Tanda-tanda & Gejala Kista Ovarium (Ovarian Cysts)

Tanda gejala Kista OvariumApakah Kista Ovarium? Kista ovarium biasanya adalah benjolan yang berisi cairan atau bahan setengah padat, dan mungkin terjadi pada salah satu atau kedua ovarium setiap saat di kehidupan seorang wanita. Namun terkadang Kista ini bisa menjadi keras, dan ini bisa dianggap sebagai tumor,atau menurut medis dianggap sebagai pembengkakan. Seringkali kista ditemukan oleh dokter pada pemeriksaan kesehatan panggul rutin. Pada suatu saat kista ovarium dapat menyebabkan rasa sakit atau bengkak, sehingga perlu membutuhkan perhatian segera. Karena kista bisa menjadi ganas atau kanker, maka penanganan harus diperlakukan sesegera mungkin. Namun sebagian besar kista tidak bersifat kanker.

Advertisement

Banyak wanita yang memiliki kista ovarium di beberapa titik selama hidupnya, namun kebanyakan hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Salah satu jenis kista yang tidak berbahaya, yaitu yang disebut dengan kista fungsional terjadi karena fungsi normal siklus menstruasi. Kista jenis ini cenderung akan menyusut dengan sendirinya, dan biasanya dalam waktu 60 hari. Baca juga : Cara mengatasi keputihan berlebihan, Gatal dan Berbau secara alami

Penyebab, Gejala, dan pengobatan Kista Ovarium

Penyebab dan Jenis Kista ovarium

Jika kista tidak disebabkan oleh fungsi normal dari siklus menstruasi, maka kemungkinan adalah salah satu dari jenis kista berikut :

Kista dermoid: Jenis dari Ovarian Cysts ini terbentuk dari sel-sel yang menghasilkan telur pada manusia. Hal ini mungkin berisi jaringan seperti rambut, kulit, bahkan gigi, dan jarang menjadi kanker. Hal ini bisa tumbuh membesar sehingga menyebabkan ovarium memutar atau bergerak keluar dari posisi biasanya. Hal ini disebut torsi ovarium.

Kistadenoma: Jenis kista ini berkembang dari jaringan ovarium dan dapat berisi cairan yang encer atau bahan seperti berlendir dan dapat tumbuh menjadi besar.

Endometrioma: Kista ini disebabkan oleh kondisi endometriosis, di mana sel-sel dalam rahim tumbuh di luar rahim dan dapat membentuk pertumbuhan pada ovarium.

Gejala Kista Ovarium

Kista ovarium yang masih kecil cenderung tidak menimbulkan gejala apa-apa. Kista yang membesar bisa terasa di perut, dan dapat menyebabkan pinggang membesar. Karena dapat membesar cepat tanpa menghasilkan gejala, maka seringkali hal ini tidak terdiagnosis sampai ukurannya menjadi cukup besar. Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin bisa terjadi :

  1. Rasa nyeri pada panggul,  nyeri di punggung bagian bawah dan paha, atau ketidaknyamanan perut bagian bawah.
  2. Rasa nyeri panggul sebelum menstruasi, atau hanya sebelum menstruasi berakhir
  3. Rasa nyeri selama berhubungan se*sual
  4. Rasa seperti ada tekanan pada perut, atau merasakan sakit saat buang air besar
  5. Perasaan kenyang atau terasa berat di perut bagian bawah
  6. Keinginan sering buang air kecil
  7. Rasa mual, muntah, atau nyeri pada pay*dara
  8. Kista yang pecah atau terbuka dapat menyebabkan gejala yang serius.
Baca juga:  Gejala-gejala Hepatitis A,B,C, D, E dan kronis akut

Diagnosa

Umumnya, kista ovarium ditemukan pada saat pemeriksaan panggul rutin. Pada saat dokter kandungan mencurigai adanya suatu kista ovarium, dokter mungkin akan meminta pemeriksaan USG.

Pengobatan Kista ovarium

Kebanyakan kista ovarium jenis fungsional akan hilang dalam beberapa bulan tanpa pengobatan.

Namun dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan obat, seperti pil KB, untuk menghentikan ovulasi dan mencegah kista di masa depan. Pada kasus kista tertentu yang berat, operasi mungkin akan dibutuhkan untuk mengangkat kista. Pada wanita muda, usaha akan dilakukan semaksimal  untuk menghilangkan kista namun dengan tetap menjaga ovarium, tapi hal ini tidak selalu mungkin. Dalam kasus wanita yang telah selesai memiliki anak, sangat umum mengangkat kedua ovarium yang seringkali dilakukan sebagai bagian dari histerektomi.

Referensi :

  1. womens-health-concern.org – Ovarian Cysts
  2. Mayoclinic.org – Ovarian Cyst

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *