Resep Teh Hijau dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

resep lemon teh hijau, lemon green tea, menurunkan berat badanBanyak orang yang semakin menyadari akan dampak kesehatan yang meningkatnya berat badan dan mencari cara alami dan ampuh yang dapat membantu menurunkannya. Salah satu minuman yang paling populer di kalangan orang yang sadar akan kesehatan adalah minuman yang berwarna hijau adalah lemon green tea. Selain rasanya yang enak menyegarkan, minuman sehat dan alami ini juga sangat gampang buat. Dan lagi bahan-bahan seperti teh hijau, lemon, madu dan kayu manis rata-rata sudah ada di dapur Anda. Namun hal terpentingnya adalah bahan-bahan ini bagus untuk kesehatan terutama menurunkan berat badan.

Advertisement

Berikut manfaat dari 3 bahan Lemon Green Tea Anda

Teh hijau

Teh hijau memang sudah populer sebagai bahan alami untuk membantu dalam diet menurunkan berat badan.  Hal ini karena teh hijau mengandung EGCG atau Antioxidant Epigallocatechin Gallate , yang dapat membantu membakar lemak serta meningkatkan metabolisme.

Satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Nutrition 2007 mencatat bahwa EGCG dalam teh hijau berpotensi meningkatkan oksidasi lemak, yang menjelaskan efek anti kegemukan.

Lemon

Vitamin C adalah nutrisi penting yang salah satunya membantu tubuh bisa membakar lebih banyak lemak. Dan jeruk lemon adalah salah satu sumber terbaik dari vitamin C tersebut. Memperoleh asupan vitamin C bisa membantu tubuh untuk membakar lemak 30% lebih banyak selama latihan atau olahraga menurut hasil studi yang diterbitkan  Journal of American College of Nutrition tahun 2005.

Satu studi lagi yang dipublikasikan Journal of Biochemistry Clinical Nutrition 2008, yang mencatat penemuan bahwa polifenol dari lemon bekerja sebagai antioksidan dan membantu merangsang hati untuk membakar lemak lebih banyak.

Tah cuma itu,  lemon juga sangat tinggi kandungan serat pektin, yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Madu

Madu adalah gula yang memiliki efek lambat terhadap gula darah jika dibandingkan dengan gula pasir biasa. Dengan demikian bisa membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan.

Satu studi yang dipublikasikan Nutrition Research tahun 2011 mencatat bahwa madu jika dibandingkan dengan sukrosa,  bisa mengurangi berat badan. Hal ini mungkin karena menurunkan nafsu makan, dan mempromosikan menurunkan trigliserida.

Baca juga:  Manfaat Labu Siam untuk Hipertensi dan Kehamilan

Kayu manis

Kayu manis adalah satu lagi bahan alami yang baik untuk menurunkan berat badan. Namun hanya kayu manis saja tidak bisa menurunkan berat badan tanpa disertai diet rendah kalori dan latihan fisik secara rutin.

Studi yang dilakukan tahun 2006 yang dipublikasikan  Journal of International Society of Sports Nutrition menulis bahwa ekstrak kayu manis membantu meningkatkan komposisi tubuh dengan cara menurunkan lemak tubuh.

Cara Membuat Lemon Tea untuk menurunkan berat badan

Bahan :

Jika melihat dari manfaat semua bahan yang digunakan, Lemon Green tea ini merupakan minuman yang baik jika disertakan kedalam diet penurunan berat badan Anda.

  • 2 cangkir air
  • 1 kantong teh hijau
  • 3 sdt madu
  • 1 buah jeruk lemon cuci bersih
  • 2 cm kayu manis

Cara mambuat :

  1. Masukan 2 gelas air kedalam panci.
  2. Serut kulit buah lemon menggunakan parutan, simpan kedalam wadah. Lalu masukkan kedalam panci yang telah diisi air tadi.
  3. Tambahkan sepotong kayu manis .
  4. Tutup, danmasak air sampai mendidih.
  5. Matikan apinya.
  6. Masukan 1 kantong teh hijau, tutup dan biarkan larut hingga 5 menit.
  7. Dinginkan.
  8. Setelah dingin, saring
  9. Tambahkan Perasan air dari 1 jeruk lemon
  10. Tambahkan 2 sdm madu asli/alami lalu aduk perlahan.
  11. Simpan Lemon Green tea Anda di dalam lemari es supaya dingin,  atau anda bisa menambahkan bongkahan es batu dan minum segera.

Selain rasanya yang menyegarkan, minuman lemon green tea buatan Anda ini  akan membantu membakar lemak dan menghilangkan semua racun dari dalam tubuh Anda .

Tips :

  • Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk cabe rawit untuk mendapat manfaat tambahan.
  • Anda bisa langsung membuat dalam jumlah banyak dan menyimpannya  dalam lemari es, untuk diminum 1 atau 2 gelas setiap hari.
  • Gunakan jeruk lemon dan madu organik dan berkualitas.
  • Jika tidak ada kayu manis batangan, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk kayu manis sebelum disajikan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *