11 Tips Cara mudah Agar Cepat Tidur Pulas

Cara agar cepat tidurOrang yang kurang tidur, selain menderita ketidaknyamanan terutama menguap, menurunkan kinerja, dan risiko lain bahkan hingga bisa meningkatkan risiko kesehatansecara keseluruhan. Pada wanita, hal ini dikaitkan dengan perasaan kurang simpatik, depresi, dan kemarahan, serta risiko kesehatan yang lebih buruk seperti diabetes dan penyakit jantung. Nah untuk itu, jika Anda sering merasakan kesulitan tidur, disini ada cara terbukti untuk mendapatkan  tidur yang Anda butuhkan. Baca juga : Akibat Kurang tidur dalam Jangka Panjang

Advertisement

Berikut 11 tips dan cara yang dapat membantu anda bisa cepat dan mudah tertidur pulas

1. Atasi kebisingan

Kebisingan adalah persoalan yang paling dikeluhkan orang ketika mereka ingin dapat tertidur dengan cepat. Namun masalahnya, beberapa kondisi kebisingan tertentu seperti suara kendaraan, suara keramaian tak bisa dihindari apa bila bertempat tinggal ditepi jalan raya atau tempat berkumpulnya banyak orang. Suami yang tidur mendengkur, juga bisa menjadi masalah yang sulit dihindarkan. Nah cara cepat untuk mengesampingkan kebisingan ini adalah menggunakan headphone khusus yang didesain untuk membantu mengurangi tingkat kebisingan ini.

2. Berendam air hangat sebelum tidur

Meningkatkan suhu kulit akan meningkatkan perasaan mengantuk dan akan membuat tidur Anda lebih mudah dan nyenyak. Mandilah air hangat  selama tiga puluh menit sebelum tidur, dan dapatkan manfaat efek  mengantuknya. Mandi menggunakan Air yang terlalu dingin tidak akan memberikan manfaat yang sama seperti air hangat.
Mandi hangat lebih baik dalam menciptakan relaksasi, dan  pastikan Anda menggunakannya atau mandi selama minimal 20 menit.

3. Matikan semua elektronik dan gelapkan cahaya.

Untuk dapat tidur, tubuh harus meningkatkan kadar hormon yang memicu rasa kantuk. Dan hormon ini akan bekerja jika cahaya kamar lebih redup dari cahaya luar ruangan. Laptop, televisi, handphone, atau menonton TV akan menghambat penciptaan hormon ini. Hal ini akan membuat Anda terus berjaga dan sulit bisa ngantuk. Matikan dan hentikan penggunaan semua alat elektronik yang memakai layar terang setidaknya satu jam sebelum tidur, sehingga akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk merasa lelah dan ngantuk.

4. Mempersiapkan tubuh sebelum tidur

Ketika Anda akan pergi kekamar untuk tidur, cobalah sebuah teknik relaksasi progresif berikut. Caranya cukup gampang, Anda cukup mengerutkan jari-jari kaki Anda dengan erat dalam tujuh hitungan, dan kemudian dilemaskan kembali. Ulangi melalui  untuk setiap kelompok otot yang bekerja mulai dari jari-jari kaki  dan ke leher.

5. Buat catatan kegiatan sehari-hari Anda

Rutinitas harian kita sangat mempengaruhi seberapa baik kita bisa tidur. Catatan tidur bisa cukup  membantu Anda untuk membuat keterkaitan dengan tidur Anda. Setiap hari catat rekor berapa banyak Anda minum kafein yang Anda minum, kapan dan seberapa banyak Anda berolahraga, apa yang Anda makan, apa yang anda lakukan ketika pergi ke tempat tidur dan ketika bangun, serta total waktu tidur Anda. Nah catatan-catatatan tersebut bisa Anda tunjukkan kepda spesialis atau dokter yang bisa membantu memecahkan masalah tidur Anda.

Baca juga:  5 Vitamin ini efektif untuk Mencegah Rambut Beruban

6. Suhu kamar tidur yang sejuk

Orang umumnya dapat tertidur dengan lebih mudah dan lebih baik ketika suhu ruangandalam kondisi sejuk. Anda bisa mengatur letak tempat tidur yang memiliki ventilasi cukup atau bisa juga menggunakan peralatan  khusus pengatur suhu ruangan. Jika sering mengalami keringatan pada malam hari pada wanita perimenopause, cobalah pendingin kasur atau mengenakan piyama yang terbuta dari kain katun.

Suhu kamar yang sejuk juga memiliki manfaat lain, yaitu bisa lebih dekat dengan pasangan  Anda dan mengurangi kecemasan atau stres.

7. Berfikir santai

Daripada merenungkan peristiwa yang telah terjadi pada siang hari Anda ditempat tidur,  cobalah membaca majalah atau buku yang menceritakan hal-hal besar setidaknya dua jam sebelum tidur sehingga pikiran Anda tidak tegang dan gugup. Tepat sebelum tidur, cobalah melakukan latihan santai. Bayangkan sebuah hal yang tenang, seperti susana adna ketika di pantai dsb. Seiring dengan berjalannya waktu, rutinitas baru Anda tersebut akan membantu memberikan isyarat untuk otak Anda untuk terbiasa.

8. Minum minuman yang hangat.

Meminum sesuatu yang hangat dan menenangkan akan merelaksasi tubuh dan menenangkan pikiran. Hindari minuman berkafein. Secangkir susu hangat ditambah madu, teh chamomile, atau teh mint sangat bagus untuk membantu Anda agar dapat tertidur dengan cepat.

9. Mengubah posisi tubuh Anda.

Tidur dengan telentang dapat membuat saluran udara pernafasan terblokir dan meningkatkan kemungkinan mendengkur. Tidur miring bisa mengurangi kemungkinan mendengkur tersebut, dan lakukan perubahan bersama-sama dengan pasangan.

10. Sesuaikan posisi bantal Anda.

Idealnya orang tidur dengan leher dan tubuh sejajar atau lurus. Jika perlu, letakkkan bantal di antara lutut untuk menahan pinggul agar tetap dalam posisi netral. Beberapa orang bahkan menggunakan dua bantal, satu untuk mengganjal lengan, dan satu bantal lagi untuk menahan kepala. Orang lain juga memilih untuk menambah satu bantal lagi untuk menyelipkan lengan. Yang penting bagaimana cara agar bantal ini bisa membuat Anda merasa nyaman.

11. Sedapat mungkin hindari penggunaan obat tidur warung

Obat tidur memang bisa mengatasi permasalahan Anda dengan cepat, namun dalam jangka panjang tentu akan ada konsekwensi buruk termasuk ketergantungan. Sebelum Anda berfikir untuk pergi ke apotik untuk membeli obat tidur, cobalah salah satu dari obat alami mudah tidur ini. Banyak obat-obatan berbahan alami yang  tidak hanya dapat membantu dapat mudah tertidur, bahkan juga dapat mempromosikan otot untuk santai dan tanpa dampak buruk.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *