Penyebab penyakit Trypophobia pada Kulit atau tangan

Penyebab TryphobiaAnda mungkin sudah sering mendengar tentang berbagai macam kondisi “fobia” seperti ornithophobia, claustrophobia, atau fobia lain seperti fobia ketinggian. Tapi trypophobia mungkin yang paling mengganggu, terasa aneh dan asing. Apa Trypophobia? Phobia sendiri bisa diartikan sebagai ketakutan yang tidak umum atau ketakutan yang berlebihan, baik pada tempat, benda, situasi, dll. Sementara itu Trypo  adalah istilah yang berasal dari ikata Yunani (seperti kata ilmiah lainnya), yang berarti “pengeboran atau lubang yang membosankan”.

Advertisement

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Arnold Wilkins dan Geoff Cole,  Trypophobia digambarkan sebagai gangguan mental. Namun sebagian besar dokter tidak percaya bahwa ada penyakit seperti itu, dan mereka percaya bahwa Trypophobia hanyalah ketakutan akan sarang lebah dan antholes,  yang mengakibatkan seseorang berasumsi bahwa struktur berlubang-lubang tersebut terdapat pada kulit atau tangan mereka. Sementara pendapat lain menjelaskan bahwa trypophobia adalah rasa takut irasional intent kepada lubang organik.  Jadi ada dasarnya, trypophobia adalah ketakutan akan terlalu banyak lubang, dan hal-hal yang memiliki banyak lubang-lubang kecil pada diri mereka. Penelitian masih berlangsung untuk menemukan apakahTrypophobia adalah penyakit yang nyata atau tidak.

Apakah Penyebab, gejala, dan cara mengobati Trypophobia? Berikut mungkin jawabannya

Penyebab Trypophobia

Trypophobia adalah ketakutan akan lubang-lubang yang berkerumun. Yang berarti jika Anda merasa lebih takut dengan lubang yang berkerumun, maka ada kemungkinan beberapa waktu  merasa menderita Trypophobia. Meskipun penyebab sebenarnya dari kondisi aneh ini belum diketahui. Namun diyakini bahwa kondisi ini terjadi tepat dari anak usia dini dan berlanjut ke usia remaja, lalu perlahan-lahan akan hilang. Kondisi ini bisa timbul sebagai akibat dari kecenderungan tertentu secara eksternal maupun internal, atau mungkin juga karena beberapa peristiwa traumatis dalam tahap awal kehidupan – seperti pada penyebab banyak fobia lainnya. Namun tidak ada penyebab Trypophobia lain yang spesifik.

Gejala Trypophobia

Seorang individu yang menderita tyrpophobia secara umum mungkin akan mengalami perasaan gelisah dan rasa gatal di seluruh tubuh setelah melihat suatu zat atau benda yang memiliki banyak lubang-lubang kecil pada permukaannya, seperti sumsum tulang, polong biji teratai, sarang tawon, spons, dll.  Seseorang yang menderita trypophobia umumnnya juga memiliki dua kemungkinan reaksi yang berbeda terhadap penampakan “lubang”. Seseorang mungkin baik-baik saat melihatnya sebentar, namun kemudian ia akan memikirkannya, menutupinya, atau menghancurkanya – atau bisa juga seseorang  akan menderita pusing saat melihat lubang ini lagi.

Baca juga:  Manfaat dan Efek Samping Suntik Vitamin C

Diagnosis Trypophobia

Tidak banyak yang diketahui tentang asal-usul dan penyebab dari kondisi ini, kenapa dan tidak ada tes diagnostik yang baik untuk itu. Jika Anda melihat gambar saja sudah membuat Anda merasa tidak nyaman, maka Anda mungkin trypophobe!

Pengobatan Trypophobia

Hal ini diyakini bahwa terapi perilaku kognitif, program neurolinguistik, atau terapi psikologis lainnya bisa membantu mengobati pasien yang menderita trypophobia.

Karena kebanyakan fobia didasarkan pada masalah emosional yang berakar secara mendalam, terapi perilaku, hipnoterapi dan konseling bisa terbukti efektif dalam pengobatan orang yang menderita trypophobia. Pepatah Jepang mengatakan “Takut hanya memungkinkan sedalam pikiran”.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Satu gagasan untuk “Penyebab penyakit Trypophobia pada Kulit atau tangan

  1. vlad

    BERBAHAGIALAH DAN JANGAN KUATIR bagi yang menderita karena Trypophobia..

    Saya juga sebelumnya seorang penderita yang parah.. Setelah melihatnya saya terus dihantui gambar-gambar tersebut sepanjang hari dan membuat saya gelisah bahkan sampai terbawa mimpi..

    Tapi saya punya keinginan yang sangat kuat untuk sembuh.. Makanya saya Google semua situs yang berhubungan dengan Trypophobia dan memaksakan diri untuk memandang setiap gambar yang ada dalam situs-situs tersebut dengan seksama bahkan saya zoom untuk melihat detailnya..

    Pada dasarnya gambar-gambar tersebut adalah hasil rekayasa gambar atau yang biasa disebut gambar photoshop.. Tidak ada yang betulan.. Kalau toh ada yang natural justru biasanya tidak terlalu mengerikan.. Karena logikanya hanya orang bodoh yang mau membiarkan tubuhnya sampai bolong-bolong begitu tanpa diobati secepatnya kan..

    Alhasil, setelah tiga hari berturut-turut saya ‘pantengi’ gambar-gambar tersebut, sekarang saya jadi biasa aja bahkan suka tertawa geli kalau melihatnya lagi sambil berpikir.. ‘kog ada aja orang yang sempet-sempetnya bikin gambar-gambar tersebut.. over creative, kali yaa…’ Hehehe…..

    Selamat mencoba dan semoga segera sembuh…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *