Penyebab Gusi berdarah secara tiba-tiba atau saat sikat gigi

Penyebab gusi berdarah tiba-tibaPada suatu pagi hari setelah bangun tidur Anda menyikat gigi, kemudian menyadari bahwa busa yang Anda ludahkan terdapatsedikit darah. Atau Anda mungkin melihat perdarahan pada gusi secara tiba-tiba suatu hari ketika makan. Pendarahan pada gusi bukanlah sesuatu yang normal. Jadi jika gusi Anda berdarah, baik ketika membersihkan gigi dengan benang atau menyikat gigi, maka Anda pasti memiliki penyakit periodontal atau yang dikenal penyakit gusi. Apa sebenarnya penyakit gusi? Pada umumnya hal itu akibat infeksi bakteri menular yang dapat mendatangkan musibah bagi kesehatan Anda. Hal itu dapat merusak gusi, mengikis tulang rahang, dan menyebabkan kehilangan gigi – penyakit gusi sebenarnya adalah penyebab gigi tanggal nomor satu.

Advertisement

Ada dua penyebab utama gusi berdarah, pertama plak atau karang gigi yang merupakan biofilm dan produk limbah dari bakteri yang membuat iritasi. Yang kedua adalah jaringan gusi, kemudian ada reaksi tubuh terhadap sesuatu yang melukai(respon inflamasi). Kedua faktor ini secara bersama-sama akan membuat gusi Anda meradang dan kemudian berdarah. Semakin lama Anda memiliki peradangan, maka semakin berisiko untuk semua jenis penyakit sistemik, mulai dari alergi hingga kanker!

Mengapa gusi Anda berdarah? berikut ada 10 kemungkinan yang dapat menyebabkannya!

Kebersihan mulut yang buruk

Gusi berdarah mungkin karena sedang meradang, dan ini bisa terjadi jika seseorang kurang dapat menjaga kebersihan gigi mereka. Banyak orang yang tida menyikat dan berkumur dengan benar,  yang dapat menyebabkan plak dan karang pada gigi. Hal ini ada peran bakteri, yang kemudian gus meradang, membengkak bengkak dan sakit. Gusi kemudian dapat berdarah hanya dengan sedikit pemicu, bisa dari makanan yang agak keras benang gigi, atau oleh sikat gigi.

Posisi Gigi yang tidak tepat

Hal ini bisa membuat sulit dalam membersihkan gigi dan dapat menyebabkan gusi berdarah. Gigi yang bengkok juga dapat menyebabkan makanan terjebak di antara dua gigi, yang akhirnya menjadi rumah bakteri, menyebabkan gusi meradang dan mudah berdarah.

Luka atau memar pada gusi akibat trauma

Hal ini mungkin bisa saja terjadi karena menyikat gigi terlalu bersemangat atau menggunakan sikat gigi yang berbulu keras yang dapat menimbulkan luka pada gusi. Oleh karena itu salah satu hal penting dalam perawatan gigi adalah menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan mengubah sikat gigi setiap 3 bulan.

Kekurangan vitamin C

Hal ini terjadi ketika seseorang tidak makan buah-buahan dan sayuran dalam jumlah yang cukup. Buah dan sayuran adalah sumber vitamin C yang sangat  dibutuhkan tubuh, dan kekurangan ini bisa menyebabkan bengkak, sakit, dan mudah berdarah.

Baca juga:  Makanan Sehat itu yang Bagaimana?

Kekurangan vitamin K

Walaupun tubuh hanya sedikit membutuhkan vitamin K, namu Vitamin ini merupakan faktor penting dalam proses pembekuan darah dalam tubuh. Oleh karena itu ketika tubuh kekurangan vitamin ini, maka tubuh memiliki kecenderungan untuk mudah berdarah oleh sebab apapun, termasuk kondisi gusi berdarah. Sumber utama dari vitamin K adalah mikroflora dalam usus kita. Jika Anda menggunakan antibiotik oral dalam jangka panjang, maka bisa menghancurkan mikroflora dalam usus dan bisa meningkatkan kecenderungan gusi berdarah.

Perubahan hormon pada wanita

Hal ini terjadi pada berbagai tahap dalam kehidupan seorang wanita,  seperti ketika mencapai pubertas, selama kehamilan,  atau fase postmenopause. Perubahan ini juga terjadi secara teratur selama periode haid atau selama penggunaan pil kontrasepsi oral. Perubahan hormonal bisa meningkatkan peluang perdarahan pada gusi, dan merupakan hal yang sangat lumrah dalam hal masalah gigi .

Gangguan perdarahan

Gangguan perdarahan secara umum juga menyebabkan gusi berdarah. Ada faktor genetik dan idiopatik( tidak diketahui), yang dapat meningkatkan kecenderungan pendarahan umum. Hal ini pertama kali dapat bermanifestasi perdarahan melalui. Jadi jangan pernah mengabaikan masalah gusi berdarah, karena ada kemungkinan sebagai cermin untuk masalah kesehatan yang lebih serius.

Efek samping Obat-obatan

Sangat biasa bagi kita untuk melihat orang-orang yang hidup dengan penyakit kronis, yang harus selalu mengambil obat secara teratur. Obat-obat tertentu seperti aspirin yang bisa diberikan kepada pasien yang berisiko serangan jantung atau stroke,  untuk epilepsi, untuk kemoterapi kanker dll, dapat menyebabkan gusi berdarah.

Penyakit hati

Hati kita adalah organ utama yang melakukan banyak tugas bagi kepentingan fungsi tubuh, dan salah satunya adalah proses pembekuan darah. Jadi apapun jenis penyakit hati  bisa mengganggu metabolisme dan dapat menyebabkan gusi berdarah.

Kanker

Beberapa jenis kanker seperti leukemia (kanker darah) atau multiple myeloma (kanker sumsum tulang) dapat menyebabkan gusi berdarah.
Terlepas dari penyebab yang tercantum di atas, mungkin masih ada banyak kemungkinan penyebabnya seperti stres, genetika, terapi radiasi, HIV,  dll yang semua mungkin bisa mengarah kepada  penyakit gusi dan akhirnya menyebabkan pendarahan dari gusi.

Kewaspadaan

Penyakit gusi telah dikaitkan dengan kondisi yang lebih serius termasuk diabetes, penyakit jantung, stroke dan kanker. Para ilmuwan meyaki ni bahwa peradangan yang disebabkan oleh penyakit periodontal mungkin ada hubungan antara penyakit gusi dan kondisi lainnya. Jadi ketika Anda mengetahui gusi Anda berdarah secara tiba-tiba, atau seringkali berdarah, sering sakit dan meradang, dsb, sebaiknya untuk tidak mengabaikannya dan segera mengunjungi dokter gigi.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *