Bengkak dibawah mata – Penyebab dan pengobatan

Penyebab pengobatan bengkak bawah mataDaerah disekitar mata berisi jaringan lunak yang berguna un tuk melindungi dan mendukung kedudukan bola mata dalam tempatnya. Terkadang daerah di bawah mata membesar dan muncul seperti kantong di bawah mata. Hal ini bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit yang perlu ditangani secara medis. Namun, seringkali bedah kosmetik dan berbagai prosedur lain dilakukan untuk mengatasi serta untuk meningkatkan penampilan keseluruhan mata.
Apakah mata bengkak? Mata bengkak mengacu kepada pembesaran daerah di sekitar mata, terutama di bawah mata. Kondisi ini biasanya terjadi akibat sejumlah alasan tertentu, tetapi seiring bertambahnya usia kulit di bawah mata mungkin akan mulai melorot sehingga terlihat seperti membengkak.

Advertisement

Mata bengkak juga dapat merujuk kepada pembengkakan kelopak mata, termasuk kelopak mata atas yang mungkin dapat terjadi oleh alasan yang sama seperti halnya bengkak di bawah mata.

Tergantung pada penyebab dan ukuran kantung mata, mungkin ada juga kelopak mata yang berwarna gelap yang memperpanjang ke daerah bawah mata. Kadang-kadang warna gelap bisa terjadi dengan sendirinya tanpa bengkak oleh karena alasan yang sama sekali berbeda.

Ketegasan kulit di bawah mata tergantung dari kombinasi beberapa faktor, termasuk elastisitas kulit, jaringan ikat, dan kadar lemak .

Penyebab bengkak pada mata

Penyebab mata bengkak bisa dikarenakan oleh berbagai kondisi yang berbeda, beberapa di antaranya terkait dengan gangguan dan penyakit. Kondisi mata umum seperti mata timbilan menyebabkan mata bengkak sesaat. Namun, dalam banyak kasus bengkak bawah mata tidak berhubungan dengan masalah medis yang serius.

Hal ini juga bisa lebih mungkin karena usia yang sudah lanjut, karena telah terjadi perubahan elastisitas dan perubahan ketegasan kulit. Bentuk wajah yang sudah menjadi bawaan/keturunan juga dapat membuat mata terlihat lebih bengkak pada beberapa orang.

Faktor gaya hidup

Ada sejumlah faktor gaya hidup yang dapat berkontribusi bengkak pada mata, termasuk kurang tidur, dehidrasi, asupan garam yang berlebihan dan terlalu sering menggunakan mata.  Mata bengkak juga bisa dilihat sebagai akibat dari konsumsi alk0hol dan mer0k0k yang berlebihan dalam jangka panjang. Menangis dalam jangka waktu lebih lama juga dapat menyebabkan mata bengkak.

Cedera

Cedera merupakan salah satu penyebab mata bengkak yang umum. Berbagai jenis cedera mungkin dapat timbul sebagai akibat dari pukulan ke wajah khususnya daerah mata, cedera bola mata karena lensa kontak, bahan kimia seperti klorin dalam kolam renang, deterjen, dan menggosok mata berlebihan juga dapat menyebabkan cedera. Hal ini menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada jaringan yang terkena.

Alergi

Mata biasanya juga dapat terkena reaksi alergi, walaupun alerge tidak mengenai langsung ke mata dan jaringan sekitarnya. Rhinitis adalah alergi yang mempengaruhi hidung, dan menyebabkan hidung meler, bersin dan tersumbat. Seringkali juga terjadi pada mata (konjungtivitis) dan biasanya ada pembengkakan di sekitar mata.

Baca juga:  Penyebab Stroke Ringan, Iskemik, dan cara Mengatasinya

Infeksi

Infeksi tertentu juga dapat mempengaruhi mata dan menyebar ke jaringan di sekitar mata. Konjungtivitis adalah suatu kondisi umum yang terjadi dilapisan luar mata. Hal ini pada kebanyakan kasus adalah karena virus. Kondisi ini juga bisa mengenai kelopak mata (blepharitis). Selulitis orbita adalah jenis infeksi yang biasanya akibat bakteri, yang mempengaruhi jaringan di sekitar mata. Infeksi adalah jenis yang sangat serius yang memerlukan bantuan medis segera.

Penyakit kulit

Berbagai penyakit kulit mungkin mempengaruhi kulit di sekitar mata. Kondisi peradangan pada kulit lebih mungkin menyebabkan pembengkakan pada mata. Dermatitis adalah salah satu kondisi akut yang dapat menyebabkan pembengkakan apabila terjadi iritasi kulit atau alergi.

Penyakit kulit lainnya bisa karena terbakar sinar matahari, alergi, penyakit autoimun dan infeksi.

Pengobatan

Jika mata bengkak disebabkan oleh penyakit tertentu, maka penyakit tersebut yang harus diobati. Hal ini mungkin akan menggunakan obat-obatan hingga pembedahan. Bedah kosmetik bisa dilakukan jika kantong di bawah mata dan kelopak mata bukan didasari suatu penyakit. Penggunaan obat dalam bentuk krim/salep mungkin bisa dilakukan, namun tetap harus seijin dokter yang memeriksa.

Dalam banyak kasus, bengkak akut di bawah mata bisa pulih hanya dengan perubahan gaya hidup termasuk :

  • Mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam untuk fungsi tubuh yang optimal . Jika tidur menjadi masalah, maka pengobatan dan terapi tidur adalah yang perlu dipertimbangkan. Baca juga : Cari Akibat Kurang tidur dalam Jangka Panjang
  • Kompres dingin di atas mata juga dapat membantu meredakan pembengkakan ini. Ini hanya boleh dilakukan jika tidak ada luka atau infeksi di kulit. Kompres tidak harus dingin, terkadang irisan mentimun yang sedikit dingin sudah cukup.
  • Hindari penggunaan makeup yang dapat menjadi penyebab mata bengkak. Kosmetik jenis ini dapat mengiritasi kulit atau bahkan menyebabkan reaksi alergi ringan yang menyebabkan pembengkakan bawah mata.
  • Melindungi mata dari pancarna sinar matahari karena dapat menyebabkan kelelahan mata yang akhirnya menyebabkan bengkak. Paparan sinar matahari dalam jangka panjang juga dapat mengurangi elastisitas kulit dan menyebabkan kerutan dini.
  • Mengurangi asupan alk0hol dan berhenti mer0kok. Melakukan kebiasaan ini dalam jangka panjang dapat mempengaruhi elastisitas kulit dan dapat memperburuk beberapa faktor yang mempengaruhi bengkak bawah mata.
  • Tidur dengan kepala yang aga sedikit ditinggikan, karena hal ini dapat membantu aliran cairan melalui gaya gravitasi. Namun hal ini hanya efektif jika ada penumpukan cairan yang menyebabkan kantung mata.
  • Perawatan mata yang baik termasuk menghilangkan semua sisa make up di daerah mata dalam sehari-hari jika menggunakan, mencuci wajah dengan lembut, dan melembabkan kulit dengan krim yang cocok.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *