Penyebab Trigliserid Tinggi dan Makanan yang perlu Diwaspadai

Kue dan trigliserid tinggiTubuh memerlukan sedikit Trigliserida (TG)  untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik dan sehat, namun jika terlalu tinggi justru dapat menempatkan tubuh Anda terhadap risiko lebih tinggi dari penyakit jantung. Trigliserid yang diketahui tinggi bisa jadi merupakan pertanda dari sindrom metabolik, yaitu dimana Anda sedang memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi – 3 serangkai yang meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Untuk itu, melakukan chek-up kesehatan sangatlah penting untuk mengetahui kondisi kesehatan secara pasti, sehingga komplikasi penyakit yang lebih berat dapat dicegah sedini mungkin.

Advertisement

Sekarang marilah kita mengetahui, apa saja hal yang bisa meningkatkan kadar trigliserid dalam darah, yang mungkin bisa dipakai pertimbangan untuk segera melakukan chek-up kesehatan secara medis

Penyebab utama trigliserid yang cenderung tinggi

Sebenarnya tubuh memiliki kemampuan untuk mengatur semua kebutuhannya termasuk trigliserid, Namun Ada beberapa faktor utama yang  bisa menjadi alasan penyebab TG meningkat/tinggi, dan hal ini termasuk:

Faktor keturunan/genetika:

Hal ini apabila Anda ada adalah salah satu dari anggota keluarga yang memiliki tingkat TG tinggi, atau memiliki ketidakseimbangan lain dalam profil lipid mereka. Dengan demikian Anda mungkin juga mengalami hal serupa, yaitu bermasalah dengan lipid.

Pola makan yang buruk :

Pola makan yang tinggi lemak jenuh dan ZAT gula fruktosa dan glukosa bisa meningkatkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah.

Diet  tinggi kalori yang lebih dari 60%-nya itu  berasal dari karbohidrat, uga dapat meningkatkan TG. Karbohidrat berasal dari tepung-tepungan, misalnya berasal dari makanan seperti roti putih, kue-kue, dan mie.

Kemampuan tubuh mengatur glukosa kurang :

Kemampuan tubuh dalam mengelola gula dan lemak berkaitan erat kaitannya, yaitu resistensi insulin terkait dengan kadar trigliserid yang tinggi. Sering kelebihan asupan gula bisa menyebabkan resistensi insulin karena harus berusaha keras terus-menerus untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Karena Resistensi insulin,  maka kemudian gula akan ditangani oleh liver, yang terus jika liver kelebihan gula akan disingkirkan menjadi lemak dan akhirnya  trigliserid menjadi tinggi.

Baca juga : Cara menurunkan kadar tligiserid yang tinggi

Baca juga:  Apakah Jus buah itu Sehat seperti buah segar atau asli?

Lemak  perut:

Jangan bangga dulu jika memiliki perut yang gendut, yang kata orang pertanda sehat dan subur. Kelebihan lemak di sekitar tengah perut Anda dapat melepaskan zat kimia yang bisa mempersulit tubuh  untuk dapat mempertahankan tingkat lipid yang sehat, sehingga pada akhirnya bisa menyebabkan TG meningkat tinggi.

Kurang berolahraga:

Kolesterol baik (HDL) bisa meningkat dengan zat kimia yang berada dalam jaringan otot. Maka Tanpa olahraga atau latihan fisik, otot Anda bisa menyebabkan tingkat HDL Anda drop. HDL adalah jenis kolesterol baik, yang termasuk mengendalikan jumlah LDL(Kolesterol buruk) yang meningkatkan TG tinggi dan penyakit cardiovaskular seperti penyakit jantung.
Dengan demikian mungkin Anda sudah memahami bahwa banyak risiko kesehatan yang saling berhubungan. Pola makan atau diet yang buruk dan kurangnya aktifistas fisik/olahraga bisa meningkatkan berat badan Anda, dan berat badan yang berlebih bisa membuat tubuh menjadi lebih sulit untuk mengontrol gula darah yang merupakan faktor risiko tambahan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *