Penyebab Kemandulan(Infertilitas) pada Wanita dan Pria

penyebab mandulSupaya bisa mendapatkan kehamilan, semua proses yang rumit dari mulai tingkat kesuburan dan ovulasi harus dapat bekerja dengan tepat. Hal ini tentu saja melibatkan keduanya dari pasangan, pria dan wanita. Salah satu pihak pasangan yang tidak memiliki syarat kesuburan yang cukup tentu bisa menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan anak. Masalah infertilitas atau kemadulan ini bisa terjadi sejak lahir, atau karena sesuatu hal yang salah selama menjalani kehidupan. Tak semua masalah sulit hamil disebabkan oleh masalah kesuburan atau mandul, timing yang tidak tepat juga bisa menjadi faktor; untuk itu baca juga : Cara Mengetahui dan menentukan Masa Subur Agar Cepat Hamil

Advertisement

Terlepas dari apa penyebabnya, semua ahli reproduksi diseluruh dunia menyarankan agar mendatangi seorang spesialis kesehatan reproduksi jika merasa memenuhi kondisi atau keadaan sebagai berikut :

  • Jika Anda wanita berusia di bawah 35 tahun, dan gagal hamil setelah satu tahun berhubungan.
  • Jika Anda seorang wanita berusia lebih dari 35 tahun, dan telah berusaha untuk hamil selama enam bulan atau lebih.
  • Jika Anda telah mengalami dua atau lebih keguguran.
  • Jika Anda telah didiagnosa memiliki kondisi medis seperti endometriosis atau sindrom ovarium polikistik (PCOS), atau memiliki pasangan yang memiliki kualitas sp*r-ma yang rendah, atau kondisi lain yang mungkin bisa mengganggu proses.

Kinginan untuk memiliki seorang anak adalah salah satu impian manusia yang paling alami dan sifat dasar manusia. Oleh karena itu tidak perlu merasa malu atau risih untuk mencari pengobatan dengan segera. Penyebab kemandulan pada pria dan wanita pada akhirnya dampaknya sama ; Infertilitas bisa disebabkan oleh salah satu atau keduanya dalam sebuah pasangan. Secara umum, sekitar sepertiga kasus tak mendapat keturunan akibat infertilitas dari fihak pria, sekitar sepertiga kasus dari wanita, sedangkan sisanya karena keduanya baik wanita dan pria, atau ada penyebab lain.

Banyak penyebab dari infertilitas banyak, tetapi hal ini bisa dikategorikan disekitar masalah ovulasi dan kualitas sel telur; produksi, fungsi, dan transportasi sp**rm*a, serta implantasi.

Baca juga : Manfaat Buah Kiwi untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Berbagai penyebab paling umum yang dapat menyebabkan kemandulan pada wanita maupun pria:

Pada wanita

Terkait m*nstruasi dan ovulasi: Haid yang tidak teratur atau ovulasi abnormal (anovulasi), adalah salah satu dari sejumlah alasan kemandulan pada wanita terbanyak, dan bisa dikaitkan dengan sekitar 25% dari semua masalah infertilitas pada wanita.

Penyakit tuba falopi: Adanya penyumbatan atau jaringan parut di saluran tuba, yaitu sepasang saluran utama dari ovarium menuju rahim dimana pembuahan terjadi.

Endometriosis: Endometriosis bisa menjadi kronis dan sakit, yang umum ditandai dengan jaringan dinding rahim berada di luar rahim; ini seringkali berada dalam ovarium, saluran tuba, rahim, usus dan kandung kemih. Jaringan parut yang terbentuk dari masalah ini dapat menyebabkan kemandulan. Operasi bisa menjadi pengobatan yang efektif bagi wanita dengan endometriosis.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS): PCOS adalah kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan hormon sehingga berkurangnya masa ovulasi, menstruasi yang tidak teratur, dan menyebabkan kemandulan. Tanda dari kondisi ini adalah munculnya banyak kista kecil di ovarium yang dilihat dengan USG. Hal ini juga sering dikaitkan dengan masalah resistensi insulin.

Baca juga:  Yang Tidak dan Boleh Dilakukan Oleh Ibu Selama Kehamilannya

Fibroid rahim: Fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di rahim yang dapat menyebabkan rasa nyeri panggul dan perdarahan haid yang berat. Kondisi ini juga dapat menyebabkan infertilitas dan keguguran berulang. Seorang dokter mungkin akan menyarankan miomektomi sebagai tindakan bedah terbaik untuk mengangkat fibroid bagi wanita yang ingin hamil.

Kegagalan ovarium prematur (POF): Wanita yang berusia 40 tahun atau lebih muda yang mana indung telur mereka tidak lagi berfungsi untuk mengovulasi telur, biasanya didiagnosa mengalami kegagalan ovarium prematur. Tidak hanya kehilangan kemampuan reproduksi, tetapi mereka juga berisiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan osteoporosis.

Wanita  lebih tua dari 40 tahun: Fungsi ovarium akan menurun kuantitas dan kualitasnya seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita tak peduli seberapa sehatnya mereka. Inilah mengapa pentingnya untuk wanita berusia di atas 40 tahun untuk mencari bantuan dokter ketika mencoba untuk hamil. Hanya karena  mengalami menstruasi yang baik, tidak berarti wanita mampu hamil.

Penyebab lain:  Gangguan kelenjar tiroid ; seperti  terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) atau terlalu sedikit (hypothyroidism), awalnya mengganggu siklus haid bisa  menyebabkan infertilitas. Pengobatan kanker tertentu seringkali mengganggu kesuburan wanita, seperti radiasi dan kemoterapi. Obat-obat tertentu bisa menyebabkan infertilitas sementara, dan kebanyakan kasu wanita kembali bisa hamil setelah penggunaannya dihentikan.

Baca juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk melahirkan Anak kedua?

Pada Pria

  • Produksi dan fungsi sp**rma yang tak normal bisa disebabkan oleh berbagai masalah, misalnya t**stis yang tidak turun, kondisi genetik, kondisi kesehatan termasuk diabetes, trauma atau sebelumnya pernah di operasi diwilayah t**stis atau wilayah inguinal.
  • Pembuluh darah di t**stis yang membesar dapat meningkatkan panas dan aliran darah, yang dapat mempengaruhi jumlah dan bentuk sp**rm*.
  • Masalah transportasi sp**rm* karena masalah seperti ejak**si dini,  penyakit genetik tertentu seperti fibrosis,  penyumbatan t**tis, , atau cedera pada organ reproduksi.
  • Paparan bahan kimia tertentu seperti pestisida, radiasi, asap r*kok, alk*hol, dan steroid.
  • Sering terpapar panas seperti mandi sauna atau berendam dibak air panas dapat meningkatkan suhu t**stis, dan merusak produksi sp***rm*.
  • Kerusakan terkait  kanker dan metode pengobatannya, termasuk radiasi atau kemoterapi. Pengobatan terhadap kanker dapat mengganggu produksi sp**rm*, dan terkadang bisa parah. Pengangkatan satu t*st*s karena kanker juga bisa mempengaruhi fertilitas pada kaum pria.

Referensi:

Demikian penyebab kemandulan umum pada wanita dan pria. Semoga artikel diatas bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi pada Anda maupun pasangan Anda, dan segera untuk menindaklanjutinya dengan memerksakan diri kepada dokter ahli kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *