Top Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

Makanan yang baik untuk otakMengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tentu sangat penting bagi kesehatan fisik, yang berarti juga sama pentingnya bagi kesehatan otak kita. Otak adalah mesin organik kompleks yang membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk dapat berfungsi dengan baik seperti halnya  jantung, paru-paru, mata atau otot.

Advertisement

Otak bekerja untuk mengontrol semua kerja tubuh, termasuk berfikir, bergerak dan yang lainnya, juga harus bisa menghitung dan bereaksi dengan sangat cepat. Otak juga merupakan gudang data yang tak terhitung jumlahnya. Meski pekerjaanya sangat berat, otak juga tanpa pernah istirahat walau kita sedang tidur sekalipun.

Bagi otak, supaya ia bisa bekerja secara terus menerus dan tetap dalam kondisi baik itu bergantung pada pasokan nutrisi penting dari makanan, membutuhkan gula darah dan oksigen.

Melalui diet yang seimbang, Anda bisa memberikan otak Anda dengan semua nutrisi yang diperlukan untuk memori yang lebih baik, reflek yang baik dan rentang konsentrasi yang lebih baik. Selain itu, makanan yang sehat akan membantu menangkal penyakit yang menyerang otak seperti Alzheimer, demensia dan masih banyak lagi.
Ada banyak makanan bergizi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah untuk diet sehat harian, yang dapat memperkuat otak dan meningkatkan kinerja mental Anda.

Berikut top makanan yang paling baik terutama untuk kesehatan, kekuatan, dan fungsi otak yang lebih baik

Kacang kenari

Kenari bisa meningkatkan daya pikir dan memori. Jenis kacang pohon ini memiliki kandungan omega-3 paling tinggi diantara semua kacang. Asam lemak omega 3 akan memberikan perlindungan pada otak karena meningkatkan fungsi neurotransmitter, yang pada akhirnya meningkatkan memori dan kemampuan kognitif.

Kenari juga membantu meningkatkan aliran oksigen dan nutrisi melalui pembuluh darah otak dan melawan peradangan – peradangan sangat melemahkan dan mendegenerasi kondisi otak dan tubuh. Kenari juga mengandung nutrisi pelindung memori yaitu vitamin B6 dan magnesium.

Pada saat Anda mencari camilan yang sehat,  mengambil segenggam kenari adalah cara baik untuk meningkatan kekuatan otak.

Ikan Salmon liar

Otak kita terdiri dari 70 persen lemak dan membutuhkan asam lemak esensial  omega-3 supaya berfungsi dengan baik. Ikan Salmon merupakan omega-3 yang baik dan merupakan makanan super yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otak.

Salmon juga tinggi DHA (docosahexaenoic acid) yang dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer. Serta asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan dan mendukung peningkatan aliran darah ke otak.

Kenapa hanya salmon liar, karena salmon ternak mengandung kadar merkuri yang tinggi yang justru dapat memberikan efek buruk pada otak.

Green Tea

Studi terbaru menunjukkan bahwa teh hijau ternyata dapat membantu fungsi otak bekerja lebih baik. Para peneliti di University of Basel menyimpulkan bahwa ekstrak teh hijau meningkatkan konektivitas listrik otak, sehingga pada akhirnyameningkatkan fungsi kognitif dan membantu mengobati demensia.

Juga ditemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki memori , fokus, dan konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak minum teh. Ditambah lagi orang yang tidak minum teh setiap hari cenderung  mengembangkan penyakit Parkinson.

Blueberry

Blueberry mengandung senyawa yang dikenal sebagai flavonoid, yang berperan utama dalam meningkatkan memori, belajar dan berbagai fungsi kognitif lainnya.

Flavonoid juga bermanfaat membantu melindungi otak dari serangan radikal bebas, yang dapat membahayakan jaringan sehat dan juga terkait dengan penurunan memori. Favonoid ini juga memberikan perlindungan terhadap gangguan mental terkait usia seperti Alzheimer dan Parkinson.

Bayam

Bayam adalah sayuran yang tinggi kalium, dan sangat baik untuk otak. Kalium dibutuhkan untuk membantu menjaga konduktivitas listrik pada otak. Hal ini yang membantu menghasilkan sinyal cepat antara neuron, yang akhirnya meningkatkan kapasitas berpikir serta ingatan.

Baca juga:  Top Manfaat Kesehatan Daging Kambing

Bayam mengandung antioksidan, yang bermanfaat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Sayuran berdaun hijau ini juga sarat dengan nutrisi penting lain seperti asam folat, magnesium, dan vitamin E dan K yang membantu mencegah demensia.

Untuk bisa berpikir lebih jernih dan dapat merespon sesuatu dengan cepat, makanlah bayam serta sayuran hijau tua lainnya.

Brokoli

Para ilmuwan telah menemukan bahwa zat yang dikenal dengan kolin  yang ditemukan dalam brokoli sangat bermanfaat bagi otak. Kolin memiliki potensi untuk memacu pertumbuhan sel-sel otak baru dan koneksi saraf yang penting untuk memori yang tajam dan kuat.

Studi juga menemukan bahwa kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Brokoli juga menjadi sumber vitamin K yang baik, untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak.

Mengkonsumsi satu cangkir brokoli sebanyak tiga kali dalam seminggu akan meningkatkan kekuatan otak Anda.

Kunyit

Para ahli di University of California, Los Angeles Alzheimer Disease Research Center menemukan bahwa kunyit dapat membantu menjaga ketajaman otak. Kunyit mengandung banyak kurkumin, yaitu zat yang dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Sifat antioksidan dari kunir juga memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Plus kunyit juga melindungi otak dari peradangan dan penyumbatan arteri oleh kolesterol yang dapat mengurangi aliran darah ke otak.

Tambahkan sedikit kunyit dalam segelas susu hangat dan minum setiap hari, atau sebagai pelengkap untuk berbagai masakan Anda.

Tomat

Tomat mengndung senyawa yang dikenal sebagai Lycopene, merupakan jenis antioksidan kuat dalam tomat yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang memberikan kontribusi untuk kondisi demensia Alzheimer.

Juga bagi orang yang mengkonsumsi lycopene setiap hari memiliki ingatan yang lebih tajam jika dibandingkan dengan yang tidak. Tomat juga dapat membantu melindungi otak dari kejadian stroke.

Tomat bisa dikonsumsi dalam banyak cara, jus tomat, sayur tomat, dll. Dan jangan lupa mengkonsumsi tomat setiap hari untuk menikmati kekuatan otak Anda.

Dark Chocolate

Makanan ini juga Kaya antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh seluruh tubuh serta otak Anda. Kandungan kafein dalam cokelat hitam berperan kunci dalam menjaga ketajaman mental.

Antioksidan yang banyak terdapat dalam dari dark chocolate adalah flavonoid, yang bermanfaat membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Wheeling Jesuit di West Virginia menemukan bahwa dark chocolate meningkatkan konsentrasi, waktu respon dan ingatan.

Dark chocolate adalah cokelat yang terdiri dari 80% kakao sehingga warnanya lebih gelap. Sepotong kecil dark chocolate bisa membawa perubahan pada kekuatan otak Anda.

Labu kuning, dan varian-variannya

Labu juga sangat baik untuk otak Anda karena merupakan sumber yang kaya asam folat. Asam folat membantu meningkatkan fungsi kognitif yang biasanya dipengaruhi oleh peningkatan usia. Asam folat sangat penting dalam meningkatkan transmisi informasi melalui sel-sel saraf dan meningkatkan memori.

Asam folat dan vitamin B12 yang juga terdapat dalam labu juga dilaporkan mencegah kerusakan saraf dan penyusutan otak. Sementara itu kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan bayi lahir cacat otak.

————————————————————-

Sejalan dengan mengkonsumsi makanan-makanan untuk kesehatan dan meningkatkan fungsi dan kekuatan otak ini, Anda juga harus banyak minum banyak air sepanjang hari. Air adalah bahan alam yang membentuk sekitar 85% bagian dari berat otak keseluruhan, dan kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan penyusutan otak dan sangat mempengaruhi konsentrasi dan memori.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *