10 Penyebab umum sakit pinggang (punggung bagian bawah)

penyebab umum sakit pinggangSakit pinggang atau juga disebut sebagai sakit punggung bagian bawah (lower back pain) adalah masalah kesehatan yang termasuk paling umum; bahkan diperkirakan sekitar 60% orang pernah mengalami kondisi ini selama hidupnya. Rasa sakit yang timbul bisa secara mendadak (akut) atau kronis yang bisa berlangsun 3 bulan atau lebih. Dalam kasus yang umum, sakit pinggang biasanya menetap dalam beberapa minggu, tetapi untuk beberapa alasan bisa berlangsung terus-menerus. Sakit pinggang dapat terjadi pada semua usia, namun lebih khusus pada orang yang ketika muda lebih banyak bekerja menggunakan fisik dan timbul di kemudian hari ketika ia sudah tua.

Advertisement

Untuk banyak kasus tidak mungkin untuk mengetahui penyebabnya secara pasti, namun struktur pinggang yang bisa berhubungan dengani gejala nyeri adalah tulang lumbal(tulang belakang), cakram diantara tulang belakang, ligamen di sekitar tulang belakang dan cakram, saraf, otot-otot punggung, organ dalam panggul dan perut, hingga kulit yang menutupi area lumbar.

Umumnya pasien yang mengelukan sakit pinggang menderita kondisi seperti arthritis pada sendi kecil yang disebut facet diantara tulang vertebra, cakram yang prolap, fraktur pada vertebra (lebih mungkin pada orang tua atau terdapat osteoporosis), perubahan fomasi alami tulang tulang belakang(scoliosis) atau kasus yang lebih jarang yaitu kerusakan tulang akibat tumor atau infeksi.

Berikut beberapa penyabab umum dari sakit pinggang

1.Kehamilan

Kehamilan juga bisa mengakibatkan rasa sakit pada pinggang sebelah kiri karena berat badan yang menekan lumbar. Hormon estrogen juga dapat berkontribusi melonggarkan ligamen dan struktur tulang belakang.

2.Usia

Faktor usia juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Hal ini karena bisa dikarenakan adanya perubahan tulang rawan, menjadi lebih tipis, rapuh dan lemah. Karena cakram dan sendi yang berada di tulang belakang sebagian terdiri dari tulang rawan, maka daerah ini tidak hanya mengalami keausan tetapi juga merosot seiring usia dan menyebabkan sakit punggung.

3.Mengangkat beban dengan cara yang salah atau berlebihan

Regangan yang terjadi pada punggung bagian bawah adalah salah satu penyebab yang termasuk paling umum. Hal ini juga dikenal dengan regangan lumbal yang ditandai dengan cedera yang mempengaruhi ligamen, otot-otot punggung bawah dan tendon. Kondisi tersebut terjadi karena trauma tubuh dan penggunaan pinggang yang salah atau berlebihan seperti mengangkat beban berat.

4.Cedera lumbar

Cedera lumbar atau patah tulang bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Fraktur yang mempengaruhi lumbar sangat umum pada orang dengan osteoporosis. Cedera lumbal dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri di sekitar daerah pinggang dan sangat sakit jika digunakan bergerak.

Baca juga:  Penyebab, Gejala, jenis-jenis, dan pengobatan Kanker(lengkap)

5.Syaraf terjepit

Nyeri panggul bisa terjadi ketika ada saraf yang terjepit atau terkena tekanan. Rasa nyeri mungkin ringan, timbul rasa panas, dan rasa ketidaknyamanan. Duduk dalam waktu yang lama, batuk, memutar, bersin dan tegang dapat menambah rasa sakit.

6.Keruntuhan(prolaps) cakram

Prolaps cakram mengacu pada setiap masalah yang mempengaruhi bantalan diantara tulang yang membentuk tulang belakang. Hal ini dapat mengiritasi semua saraf yang ada di sekitarnya sehingga mengakibatkan mati rasa, kelemahan dan nyeri di punggung. Namun bagi beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala apapun.

7.Infeksi ginjal

Nyeri punggung bagian bawah di sisi kiri yang disebabkan oleh infeksi ginjal dapat menyebabkan ginjal bengkak dan rasa nyeri yang tajam. Pasien yang menderita kondisi ini sangat sensitif bahkan hanya sedikit sentuhan di daerah panggul. Penderita juga mungkin akan mengalami demam tinggi dan mual atau muntah.

8.Batu ginjal

Batu ginjal adalah terbentuknya batu dalam ureter,  saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Jika perjalanan urin terhambat, maka urin bisa masih berada dalam ginjal yang mengakibatkan sakit punggung dan pembengkakan pada ginjal.

9.Tumor ganas atau jinak

Nyeri punggung bawah akut/kronis bahkan bisa disebabkan oleh adanya tumor ganas atau jinak. Tumor mungkin berada di panggul, tulang belakang atau saraf tulang belakang, atau bisa juga tumor metastatik yang berasal dari lokasi lain dan menyebar ke punggung bawah. Tumor dapat menyebabkan nyeri, sakit hingga hilangnya fungsi otot.

10. Stres

Banyak laporan yang menjelaskan bahwa mereka yang memiliki banyak tekanan psikologis akibat lingkungan kerja dengan stres yang tinggi atau lingkungan sosial yang buruk juga cenderung merasa sakit punggung kronis.

Pengobatan :

Untuk sakit punggun akut, dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat mengendurkan otot punggung dan obat penghilang nyeri juga mungkin akan diberikan. Krim hangat mungkin akan memantu meringankan gejalanya. Istirahat cukup, melakukan kegiatan yang wajar, menghindari membungkuk, mengangkat, duduk dikursi yang rendah, atau hal lain yang memicu rasa nyeri.

Untuk sakit pinggang kronis yang menetap dalam jangka waktu lama, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk kondisi sakit pinggang Anda.

Referensi : healthcare-online.org, newhealthguide.org

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *