Penyebab Keputihan Gatal,coklat,berbau,dan cara mengatasinya

Penyebab keputihan gatal bau, kuning, hijau, coklatKeputihan yang disertai gatal, iritasi, berbau busuk, berwarna kuning, hijau, putih, atau coklat, bisa digolongkan sebagai keputihan yang abnormal. Sementara keputihan yang normal biasanya teratur yang datang sebelum atau sesudah menstruasi atau saat masa kehamilan, dan berlangsung beberapa hari atau hingga seminggu. Beberapa gejala keputihan yang abnormal dapat menunjukkan adanya infeksi, dan biasanya disebabkan oleh ragi atau infeksi bakteri. Jika anda melihat keputihan yang tidak seperti biasa atau berbau busuk, maka Anda perlu periksa dokter Anda untuk didiagnosis dan mendapat pengobatan yang tepat.

Advertisement

Berikut tentang beberapa penyebab keputihan yang normal, abnormal, gatal, berbau, dan berwarna kuning, coklat, putih, dan berdarah

Keputihan yang normal

Bening dan encer : Keputihan yang bening dan encer adalah normal dan dapat terjadi setiap bulan. Hal ini mungkin juga terjadi terutama setelah latihan berat.

Bening dan kental : Apabila keputihan bening tapi kental seperti lendir daripada encer dan berair, ini menunjukkan bahwa Anda mungkin sedang berovulasi. Ini adalah termasuk jenis keputihan yang normal.

Keputihan Abnormal

Keputihan berwarna putih: Keluar sedikit cairan berwarna putih terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi adalah normal. Namun, jika debit keputihan disertai dengan rasa gatal dan konsistensinya kental atau terlihat seperti keju cottage, maka itu tidaklah normal dan membutuhkan perawatan medis. Jenis ini mungkin merupakan tanda dari adanya infeksi ragi atau candiasis.

Coklat atau berdarah: Keputihan berwarna coklat atau berdarah biasanya normal terutama ketika terjadi selama atau setelah menstruasi . Ketika keputihan berlangsung pada akhir bulanan,  ini bisa terlihat coklat dan bukan merah. Anda juga mungkin mengalami sedikit keputihan berdarah di antara waktu bulanan yang disebut bercak. Jika bercak ini terjadi selama waktu bulanan normal Anda dan Anda beberapa waktu sebelumnya melakukan hubungan intim, maka ini bisa menjadi tanda kehamilan. Bercak merah selama fase awal kehamilan bisa menjadi tanda keguguran, jadi harus dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Dalam kasus yang jarang, keputihan coklat atau berdarah bisa menjadi tanda kanker serviks stadium lanjut. Inilah alasannya mengapa sangat penting untuk melakukan pemeriksaan panggul tahunan dan Pap Smear, di mana dokter kandungan akan memeriksa kelainan pada serviks Anda.

Kuning atau hijau: Terutama jika kental, pekat, atau disertai dengan bau yang tidak normal, ini mungkin merupakan pertanda dari infeksi trikomoniasis, yang umumnya menyebar melalui hubungan sek*ual.

Penyebab Keputihan

Keputihan yang normal adalah menunjukkan kondisi fungsi tubuh yang sehat, yang merupakan cara tubuh kita dalam membersihkan dan melindungi organ vital Anda. Keputihan yang meningkat masih bisa dikatakan sebagai akibat dari olahraga, sedang bergairah, sedang berovulasi, penggunaan pil KB, dan stres fikiran.

Keputihan yang abnormal biasanya disebabkan oleh infeksi, baik jamur maupun bakteri.

Infeksi Bakteri: Bakteri adalah penyebab infeksi yang sangat umum. Jenis infeksi menyebabkan keputihan yang memiliki berbau busuk, dan terkadang bau amis;  meskipun tidak menimbulkan gejala pada beberapa kasus. Wanita yang suka berganti pasangan berisiko tinggi tertular infeksi ini.

Baca juga:  Top 10 MANFAAT Beras MERAH bagi Kesehatan

Trichomoniasis: Trichomoniasis adalah jenis keputihan akibat infeksi oleh protozoa/organisme ber sel satu. Infeksi ini biasanya ditularkan melalui hubungan intim, tetapi bisa juga oleh penggunaan handuk atau pakaian renang bersama orang lain. Hasil dari Infeksi jenis ini menghasilkan keputihan yang brwarna kuning atau hijau dan memiliki bau busuk. Gejala umum lainnya adalah rasa nyeri, peradangan, dan gatal-gatal ; meskipun beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

Infeksi ragi: Infeksi ragi adalah infeksi oleh jamur yang menghasilkan keputihan berwarna putih, panas dan rasa gatal. Adanya ragi didalam organ intim wanita adalah normal, tetapi dalam situasi tertentu pertumbuhannya bisa diluar kendali. Berikut beberapa kondisi yang kemungkinan meningkatkan infeksi ragi :

  • stres
  • diabetes
  • penggunaan pil KB
  • kehamilan
  • penggunaan antibiotik berkepanjangan
  • Gonore dan klamidia

Keputihan yang abnormal sering berwarna kuning, berdarah, coklat, kehijauan, atau putih.

Penyakit radang panggul: Jenis infeksi ini sering ditularkan melalui hubungan intim dan terjadi ketika bakteri telah menyebar hingga mencapai organ reproduksi dalam. Hal ini dapat menghasilkan keputihan tebal dan berbau busuk.

Human Papilloma Virus (HPV): Infeksi HPV) infeksi menular melalui hubungan intim, dan dapat menyebabkan kanker serviks. Sementara kanker ini mungkin tidak menunjukkan gejala, namun bisa menghasilkan keluar keputihan berdarah, berwarna coklat, dan atau berair dengan bau yang tidak sedap. Kanker serviks sangat mudah dicegah dengan pemeriksaan Pap smear tahunan dan pengujian HPV.

Saatnya mengunjungi dokter

Jika keputihan yang tidak biasa disertai dengan gejala lain seperti demam, nyeri di perut, penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya, kelelahan, atau meningkatnya frekwensi buang air kecil, maka Anda harus kedokter segera.
Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk panggul. Dokter juga akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang gejala, siklus menstruasi, dan aktivitas hubungan intim Anda. Dalam banyak kasus, infeksi bisa dideteksi dengan pemeriksaan fisik atau panggul.

Jika dokter tidak dapat mendiagnosa, ia mungkin akan meresepkan beberapa uji. Hal ini mungkin termasuk uji leher rahim untuk pemeriksaan kemungkinan HPV atau gejala kanker leher rahim. Sampel keputihan juga bisa diperiksa dengan mikroskop untuk menentukan organisme penyebab infeksi. Setelah dokter memastikan penyebab keputihan Anda, ia mungkin akan memberikan pilihan pengobatan.

Cara Mengatasi keputihan sendiri dirumah

Untuk mencegah terkena  infeksi, Anda harus menjaga kebersihan dengan baik dan mengenakan pakaian dalam dari katun. Jangan mengenakan douche karena bisa membuat keputihan memburuk karena akan mematikan bakteri yang berguna. Anda juga harus menghindari penyakit menular karena hubungan se*sual yang tidak aman.

Untuk mengurangi kemungkinan terkena infeksi ragi saat minum antibiotik,  konsumsilah yoghurt yang mengandung bakteri baik aktif. Jika Anda memang tahu jika ada infeksi jamur, maka Anda juga bisa mengatasinya dengan krim infeksi ragi yang dijual diapotik.

Referensi :

  1. www.pamf.org – discharge
  2. www.mckinley.illinois.edu – discharge
  3. www.mayoclinic.org – symptoms discharge

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *