Vitamin dan Nutrisi penting untuk Ibu Hamil

vitamin untuk ibu hamilMakanan sehat selama kehamilan yaitu mulai trimester awal termasuk usia kandungan 8 minggu, trimester 2 termasuk usia kandungan 5 bulan, dan trimester 3 termasuk 8 bulan kandungan – adalah berbagai jenis makanan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, dan ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang sangat penting. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral adalah dari makanan yang Anda makan sehari-hari, namun ketika Anda sedang hamil, maka Anda mungkin akan perlu untuk mengambil beberapa suplemen juga.

Advertisement

Jangan mengambil suplemen vitamin A, atau multivitamin yang mengandung vitamin A, karena jika terlalu banyak justru dapat membahayakan bayi Anda.

Anda bisa mendapatkan sendiri suplemen-suplemen vitamin ini dari apotek, atau dokter Anda mungkin bisa meresepkannya untuk Anda. Jika Anda ingin mendapatkan asam folat atau vitamin D dari tablet multivitamin, namun pastikan bahwa tablet multivitamin tersebut tidak mengandung vitamin A atau istilah lainnya retinol.

Berikut beberapa Vitamin dan nutrisi yang sangat penting untuk Ibu Hamil di setiap trimester

Zat besi

Kehamilan adalah salah satu konsisi yang dapat menguras persediaan zat besi seorang ibu. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan zat besi dengan asupan yang tepat untuk membantu membangun dan menjaga persediaannya. Kekurangtan zat besi pada awal kehamilan telah dikaitkan dengan kelahiran prematur dan berat lahir bayi yang rendah.

Kebutuhan rata-rata untuk besi untuk ibu hamil adalah 22mgper hari,  tetapi pada beberapa wanita mungkin butuh lebih yaitu 27mg  perhari hari atau lebih. Mengkonsumsi produk hewani dan makanan berbasis nabati dapat membantu Anda untuk memperoleh kecukupan asupan zat besi. Penyerapan zat besi dari makanan hewani oleh tubuh lebih baik jika dibandingkan dengan sumber nabati, namun asupan makanan dianjurkan berdasarkan diet di suatu wilayah.

Daging merah adalah sumber zat besi terbaik plus sumber protein dan seng yang baik. Jenis daging lainnya seperti ayam dan ikan juga mengandung zat besi tetapi tidak sebanyak daging merah. Zat besi juga dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang-kacangan dan sereal sarapan yang diperkaya.

Menambahkan makanan lain yang kaya vitamin C seperti tomat, jeruk, brokoli atau parika  akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Namun sebaliknya, minuman seperti teh, atau kopi dapat menghambat penyerapan zat besi.

Beberapa wanita bisa mengambil suplemen zat besi jika kekurangan zat besi, tetapi yang terbaik adalah mengambil suplemen sesuai dengan saran dokter – karena suplemen bisa menyebabkan gejala seperti sembelit dan bisa berbahaya jika berlebihan.

Folat

Folat adalah salah satu dari kelompok vitamin B yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Kebutuhan folat akan meningkat bagi wanita selama kehamilannya untuk pertumbuhan janin yang normal. Asupan folat yang cukup akan membantu mencegah cacat lahir pada bayi, yaitu kondisi seperti spina bifida. Baca juga Top Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi, dan  Folic Acid adalah Folat dalam bentuk suplemen, yang mungkin diperlukan selama kehamilan Anda.

Yodium

Yodium merupakan mineral penting yang dapat kita dapatkan dari makanan yang kita makan. Janin yang masih dalam kandungan, bayi dan anak-anak adalah golongan yang berisiko paling besar dari diet yang kekurangan yodium. Yodium dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat kecil tapi  penting untuk tubuh manusia. Yodium sangat penting untuk memproduksi hormon tiroid, yang mengatur suhu tubuh, tingkat metabolisme, reproduksi, pertumbuhan, produksi sel darah dan saraf dan fungsi otot. Hormon tiroid diproduksi di kelenjar tiroid, yang berada di leher.

Kekurangan yodium ringan sampai sedang dapat mengakibatkan kesulitan belajar dan mempengaruhi perkembangan keterampilan motorik dan pendengaran.

Seafood merupakan sumber yodium, dan makanan lain seperti susu dan sayuran juga namun tergantung pada seberapa banyak jumlah yodium dalam tanah tempat menanam.

Baca juga:  Penyebab dan Cara untuk Mengandung Bayi Kembar

Asupan yodium yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 220μg / hari. Diskusikan tentang kebutuhan suplemen yodium Anda dengan dokter.

Seng

Seng atau Zinc merupakan senyawa dari berbagai enzim yang membantu menjaga integritas struktural protein dan membantu mengatur ekspresi gen, sehingga cukup dan sangat penting untuk percepatan pertumbuhan sel yang terjadi selama kehamilan. Kebutuhan seng selama kehamilan rata-rata adalah 9mg perhari tetapi pada beberapa wanita membutuhkan sebanyak  lebih banyak. Zinc bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, sereal gandum, susu, seafood, dan kacang-kacangan.

Vitamin D

Kita membutuhkan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan untuk memberikan kecukupan vitamin D kepada bayi selama beberapa bulan pertama dalam hidupnya.  Vitamin D bertugas mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, dan ini diperlukan untuk membantu menjaga tulang dan gigi yang sehat. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang lunak pada anak-anak dan dapat menyebabkan rakhitis (penyakit yang mempengaruhi pertumbuhan tulang pada anak-anak).

Hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan yang berminyak, margarin yang diperkaya, dan beberapa sereal yang diperkaya. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari yang mengeksposur langsung pada kulit Anda. Jumlah waktu yang di butuhkan di bawah sinar matahari untuk membuat vitamin D yang cukup. Konsultasikan dengan bidan atau dokter jika Anda khawatir tentang hal ini.

Vitamin C

Kebutuhan vitamin C juga meningkat selama kehamilan karena volum darah pada ibu dan pertumbuhan bayi yang belum lahir lebih besar. Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen yang sangat penting dalam pembuluh darah.

Kebutuhan rata-rata untuk vitamin C selama kehamilan adalah sekitar 40mg per hari,  tetapi karena tiap individu berbeda, maka beberapa wanita mungkin memerlukan lebih banyak sekitar  60mg per hari atau lebih. Makanan sumber vitamin C yang baik termasuk buah-buahan seperti jeruk, buah kiwi, pepaya, dan sayuran seperti paprika, brokoli, tomat, dll.

Kalsium

Kalsium sangat penting dibutuhkan untuk membuat tulang dan gigi pada bayi Anda. Produk susu dan ikan yang dapat dimakan dengan tulangnya seperti sarden kaya akan kalsium. Sereal sarapan, buah kering seperti buah ara dan aprikot – roti, almond, tahu dan sayuran berdaun hijau – seperti selada air, brokoli dan kale keriting – semua merupakan sumber kalsium.

Serat dan Cairan

Beberapa wanita mengalami sembelit terutama selama trimester akhir kehamilan. Asupan serat yang tinggi yang dikombinasikan dengan banyak cairan membantu mencegah hal ini.

Makanan serat tinggi termasuk gandum roti dan produk sereal, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan.

Suplemen multivitamin

Terlepas dari suplemen folat yang direkomendasikan, yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi dari diet kehamilan yang sehat. Multivitamin yang tidak dikhususkan untuk kehamilan harus diambil dengan berhati-hati karena ada efek berbahaya yang terkait dengan dosis berlebihan dari beberapa nutrisi seperti Vitamin A, D, dan B6.

Untuk Ibu Vegetarian, vegan dan diet khusus

Diet vegetarian harus bervariasi dan seimbang untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Namun, Anda mungkin merasa sulit untuk mendapatkan cukup zat besi dan vitamin B12. Konsultasikan dengan bidan atau dokter tentang bagaimana cara untuk memastikan mendapatkan kecukupan semua nutrisi penting.

Jika Anda penganut vegetarian – misalnya menghindari semua produk hewani, atau Anda mengikuti jenis pembatasan diet lain, seperti diet bebas gluten karena intoleransi makanan ,  atau untuk alasan lain, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Atau minta rujukan ke ahli gizi untuk memperoleh saran tentang bagaimana cara untuk memastikan mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk Anda dan bayi Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *