Top 10 Makanan yang Bermanfaat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sebelum kita membaca berbagai makanan termasuk bahan minuman, buah, hingga bumbu yang bermanfat meningkatkan metabolisme tubuh, sebelumnya mari kita mengenal apa sih metabolisme dan dampaknya bagi tubuh manusia? Metabolisme adalah proses dalam tubuh ketika bekerja mengolah apa yang kita makan untuk dijadikan energi.

Advertisement

Tingkat metabolisme basal atau Basal Metabolic Rate disingkat BMR membantu mempertahankan fungsi dasar tubuh kita termasuk pembaharuan/perbaikan sel, sirkulasi darah, pernapasan hingga keseimbangan hormonal saat beristirahat.

Ada hal-hal atau keadaan yang bisa mempengaruhi tingkat atau kecepatan metabolisme basal termasuk umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, komposisi tubuh dan diet Anda.

Makanan yang meningkatkan metabolisme tubuh

Semakin cepat metabolisme dalam tubuh kita maka kita akan semakin energik, aktif, dan bersemangat.

Sebaliknya jika tingkat metabolisme  kita lambat, maka kita bisa menghadapi berbagai masalah kesehatan serius mudah kelelahan, kolesterol tinggi, kelemahan otot, kulit kering, peningkatan berat badan,  bengkak pada persendian, masalah haid yang berat jika pada wanita, depresi hingga denyut jantung yang lambat.

Dengan demikian sangat penting bagi kita untuk meningkatkan metabolisme, yang secara keseluruhan agar tubuh tetap sehat. Jika metabolisme bagus, maka tubuh sehat jauh dari penyakit, lebih giat yang otomatis produktifitas kerja akan meningkat.

Metabolisme memang sebagian diatur oleh genetika, namun ada berbagai cara kita untuk mengubahnya secara alami. Nah, salah satu cara yang mudah adalah mengonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh kita.

Berikut top makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mudah kita dapatkan disekitar kita :

Buah Jeruk Lemon

Lemon bermanfaat membantu detoksifikasi liver serta membersihkan sistem pencernaan. Lemon mengandung banyak Enzim dan vitamin C, yang berguna untuk membantu membersihkan racun dari dalam tubuh dengan cara mengubahnya menjadi zat yang dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk kotoran. Dengan bersihnya racun-racun dalam darah kita, maka ini pada akhirnya membantu meningkatkan fungsi metabolisme.

Anda bisa memeras air lemon dan mencampurkannya dengan segelas air hangat yang diminum setiap pagi hari sebelum makan atau minum lainnya.

Buah Jeruk bali

Jeruk Bali banyak mengandung vitamin C, dimana yang bermanfaat membantu memperbaiki fungsi metabolisme  tubuh kita. Vitamin C bekerja mengatur metabolisme lemak dan membantu proses pembakaran lemak tubuh.

Jeruk juga mengandung antioksidan termasuk naringenin, flavonoid, yang sangat baik yang dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme. Naringenin merupakan antioksidan yang membantu menurunkan kadar insulin dalam darah, sehingga pada akhirnya kadar gula darah kita menjadi seimbang dan metabolisme berjalan lebih baik.

Studi telah menunjukkan bahwa orang gemuk yang memasukkan jeruk bali kedalam makanan mereka mengalami penurunan berat badan yang signifikan . Studi lain yang diterbitkan Nutrition and Metabolism tahun 2011 menunjukkan bahwa diet  rendah kalori yang menambahkan segelas jus jeruk bali menunjukkan efek positif pada keseimbangan energi, penurunan berat badan dan komposisi tubuh.

Untuk meningkatkan metabolisme serta menurunkan berat badan dengan cepat, pilihlah buah jeruk segar.

Namun buah jeruk mungkin akan bereaksi dengan obat tertentu, sebaiknya konsultsikan dengan dokter sebelum mengambil jeruk bali secara rutin jika sedang mengonsumsi obat.

Buah Apel

Apel adalah buah yang sehat untuk berbagai hal ketika dikonsumsi setiap hari, termasuk meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Apel rendah kalori dan banyak mengandung jenis serat larut, sehingga sangat baik bagi yang ingin mempercepat metabolisme tubuhnya. Serat membantu pencernaan dan membantu memperlancar BAB.

Serat juga membentu sel menyerap lemak namun mendorong menyerap air. Hal ini pada akhirnya membantu menghilangkan timbunan lemak dalam tubuh, dan meningkatkan metabolisme.

Apel juga  mengandung vitamin B serta vitamin K, kalium, magnesium dan mangan yang bermanfaat untuk mengubah lemak, karbohidrat,  dan protein dari makanan yang kita konsumsi  menjadi energi; dengan dermikian terutama apel hijau bermanfaat meningkatkan metabolisme  tubuh kita.

Jahe

Bumbu dapur ini juga bermanfaat meningkatkan metabolisme, karena ia memiliki sifat meningkatkan suhu tubuh dimana yang terkait dengan meningkatnya metabolisme tubuh.

Jahe bersifat vasodilator, yang membantu meningkatkan diameter arteri kecil dan memperbaiki sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah dan sirkulasi menyebabkan peningkatan suhu tubuh, yang akhirnya meningkatkan metabolisme serta membantu tubuh membakar kalori lebih banyak.

Plus, jahe membantu meningkatkan rasa puas sehingga Anda makan lebih sedikit dan membakar kalori lebih cepat.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009 yang diterbitkan di Life Sciences menemukan bahwa jahe mungkin memiliki efek yang baik pada metabolisme lemak dan dapat membantu mengurangi jumlah lemak viseral. Asupan jahe secara teratur bahkan bisa membatasi potensi efek samping konsumsi makanan tinggi kolesterol.

Studi lainnya pada tahun 2012 yang diterbitkan di majalah Metabolism menunjukkan bahwa jahe peningkatan suhu tubuh/thermogeneis dan mengurangi rasa lapar sehingga berpotensi mengatur berat badan.

Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu yang terbaik jika berbicara meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena green tea sarat dengan antioksidan  polifenol, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Penelitian tahun 1999 yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat termogenik dan meningkatkan pembakaran lemak selain oleh kandungan kafeinnya.

Penelitian lain tahun 2010 yang diterbitkan di Physiology and Behavior menunjukkan bahwa teh hijau menjadi strategi yang efektif untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Kafein dan antioksidan katekin dalam teh hijau membantu meningkatkan pengeluaran energi dan melawan penurunan tingkat metabolisme yang terjadi selama penurunan berat badan.

Minum 2 hingga 3 cangkir teh hijau setiap hari akan meningkatkan aktivitas metabolik tubuh Anda.

Cabe Rawit

Cabe rawit mengandung zat yang dikenal dengan capsaicin, yang berdampak baik untuk tingkat metabolisme tubuh. Capsaicin memiliki sifat termogenik(memanaskan tubuh) yang akan membantu sel mengubah energi menjadi panas. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yang dibuat tahun 2008 yang publikasikan dalam Journal of Biological Chemistry menunjukkan bahwa capsaicin terkit dengan peningkatan suhu tubuh atau thermogenesis, yang meningkatkan metabolisme tubuh.

Capsaicin juga meningkatkan aktivitas protein di dalam sel lemak yang membantu memecah lemak.

Studi lain tahun 2012 yang diterbitkan Appetite meninjukkan bahwa asupan cabai rawit bermanfaat potensial untuk mananajemn berat badan di 3 hal utama yaitu meningkatkan pengeluaran energi, meningkatkan oksidasi lemak dan mengurangi nafsu makan.

Kopi Hitam

Kopi hitam adalah terbuat dari biji kopi murni, mengandung tinggi kafein yang  memperkuat aktifitas metabolisme. Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat psikoaktif yang bekerja untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Kafein ber efek menghambat neurotransmitter adenosin inhibitor dan meningkatkan pelepasan neurotransmiter lain seperti dopamin dan norepinephrine yang membantu memperbaiki metabolisme dan melepaskan lemak dari tubuh .

Bahkan sebuah penelitian di tahun 1980 yang di publikasikan American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa setelah makan-makanan, kopi menghasilakan efek langsung pada metabolisme terutama pada oksidasi lemak.

Kayu Manis

Kayu manis adalah bahan makanan yang  bermanfaat juga untuk mempercepat metabolisme dan menurunkan berat badan.

Selain rendah kalori, kayu manis juga kaya akan antioksidan dan fitokimia yang membantu mempercepat tingkat metabolisme tubuh.

Kayu manis juga  mengandung procianidin Tipe A, sejenis flavonoid yang efektif dalam mengendalikan insulin, mengangkut glukosa ke sel tubuh kita dan mempromosikan sintesis glikogen dalam tubuh.

Kayu manis juga mengandung metilhidroksikalkon (MHCP),  zat polimer yangberperan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Zat ini juga meningkatkan efek insulin dalam sel dengan cara mer*ngsang  penyerapan glukosa ke dalam sel, yang memperbaiki sintesis glikogen dan menghasilkan peningkatan sensitivitas insulin pada tubuh. Peningkatan sensitivitas insulin mengakibatkan penurunan lemak tubuh.

Sebuah studi tahun 2003 yang dipublikasikan Diabetes Care melaporkan bahwa kayu manis membantu memperbaiki gula darah,  menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada orang-orang yang menderita diabetes.

Para Ahli menyarankan mengkonsumsi 1- 3 gram atau 1/2 – 1 sendok teh kayu manis setiap hari selama 20 hari untuk memperbaiki metabolisme. Kita juga bisa mengonsumsinya setiap hari, dan efek kayu manis bisa bertahan hingga 1 hari setelah satu dosis.

Kacang almond

Mengonsumsi kacang almond bisa meningkatkan pengeluaran energi oleh tubuh kita.

Almond meskipun tinggi kalori namun juga kaya akan asam lemak omega-3, yang penting sebagai penguat metabolisme. Omega 3  ini bisa mengurangi produksi hormon yang diketahui sebagai leptin, senyawa kimia alami yang berperan menurunkan metabolisme tubuh.

Hasil studi yang dipublikasikan di Jurnal Metabolism menjelaskan bahwa selain menurunkan kadar kolesterol, kacang almond juga dapat mengurangi dampak glisemik dari  karbohidrat yang dimakan.

Namun hindari makan kacang almond secara berlebihan. Segenggam kacang almond kering  setiap hari sudah cukup.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran sehat  yang membantu meningkatkan aktivitas metabolik tubuh kita. Hal ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin C, yang merupakan unsur penting untuk metabolisme yang lebih baik. Sementara kalsium dari brokoli bekerja sebagai pemicu peningkatan metabolisme, dan vitamin C membantu penyerapan kalsium.

Brokoli banyak mengandung fitokimia yang bermanfaat mempercepat pemecahan lemak di dalam sel sehingga membersihkan tubuh dari kelebihan kerak lemak. Jugak Kaya akan folat, serat pangan, asam lemak omega-3, magnesium serta berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6 dan B12, brokoli bermanfaat membantu membakar lemak tanpa menambahkan kalori untuk tubuh.

Menambahkan 1- 1 1/5 cangkir brokoli yang dimasak atau mentah ke dalam makanan Anda setiap hari cukup efektif untuk meningkatkan metabolisme serta meningkatkan penurunan berat badan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *