Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Tips mengecilkan perut setelah melahirkanSewaktu bulan-bulan menjelang kelahiran bayi, tubuh ibu bisa banyak berubah untuk mengakomodasi pertumbuhan dan kebutuhan bayi. Ketika bayi Anda tumbuh selama kehamilan, otot perut ibu akan meregang untuk membuat ruang bagi janin dan mempersiapkan untuk kelahiran. Hal ini akan cukup memakan waktu dengan kombinasi olahraga dan diet untuk mengembalikan otot perut kembali ke bentuk sebelum hamil. Sama halnya seperti kehamilan Anda yang berlangsung selama berbulan-bulan, mengembalikan perut ibu setelah melahirkan juga akan memerlukan waktu beberapa waktu juga. Jadi untuk mencapai tujuan itu, seorang ibu yang habis melahirkan harus melakukan beberapa langkah upaya mengembalikan kondisi perut dengan disiplin untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

Advertisement

Berikut beberapa tips untuk mengecilkan perut  kembali setelah melahirkan

Diet sehat dan seimbang

Diet yang seimbang dan sehat berperan yang sangat penting dalam mengurangi ukuran perut Anda. Diet yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan untuk berenergi sepanjang hari. Gantilah semua jenis junk food dengan makanan yang bergizi. Sediakan buah-buahan, sayuran, daging sapi tanpa lemak, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Juga, batasi asupan yodium karena bisa mengarah ke pembengkakan perut.

Mengonsumsi sayuran

Sayuran umum seperti brokoli, Kale, kubis, bunga kol, bayam, kubis dan buah-buahan seperti jeruk, apel, lemon, mangga, dan pepaya adalah kelompok makanan nabati yang mengandung fitonutrien tertentu yang bekerja untuk mempromosikan pengikisan lemak perut. Sayuran dan buah-buahan adalah salah satu jenis makanan terbaik ketika Anda mencoba untuk menghilangkan lemak perut dalam jangka panjang.

Hindari melewatkan jam makan atau sarapan

Berbagai perubahan hormon terjadi setelah melahirkan. Ibu baru membutuhkan lebih banyak energi dalam kurun waktu 6 bulan pertama setelah melahirkan,  karena mereka harus lebih sering menyusui bayinya. Ibu menyusui membutuhkan kalori tambahan untuk memproduksi air susu sehingga jangan mengurangi asupan kalori secara drastis. Jangan pernah melewatkan makan untuk meratakan perut kembali karena proses metabolisme tubuh akan melambat jika tidak makan.

Menyusui Bayi dengan ASI

Menyusui adalah salah satu yang terbaik dan alami yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi ukuran perut Anda setelah melahirkan. Tidak saja menyusui sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda serta membangun ikatan emosional, tetapi juga membantu Anda untuk menurunkan kembali berat badan Anda setelah kehamilan. Ini membantu Anda untuk membakar hingga 500 kalori dalam sehari serta merangsang kontraksi rahim yang menyebabkan menyusutnya rahim ukuran sebelum hamil.

Baca juga:  Penyebab dan Cara untuk Mengandung Bayi Kembar

Penggunaan korset

Teknik mengikat perut seperti penggunaan korset telah lama digunakan pasca-kehamilan untuk membantu mengurangi pembengkakan perut dan mendorong otot dan jaringan untuk kembali seperti semula. Cara kuno ini masih terbukti sangat efektif dan bermanfaat untuk memulihkan perut kembali ke bentuk sebelum hamil. Anda bisa memulai dengan menggunakan ikat perut buatan sendiri yang terbuat dari kain katun yang lembut dan sederhana, yaitu membungkus di sekitar pinggang Anda 1 minggu setelah melahirkan. Atau Anda bisa menggunakan produk korset yang umumnya sudah banyak disediakan di toko atau apotek. Tanyakan kepada bidan Anda untuk penggunaan yang baik dan disarankan.

Hindari Latihan Yang Berat

Untuk ibu-ibu yang sedang menyusui dan ingin kembali langsing, dianjurkan untuk menunggu sampai bayinya berusia setidaknya dua bulan. Menyusui juga membantu untuk menggunakan kalori ekstra dan menghilangkan kelebihan berat badan. Jika Anda merasa bahwa berat badan Anda sudah mengganggu, pastikan bahwa Anda tidak kehilangan berat badan terlalu banyak dan terlalu cepat dan lakukan dengan cara sehat. Diet buruk atau latihan yang berat tidak dianjurkan pada tahap ini. Berolahraga terlalu dini atau terlalu keras juga bisa menghasilkan efek buruk pada tubuh ibu. Awali dengan beberapa kegiatan fisik yang sederhana dan ringan seperti bersepeda, berjalan, jogging, berlari atau berenang. Kemudian,tingkatkan intensitas latihan Anda secara bertahap.

Latihan Aerobik atau latihan ketahanan

Kebanyakan orang keliru merekomendasikan latihan perut segera setelah kehamilan. Ini tidak akan memberikan semacam latihan yang memang diperlukan wanita. Telah terbukti bahwa latihan berdasarkan ketahanan adalah satu-satunya latihan yang benar-benar efektif untuk membakar lemak. Latihan-latihan ini meliputi berjalan, jogging, berlari, bersepeda dan berenang. Setelah wanita pasca melahirkan telah melakukan latihan ketahanan ini selama beberapa minggu, kandungan lemak tubuhnya akan berkurang.

Salah satu contoh aktifitas yang bisa membantu ibu pasca melahirkan untuk mendapatkan kembali ukuran perut seperti semula, adalah aktifitas rutin pada pagi hari seperti mendorong kereta dorong bayinya berkeliling taman.  Berjalan-jalan dengan bayi di kereta dorong adalah kegiatan yang sangat baik bagi ibu baru. Ketika ibu merasa nyaman, ibu bisa secara bertahap meningkatkan kecepatan dan jaraknya.

Peringatan

Tanyakan kepada pelayanan kesehatan Anda sebelum memulai program latihan untuk pertama kalinya. Tanyaka juga  jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu kepada dokter untuk mendapatkan saran program kebugaran yang sesuai.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Satu gagasan untuk “Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

  1. glukgluk

    Sebagai seorang wanita memang kita harus tetap bisa menjaga penampilan kita, Apalagi sebagai wanita yang mandiri. Kita harus bisa membawa diri dalam berbagai aspek kehidupan, dan penampilan merupakan salah satu kunci. Terimakasih untuk Tips dan Informasinya sangat bagus

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *