Perbedaan Kelenjar Tiroid Terlalu Aktif dan Kurang aktif

Gejala gangguan tiroid, tiroid aktif, tiroid kurang aktif, hipotiroidisme, hipertiroidisme, pengobatan tiroidMenurut sebuah survey American Thyroid Association, sekitar 20 juta orang Amerika memiliki beberapa bentuk penyakit gangguan tiroid. Sementara itu wanita 5-8 kali lebih mungkin memiliki masalah tiroid jika dibandingkan dengan pria. Dari hasil statistik ini menunjukkan bahwa masalah tiroid adalah kondisi yang sudah sangat umum. Ada banyak jenis dari penyakit tiroid ini, namun yang paling banyak pada kebanyakan orang adalah hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif) dan hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif). Tapi faktanya,  hingga 60% orang dengan penyakit tiroid tidak menyadarinya.

Advertisement

Perbedaan antara tiroid kurang aktif dan terlalu aktif :

Untuk itulah mengapa sangat penting untuk memahami peran dari kelenjar tiroid ini, dan bagaimana sedikit gangguan bisa mempengaruhi tubuh Anda.

Apa fungsi kelenjar tiroid?

Tiroid adalah kelenjar kecil yang berbentuk seperti kupu-kupu, yang berada di tengah-tengah leher bagian bawah tepat di bawah laring Anda.

Kelenjar ini bekerja menghasilkan hormon tiroid, hormon yang mempengaruhi fungsi setiap sel, jaringan tubuh, dan organ dalam. Hormon-hormon ini berperan membantu mengatur tingkat jantung, tekanan darah, suhu tubuh, serta tingkat di mana makanan bisa diubah menjadi energi.

Kelenjar tiroid memerlukan yodium untuk bisa memproduksi beberapa hormon. Dua yang paling menonjol adalah hormon tiroksin (T4) dan hormon triiodothyronine (T3).

Thyroid Stimulating Hormone (TSH),  dihasilkan oleh kelenjar hipofisis menstimulasi produksi hormon oleh kelenjar tiroid. Hormon penting lain yang diproduksi oleh kelenjar tiroid adalah kalsitonin, yang berkontribusi dalam homeostasis kalsium.

Pada saat kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik, yang menghasilkan lebih banyak atau kurang  hormon yang diperlukan tubuh, maka dapat menyebabkan kelenjar tiroid kurang aktif ataupun terlalu aktif.

Apa yang Anda maksud dengan tiroid kurang aktif dan terlalu aktif?

Tiroid kurang aktif: Disebut juga hypothyroidism, kondisi ini ditandai dengan berkurangnya aktivitas kelenjar tiroid.

Dalam istilah yang sederhana, hal ini  berarti ada kekurangan hormon tiroid yang beredar di seluruh tubuh . Hal ini berakibat kepada lambatnya aktivitas metabolisme dalam tubuh.

Tiroid yang terlalu aktif: Disebut juga hyperthyroidism,  ditandai dengan meningkatnya aktifitas kelenjar tiroid secara abnormal.

Dalam istilah sederhana, artinya ada kelebihan hormon tiroid yang beredar dalam darah, yang berakibat pada aktivitas metabolik lebih cepat dalam tubuh.

Hypothyroidism lebih umum daripada hipertiroidisme. Kedua kondisi kesehatan ini biasanya didiagnosis dengan cara tes darah dengan mengukur tingkat T3, T4, dan TSH dalam tubuh.

Gejala tiroid kurang aktif(hipotiroidisme)

Kelebihan Berat badan atao obesitas

Kelebihan berat badan biasanya adalah hal yang wajar saja, namun jika Anda sebenarnya kurang nafsu makan maka perlu waspada. Kadar hormon tiroid yang rendah berperan pada tingkat metabolisme yang lebih rendah, yang pada akhirnya menyebabkan kelebihan berat badan meskipun nafsu makan rendah.

 Kelelahan yang terus-menerus

Kelelahan adalah hal yang umum sehabis bekerja berat, dan tubuh akan kembali segar lagi setelah beristirahat cukup. Namun Kelelahan yang ekstrim adalah salah satu gejala dari hipotiroidisme. Hal ini akan terjadi ketika sel-sel tidak lagi berfungsi dengan baik karena kadar hormon tiroid yang rendah – ini akhirnya menyebabkan lebih sedikit energi dan kelelahan.

Masalah haid dan kesuburan pada wanita

Masalah menstru*si serta masalah kesuburan juga seringkali dialami oleh wanita yang memiliki hipotiroidisme.

Sering Sembelit dan Gangguan pada pencernaan

Terlalu rendahnya kadar hormon tiroid akan melemahkan otot-otot yang melapisi saluran pencernaan, yang akhirnya menyebabkan gangguan pencernaan atau sembelit.

Meningkatnyan kepekaan  terhadap dingin

Fungsi kelenjar tiroid yang tepat sangat penting untuk mengatur suhu tubuh, jika fungsinya kurang baik maka  dapat menyebabkan meningkatnya sensitifitas dingin.

Kulit kering dan bersisik

Rendahnya kadar hormon tiroid akan memperlambat metabolisme, yang akhirnya mengurangi keringat dan dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

Otot mengalami sakit dan nyeri

Kelenjar tiroid yang kurang aktif juga meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang akhirnya menyebabkan nyeri otot dan sendi.

Rambut mudah rontok

Untuk menjaga folikel rambut yang sehat,  fungsi hormon tiroid yang tepat sangatlah penting. Jumlah hormon tiroid yang kurang memadai dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lambat dan rambut menjadi rontok.

Kurang konsentrasi dan mudah lupa

Hormon tiroid yang kurang dapat mempengaruhi neurotransmitter dalam otak Anda, yang dapat menyebabkan penyakit suka lupa, dan masalah terkait konsentrasi.

Kolesterol tinggi

Kekurangan hormon tiroid akibat hipotiroidisme mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memecah kolesterol dalam  darah – ini  menyebabkan kolesterol tinggi.

Baca juga:  Manfaat Buah Manggis untuk Kulit dan Kesehatan

Gejala kelenjar tiroid yang terlalu aktif(hipertiroidisme)

Penurunan berat badan yang tidak wajar

Berat badan turun mendadak walaupun  nafsu makan meningkat merupakan salah satu gejala umum tiroid terlalu aktif atau hipertiroid. Jumlah  T4, T3 atau keduanya yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tingkat metabolisme yang juga terlalu tinggi, yang akhirnya menyebabkan peningkatan pembakaran energi dalam tubuh.

Meningkatnya sensitivitas terhadap panas

Tingginya kadar hormon tiroid dalam tubuh akan mengaktifkan kelenjar keringat, yang menyebabkan berkeringat berlebihan. Selain itu, tubuh Anda juga tidak bisa mentolerir panas dengan baik, dan membuat kulit  terasa hangat dan lembab.

Gampang Merasa lelah dan gangguan tidur

Karena metabolisme meningkat, maka tingkat energi Anda tetap tinggi. Namun, karena terus menerus akan membuat tubuh Anda cenderung memecah energi, yang akhirnya menyebabkan kelelahan. Terlalu tingginya kadar hormon tiroid juga bisa menyebabkan gangguan tidur dan membuat Anda lelah pada siang hari.

Bola Mata Menonjol

Mata yang menonjol atau melotot juga seringkali terlihat pada pasien yang menderita gangguan tiroid terlalu aktif .

Tangan bergetar atau tremor

Tremor ringan adalah gejala umum pada saat tangan atau lengan bawah  di posisikan tertentu. Tapi tiroid yang terlalu aktif menyebabkan tremor yang berlebihan, menyebabkan tanga bergetaran atau gemetaran.

Otot-otot mengalami kelemahan ekstrim

Kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan serat otot matilebih cepat daripada yang bisa diganti. Akibatnya otot di seluruh tubuh Anda melemah terutama di lengan atas dan paha.

Jantung berdebar, Gangguan kecemasa, ndan mudah Gugup

Produksi hormon tiroid yang berlebihan bisa mempercepat detak jantung  secara tak wajar , meningkatkan tekanan darah, dan merangsang respon adrenalin, yang akhi8rnya menyebabkan kecemasan, mudah tersinggung, dan mudah gugup.

Pola haid berubah

Pada wanita, tingginya kadar hormon tiroid bisa menunda p*bertas dan menstru*si , bahkan dapat menyebabkan perubahan pola menstru*si.

Memiliki rambut yang sangat Rapuh

Pertumbuhan rambut juga tergantung pada berfungsinya kelenjar tiroid. Jumlah hormon yang tinggi tak normal  dapat menyebabkan perubahan rambut. Hal ini dapat membuat rambut kepala menipis, serta, kulit kepala menjadi terlalu kering.

Penyebab tiroid kurang aktif(hipotiroidisme)

  • Penyebab yang paling umum hipotiroidisme adalah penyakit autoimun yang disebut dengan penyakit Hashimoto. Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh membuat antibodi yang menghancurkan sel-sel tiroid dan menghentikan produksi hormon tiroid.
  • Penyebab lainnya juga termasuk genetik, kurang yodium,  tiroiditis dan kerusakan pada kelenjar pituitari.
  • Radiasi dari pengobatan kanker, obat-obatan tertentu, dan operasi pengangkatan tiroid juga dapat menyebabkan tiroid kurang aktif.
  • Wanita berusia diatas 50 tahun,  penyakit autoimun, penggunaan obat anti tiroid, dan orang-orang dengan riwayat radiasi pada leher dan dada  atas berisiko lebih tinggi hipotiroidism.
  • Hipotiroidisme yang tidak diobati dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan, termasuk penyakit gondok (pembesaran kelenjar tiroid), masalah jantung, depresi, neuropati perifer, edema, dan infertilitas.

Penyebab kelenjar tiroid  terlalu aktif(hipertiroidisme)

  • Kondisi autoimun yang merangsang produksi T4 dan T3 hormon(penyakit graves), adalah penyebab tiroid yang terlalu aktif paling banyak.
  • Penyebab lainnya adalah berlebihan asupan yodium, radang tiroid (tiroiditis), tumor indung telur, atau t*stis, tumor tiroid jinak, atau kelenjar pituitari, dan kelebihan konsumsi suplemen/obat mengandung tetraiodothyronine.
  • Hipertiroidisme cenderung karena faktir genetika, serta lebih banyak pada wanita jika dibandingkan pria.
  • Jika tidak cepat dikendalikan,  kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan termasuk masalah jantung, tulang lemah, penglihatan buruk, kulit dan bengkak.

Bagaimana cara perlakuan atau pengobatan untuk tiroid kurang aktif?

  • Untuk mengobati hipotiroidisme, dokter seringkali meresepkan hormon tiroid sintetis, yang berguna untuk mengembalikan kadar hormon dalam jumlah yang memadai jika diambil dalam dosis yang tepat.
  • Disisi lain pengobatan alternatif seperti penggunaan minyak kelapa , cuka sari apel, minyak ikan, rumput laut, jahe, dan  makanan kaya vitamin D dapat membantu memulihkan hormon tiroid menjadi normal kembali.
  • Bagaimana cara perlakuan atau pengobatan untuk tiroid terlalu  aktif?
  • Dokter mungkin memberikan obat anti tiroid, yang membantu menghentikan produksi hormon tiroid yang berlebihan. Bahkan yodium r*dio*ktif yang diambil secara oral bisa efektif untuk mengobati kondisi ini.
  • Perubahan pola makan juga dapat membantu mengendalikan hipertiroidisme. Konsumsi makanan yang  cukup mengandung kalsium dan vitamin D bersama dengan makanan berprotein dan sayuranan laut.
  • Tindakan terakhir jika pengobatab biasa tidak ada hasil, maka sebagian atau seluruh kelenjar tiroid Anda mungkin akan diangkat.

referensi :

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *