Top 10 Makanan yang Bermanfaat Anti Penuaan Dini

makanan anti penuaanSemakin berumur dan menjadi tua adalah hal yang alami, tetapi mungkin semua orang berharap bisa terlihat tetap muda dan sehat selamanya. Kita memang tidak akan bisa melawan kodrat alamiah ini, namun kita masih bisa memperlambat proses penuaan ini dan dapat mengundang pertanyaan dari orang-orang disekitar Anda: ” Waduh, sis dari dulu kok nggak pernah berubah, tetep saja cantik seperti 20 tahun yang lalu”.

Advertisement

Obat mungkin bisa saja membuat penampilan seseorang tampak muda selalu , tetapi umumnya harus dibayar dengan menanggung efek samping tertentu. Jangan hanya mengandalkan obat-obatan dan produk kecantikan, tetapi fokuslah pada makanan Anda. Makanan yang Anda makan akan sangat mempengaruhi bagaimana tubuh Anda merespon saat usia bertambah.

Juga perlu diketahui bahwa gizi yang buruk sangat berkontribusi terhadap penyakit dan penuaan dini, sedangkan diet yang sehat akan memberikan tubuh Anda nutrisi penting untuk menjaga organ tubuh Anda selalu dalam kondisi kerja yang baik. Plus, makanan yang sehat akan membantu Anda untuk memerangi masalah umum selama proses penuaan.

Banyak makanan dapat membantu melawan jam dan membuat Anda terlihat dan merasa muda selama bertahun-tahun.

Berikut adalah Top 10 makanan anti penuaan dini – menghambat proses penuaan

1. Kenari

Kenari dianggap sebagai makanan yang menakjubkan sebagai anti-penuaan. Hal ini karena tinggi mengandung asam lemak omega 3. Bahkan hanya seperempat cangkir kenari menyediakan sekitar 91% dari asupan harian omega 3 yang direkomendasikan .

Asam lemak esensial ini bermanfaat untuk membantu mengatur kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung – plus membantu fungsi otak agar selalu berjalan dengan benar selama bertahun-tahun kemudian.

Kandungan magnesium, zat besi, seng, kalium, selenium, tembaga dan serat dalam kenari juga dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan energik walau diusia tua.

Kenari bisa dimakan sebagai camilan atau ditambahkan pada salad, yogurt dan tumis. Hanya saja pastikan untuk tidak mengambil lebih dari segenggam kenari sekali waktu untuk menjaga asupan kalori.

2. Blueberry

Antioksidan bermanfaat memperlambat proses penuaan, dan buah blueberry adalah buah terbaik yang kaya antioksidan. Antioksidan bekerja untuk menghentikan pembentukan radikal bebas dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan penyakit serius dan mempercepat proses penuaan.

Blueberry juga memiliki sifat anti inflamasi yang kuat, sehingga akan membantu menjaga semua sel-sel tubuh Anda dari penuaan dan menjaga kulit Anda tampak muda.

Plus, buah super ini juga bermanfaat mengurangi risiko artritis, kolesterol, memperbaiki penglihatan dan memperlambat penurunan kognitif yang hadir bersama penyakit Alzheimer.

3. Bayam

Bukti telah menunjukkan bahwa bayam bermanfaat membantu Anda tetap bugar walaupun usia sudah masuk tua. Hal ini karena bayam merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang sangat membantu mengurangi semua penurunan yang berkaitan dengan usia, yakni mental, kondisi mata, dan degenerasi tulang.

Vitamin C dan E serta beta-karoten dalam bayam semuanya membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari sehingga kulit Anda tetap bersemangat dan sehat sampai di usia lanjut.

Selain itu, sayuran hijau tua ini bisa membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan menjaga tingkat kolesterol yang lebih rendah – bahkan bisa mengurangi risiko penyakit kanker usus.

Cukup mengkonsumsi satu cangkir bayam segar setiap hari bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat dan memiliki kulit awet muda selama bertahun-tahun. Anda juga dapat makan bayam dalam bentuk salad, sup, atau jus.

4. Green Tea

Teh hijau telah banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan karena diketahui memiliki sifat antioksidan kuat, yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab kerutan, bintik-bintik coklat dan penuaan kulit.

Antioksidan ini dapat mencegah penuaan dini dan membantu menjaga kulit tetap lentur dan tampak muda. Minuman sehat ini juga membantu melindungi dari kanker kulit.

Teh hijau juga telah terbukti membantu mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi, mencegah dan mengurangi risiko rheumatoid arthritis, dan membantu mempertahankan kepadatan tulang.

Jika Anda ingin terlihat lebih muda dari usia sebenarnya, minum satu atau dua cangkir teh hijau setiap hari bisa banyak membantu.

5. Salmon

Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 , sehingga juga bermanfaat menunda proses penuaan. Asam lemak omega 3 membantu mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh arteri, mencegah irama jantung yang abnormal dan membuat mental tajam seiring pertambahan usia.

Baca juga:  Manfaat Buah tomat untuk Masker Wajah

Sifat anti inflamasi dan kandungan protein yang tinggi dalam salmon juga membantu menjaga kulit terbebas dari noda, jerawat, dan berbagai tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik coklat,  dan garis-garis halus.

Sementara itu salmon juga mengandung senyawa yang disebut dengan astaxanthin, yang menjadikan kulit terlihat muda. Selain itu, ikan ini juga kaya akan nutrisi anti penuaan lainnya seperti vitamin D dan E.

Cobalah untuk makan tiga atau empat porsi salmon per minggu.

6. Brokoli

Brokoli bisa secara signifikan memperlambat proses penuaan, karena ia tinggi antioksidan dan mengandung nutrisi yang bersifat anti penuaan. Senyawa dalam brokoli lain seperti sulforaphane dan indoles, yang membantu melindungi terhadap stres oksidatif, kerusakan sel dan bahkan kanker. Brokoli merupakan Top Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

Asam folat dalam brokoli akan membantu otak dapat bekerja dengan baik selama bertahun-tahun, sedangkan vitamin K1 meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Satu porsi brokoli sebanyak tiga atau empat kali per minggu bisa membuat perbedaan pada kesehatan di usia Anda. Cobalah untuk selalu mendapatkan brokoli segar daripada brokoli yang beku.

7. Olive oil

Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa minyak zaitun bisa membuat Anda terlihat lebih muda dari usia Anda yang sesungguhnya. Minyak zaitun tinggi akan antioksidan, termasuk vitamin A dan E. Sedangkan vitamin A bermanfaat melindungi kulit dari radikal bebas yang sangat mempercepat proses penuaan, serta membantu kerja vitamin E dalam perawatan dan peremajaan kulit. Asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam minyak zaitun juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan mengendalikan gula darah.

Untuk menikmati manfaat anti penuaan dari minyak zaitun, bisa dikonsumsi sedikit atau digerimiskan pada salad atau makanan lain. Minyak sehat ini juga dapat digunakan sebagai  pelembab topikal.

8. Dark Chocolate

Dark chocolate banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada sel-sel. Radikal bebas sangat mempercepat proses penuaan dan bahkan dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

Jumlah Kakao yang banyak dalam dark chocolate mengandung flavanol, zat yang bersifat mendorong relaksasi pembuluh darah agar tetap kenyal dan lentur. Hal ini pada akhirnya menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia.

Konsumsi coklat hitam sebaiknya dalam jumlah sedang, karena coklat bagaimanapun juga tinggi kalori dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Ambil Sepotong kecil dark chocolate dengan persentase kakao yang lebih tinggi.

9. Bawang putih

Bawang putih banyak memiliki manfaat kesehatan, dan telah digunakan selama berabad-abad untuk memperlambat proses penuaan. Bumbu utama masakan ini mengandung zat allicin yang bekerja sebagai antioksidan dan agen anti inflamasi. Allicin membantu mencegah radikal bebas berbahaya, mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol buruk, menghilangkan logam berat dari tubuh, mencegah kanker, dan bertindak sebagai antijamur dan agen antivirus.

Bawang putih juga mengandung vitamin A, B dan C, selenium, yodium, kalium, zat besi, kalsium, seng dan magnesium yang penting untuk menjaga kesehatan yang lebih baik.
Untuk mendapatkan manfaat anti penuaan serta manfaat kesehatan lainnya dari bawang putih, cobalah untuk mengkonsumsi dua siung bawang putih mentah setiap hari. Juga, menggunakan bawang putih dalam setiap masakan Anda.

10. Buah Tomat

Makan buah tomat setiap hari dapat membalikkan efek penuaan. Manfaat anti penuaan dari tomat diduga dari lycopene, yaitu zat antioksidan kuat yang berguna melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya. Lycopene juga bekerja sebagai sun block alami, mencegah kerusakan kulit akibat UV yang menyebabkan bintik-bintik, kering, dan keriput.

Diet kaya tomat juga akan meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang membuat kulit menjadi kenyal. Tomat juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol, mencegah penyakit jantung, bgahkan mencegah berbagai jenis kanker.

Untuk memperoleh kesehatan kulit yang optimal, cobalah untuk minum satu gelas jus tomat setiap hari. Anda juga dapat mengkonsumsi tomat dalam bentuk salad atau sup.

Sertakan  10 makanan diatas ini dalam rencana diet Anda untuk meningkatkan kesehatan Anda dan mengurangi dampak dari laju penuaan. Selain dengan makanan ini, Anda juga masih perlu untuk mengikuti gaya hidup sehat termasuk berolahraga dan menghindari asap r*kok, lemak jenuh, dll.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *