Kapan Waktu yang Tepat untuk melahirkan Anak kedua?

saat tepat melahirkan anak keduaJawaban untuk pertanyaan “Kapan waktu terbaik untuk memiliki bayi yang kedua?” mungkin tidak cocok untuk seriap orang. Ide untuk menambah satu anggota keluarga baru benar-benar dapat memberikan dampak besar pada seluruh kehidupan Anda , pasangan Anda dan anak.  Namun, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda sedang berhadapan dengan masalah ini. Baca terus untuk mengetahui segala hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan kapan saat yang lebih baik untuk kelahiran anak kedua. Baca juga : Yang Tidak dan Boleh Dilakukan Oleh Ibu Selama Kehamilannya

Advertisement

Kapan saat Terbaik untuk Memiliki Bayi yang Kedua?

1. Apa kata Ahli

Kebanyakan ahli sepertinya setuju bahwa menunggu setidaknya 18 bulan sebelum hamil lagi adalah keputusan yang lebih baik bagi bayi dan ibu. Tubuh ibu perlu untuk memulihkan semua nutrisi yang pernh dilimpahkan kepada bayi baik dalam ketika masih di rahim dan selama menyusui. Para ahli juga yakin bahwa jarak kelahiran ini dapat meningkatkan hubungan yang baik antara saudara kandung.

2. Apa kata Penelitian

Studi menunjukkan bahwa jarak kehamilan18 bulan dari kelahiran anak pertama dapat mengurangi kemungkinan kelahiran prematur dan berat lahir bayi  rendah. Satu studi juga menunjukkan bahwa kemungkinan mendapatkan anak dengan autisme tiga kali lebih mungkin jika anak kedua hanya berjarak satu tahun setelah anak pertama lahir.

Sementara itu studi lain menunjukkan bahwa jarak kelahiran anak kedua yang terlalu jauh lebih dari lima tahun juga meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat lahir bayi rendah.

3. Berapa usia Anak Anda sebelumnya?

Berdasarkan penelitian, mungkin lebih bijaksana untuk sabar menunggu sampai anak pertama Anda minimal telah berusia18 bulan.

Memang bukti tentang pertanyaan ini masih kurang meyakinkan, namun banyak keluarga yang percaya bahwa memiliki anak yang lebih tua dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk berbicara dengan anak pertama tentang adiknya.

Selain itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan berapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki dua anak kecil yang masih butuh popok. Namun sebaliknya juga, memiliki anak dengan jarak terlalu jauh mungkin akan membuat mereka kurang mampu untuk saling menghibur satu sama lain.

Baca juga:  Alasan Kenapa Beras Merah lebih Sehat dari Beras Putih

Baca juga : Inilah tanda awal kehamilan sebelum tiba haid berikutnya

4. Apakah anak kedua akan mengubah Gaya Hidup Anda?

Sebuah pertanyaan yang harus difikirkan yaitu , apakah anak kedua akan mempengaruhi gaya hidup Anda?. Ingatlah bahwa dengan kelahiran bayi, berarti Anda harus berhenti bekerja beberapa waktu dan kembali lagi ke beberapa periode kehamilan!

Cobalah untuk mengingat berapa jumlah pekerjaan dan kebutuhan untuk bayi baru dan tentukan apakah Anda siap untuk itu itu semua. Persiapkan mental dan fisik sebelum membuat keputusan yang besar.

5. Bagaimana kondisi Keuangan?

Seperti yang Anda sudah alami dari anak pertama Anda, perkirakan berapa banyak biaya untuk membesarkan anak. Jika penghasilan atau keuangan Anda relatif aman mungkin tidak menjadi pertimbangan besar, tetapi kebanyakan orang harus melakukan perhitungan matematika dan pastikan bahwa Anda nanti memiliki cukup biaya untuk membesarkan anak kedua dan anak pertama.

Tentu saja jika Anda menunggu sampai benar-benar mampu untuk mendapatkan anak lagi, Anda mungkin tidak pernah memiliki anak kedua.

6. Berapa usia Anda?

Selama Anda masih berada di bawah usia 30 tahun, Anda mungkin masih sangat mampu. Namun ketika Anda telah mendekati 40 tahun, kesuburan Anda akan mulai berkurang dan kesempatan Anda untuk dapat hamil akan menurun. Selain itu, risiko pada janin juga akan meningkat seiring kenaikan usia Ibu.

7. Membahas dengan pasangan

Keputusan untuk memiliki anak kedua harus menjadi salah satu yang harus Anda bahas dan sepakati dengan pasangan Anda. Pastikan untuk membahas semua poin di atas sehingga Anda berdua dapat memecahkan semua pertanyaan.

Demikian tips sederhana untuk menjawab pertanyaan tentang “Kapan waktu terbaik untuk mendapatkan anak atau kehamilan yang kedua”.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *