Penyebab Stroke Ringan, Iskemik, dan cara Mengatasinya

gejala stroke ringanKemungkinan Anda sudah tahu tanda-tanda stroke secara umum, seperti bicara cadel, lumpuh pada bagian sisi tubuh, sakit kepala, sesak, dan penglihatan ganda. Namun untuk stroke ringan mungkin jarang orang yang mengetahuinya karena gejalanya tidak begitu jelas dan tidak berlangsung lama. Namun meskipun demikian, stroke ringan yang tidak segera diatasi lambat laun dapat menyebabkan kerusakan permanen diotak dan demensia. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, meneliti efek dari apa yang disebut dengan stroke ringan. Hal ini seringkali tidak terdiagnosis atau terdeteksi oleh dokter karena tanda-tanda stroke mini tidak segera terlihat, meski demikian dapat meningkatkan risiko dan menyebabkan kerusakan neurologis permanen, sama dengan stroke iskemik yang gejalanya diawali dari sesak nafas – hanya saja gejala stroke ringan akan tampak sama apabila sudah terjadi kerusakan di area otak.

Advertisement

Stroke atau serangan otak adalah salah satu akibat dari dari suplai darah ke otak yang tidak mencukupi, dan stroke ringan adalah semacam prekursor dari stroke yang sebenarnya.

Berikut Penyebab, gejala, pengobatan, dan pencegahan Stroke ringan/stroke iskemik/ atroke secara umum.

Penyebab satrke ringan

Sebelum mengenal gejala stroke ringan, pertama mari kita ketahui dulu penyebabnya. Penyebab stroke ringan paling umum adalah berkurangnya suplai darah ke otak, yang bisa disebabkan adanya kelainan darah seperti pembekuan darah atau penumpukan kolesterol, atau dalam beberapa kasus, pembentukan plak dalam pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Juga, ada yang dikenal dengan Stroke Hemorrhagic, yang terjadi karena kerusakan dan pendarahan dalam pada pembuluh darah. Sekitar 80% dari kasus stroke disebabkan oleh adanya penyumbatan di pembuluh darah yang dikenal dengan sroke iskemik. Dan sisanya adalah stroke hemoragik 20% kasus.

 Gejala Stroke Ringan

Gejala stroke ringan umumnya tergantung kepada bagian otak mana yang telah terpengaruh. Jika yang dipengaruhi adalah bagian dari otak yang mengontrol beberapa fungsi penting tubuh seperti bicara, pergerakan, penglihatan, dll, dipengaruhi, maka gejala bisa cukup terlihat dan terbukti berbahaya. Namun, jika ytang dipengaruhi adalah bagian dari otak yang mengontrol fungsi tubuh yang kurang menonjol seperti kontrol rasa dan bau, maka gejalanya akan kurang terlihat. Namun berikut ada gejala umum stroke ringan :

  • Seseorang yang menderita stroke ringan mungkin tidak bisa berbicara dengan benar dan jelas beberapa waktu.
  • Mungkin merasakan kelemahan pada salah satu dari kaki, tangan, wajah atau lengan. Hal ini terjadi karena ada bagian dari otak yang tidak menerima suplai darah yang cukup. Biasanya mati rasa dan lemah pada satu sisi tubuh.
  • Kadang-kadang mengalami penglihatan ganda atau penglihatan kabur. Hal ini karena bagian otak yang mengatur fungsi mata kurang suplai darah.
  • Rasa pusing adalah efek stroke ringan lain yang umum, dan seringkali juga dikira migren.
  • Stroke ringan bisa menghasilkan blackout/blank dan membuat fikiran seseorang kosong. Kadang-kadang mungkin tidak bisa memahami apa yang dikatakan orang lain.
  • Gejala lain yang paling sering terlihat adalah kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh. Itulah sebabnya mengapa ppara ahli menyarankan bahwa jika menduga bahwa seseorang mengalami stroke untuk tersenyum. Jika senyuman terlihat miring, maka itu adalah tanda pasti jika mengalami stroke.
Baca juga:  Top 10 MANFAAT Beras MERAH bagi Kesehatan

Pengobatan stroke  ringan

Jika pembekuan darah yang menjadi penyebab suplai darah tidak mencukupi, maka gumpalan darah bisa dihilangkan dengan beberapa obat penghilang gumpalan. Untuk pemulihan dari stroke ringan mungkin juga perlu operasi seperti Bedah karotis Endarterektomi yang menghilangkan asam lemak yang menyebabkan formasi bekuan darah. Meskipun stroke ringan tidak merusak setiap bagian dari tubuh, ia tetap harus segera diobati. Hal ini karena stroke ringan mungkin lebih mungkin untuk mengarah menjadi stroke berat, yang pastinya akan mengakibatkan kerusakan permanen pada otak dan tubuh – dan dalam beberapa kasus bahkan kematian. Stroke ringan bisa menjadi lampu peringatan yang menguntungkan untuk mencegah stroke besar di masa depan.

Tapi ingatlah untuk periksa kedokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Seperti prinsip umum, lebih baik mencegah daripada mengobati. Atau lebih baik teridagnosa sejak dini, daripada ketahuan jika sudah parah dan sulit  diobati.

Pencegahan stroke

Sampai saat ini belum ada pengobatan untuk memulihkan kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke, atau untuk menurunkan kemungkinan kambuh lagi atau mengembangkan demensia. Inilah sebabnya mengapa pencegahan sangatlah penting.

Stroke adalah masalah umum pada orang-orang dengan atrial fibrilasi, tekanan darah tinggi, dan per*kok.. Jadi untuk menurunkan risiko mengalami stroke, dokter menganjurkan untuk melakukan pencegahan dengan melaksanakan gaya hidup sehat, yang mencakup diet rendah natrium, diet rendah kolesterol,  olahraga teratur,  menjauhi alk*hol, dan tidak mer*kok.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *