sementara itu banyak juga orang yang rambutnya telah berubah menjadi abu-abu, padahal masih berusia dibahwah 30 tahun. Selain karena faktor genetik dan usia, pemutihan rambut dapat terjadi akibat faktor nutrisi, kesehatan, dan gaya hidup.

Advertisement

Rambut yang berubah abu-abu mulai berkembang akibat berkurangnya zat melanin, yang dapat menurun karena perjalanan usia. Penting untuk diketahui bahwa ada beberapa vitamin yang dapat membantu mencegah rambut dari beruban.

Berikut di bawah ini vitamin yang efektif untuk mencegah rambut beruban:

Penting; sebelum menggunakan suplemen vitamin dalam rangka mencegah rambut abu-abu , dianjurkan untuk minta saran kepada dokter Anda karena kondisi dan kebutuhan tiap orang berbeda

Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah serta fungsi optimal sistem saraf pusat . Vitamin ini bisa didapatkan dari beberapa makanan, namun itu hanya dapat diserap oleh tubuh dari proses pencernaan.

Beberapa masalah kesehatan,  penyakit yang mengganggu pencernaan, dan penuaan adalah masalah umum yang mencegah penyerapan nutrisi penting ini.

Rambut beruban menurut pengamatan para ahli kesehatan adalah gejala umum yang terkait dengan kekurangan vitamin B12 ini. Jika Anda seorang vegetarian, maka disarankan untuk mencoba suplemen multivitamin agar tubuh cukup memperoleh asupan vitamin B12. Vitamin ini sebagian besar ditemukan dalam makanan hewani seperti telur, ayam, daging dan ikan.

Folat atau vitamin B9

Folat atau vitamin B9 adalah jenis vitamin yang larut dalam air yang juga membantu dalam mencegah rambut beruban. Folat dengan vitamin B12 dan C secara bersama membantu memanfaatkan protein dalam tubuh. Asam folat juga dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel darah merah dan asam deoksiribonukleat.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa uban bisa cepat berkembang sebagai akibat dari kekurangan vitamin ini; Oleh karena itu  penting untuk mengambil Folat untuk mencegah rambut beruban.

Baca juga:  Efek bagi tubuh jika Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A

Vitamin B5

Vitamin B5 adalah vitamin yang dianggap cukup efektif dalam mencegah rambut beruban . Vitamin ini  dapat ditemukan di dalam beberapa makanan seperti kacang-kacangan, susu, gandum, telur dan sayuran. Anda juga dapat mengambil suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin B5.

Menurut sebuah studi penelitian yang dilakukan pada tikus, bahwa kekurangan vitamin B5 menyebabkan uban, yang membuat para peneliti yakin bahwa kekurangan vitamin B5 memiliki efek yang sama pada manusia. Sebelum mengambil suplemen vitamin B5 untuk mencegah rambut ubanan, mintalah saran dari dokter Anda untuk dosis yang sesuai dengan Anda.

Vitamin C dan Vitamin E

Vitamin C dan vitamin E adalah jenis vitamin yang juga membantu mencegah rambut beruban . Hal ini karena kedua vitamin ini memiliki sifat antioksidan, yang berguna untuk menghentikan aktivitas radikal bebas. Radikal bebas bertanggung jawab sebagai penyebab kerusakan di dalam tubuh, termasuk mempercepat proses penuaan.

Dengan demikian, mengkonsumsi kedua jenis vitamin antioksidan ini dapat membantu dalam memperlambat proses penuaan. Anda harus mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan termasuk buah kiwi, buah jeruk, buah pisang, mangga, kubis, dan bunga kol untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan E.

Hindari mengkonsumsi alk*hol karena dapat menghilangkan manfaat vitamin-vitamin ini dan mencegah penyerapannya oleh tubuh. Anda juga perlu memasak makanan dengan cara yang benar, agar kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya tidak rusak atau hilang.

Demikian 5 jenis vitamin yang perlu Anda dapatkan cukup setiap hari untuk memperlambat atau mencegah perubahan warna rambut atau beruban.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *