Penyebab Ambeien (Wasir), Pencegahan dan Cara pengobatannya

Penyebab dan pengobatan ambeienAmbeien atau Wasir juga dikenal dengan hemroid. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan bagi kebanyakan orang, namun dapat dengan mudah diobati dan sangat mudah untuk dicegah. Pada umumnya, ambeien lambat laun akan semakin parah jika diabaikan, dan ahli kesehatan sangat menyarankan supaya segera diatasi setelah baru muncul. Semakin tua usia seseorang maka semakin besar kemungkinannya menderita ambeien. Namun hal ini tidak berarti bahwa anak muda atau remaja tidakmungkin terkena ambeien. Kondisi ini jauh lebih sering dialami oleh para pria daripada wanita. Seorang wanita yang paling mungkin untuk terkena ambeien adalah ketika mereka hamil.

Advertisement

Berikut mengetahui Penyebab, Gejala, pengobatan, dan cara pencegahan Ambeien

Penyebab Ambeien atau Wasir

Apa yang menyebabkan wasir? Ketika pembuluh darah yang berada di sekitar anus/rektum membengkak atau meradang, maka pasien dikatakan memiliki ambeien. Hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab berikut :

  • Kehamilan
  • Usia semakin tua
  • Diare kronis
  • Sembelit kronis, sehingga memaksa seseorang sering mengejan saat BAB
  • Sering duduk atau jongkok dalam jangka waktu lama
  • Kegemukan
  • Faktor Genetika

Ambeien dapat terjadi baik di dalam bawah dan di bagian dalam atas anus,  juga bisa muncul secara eksternal atau di bawah kulit anus.

Gejala ambeien

Hal ini seringkali meliputi :

  • Perdarahan, biasanya tidak disertai nyeri. Orang mungkin hanya melihat warna merah di toilet
  • Rasa gatal atau terjadi iritasi di daerah dubur
  • Rasa ketidaknyamanan dan rasa sakit di daerah anus
  • Ada benjolan dari daerah anus
  • Pembengkakan di daerah anus
  • Benjolan di dekat anus kadang-kadang bisa sensitif atau sakit
  • Tinja bisa keluar tanpa disadari

Ambeien dalam/internal yang terletak di dalam rektum, biasanya tidak memiliki gejala dan tidak menyebabkan rasa apapun. Namun, mengejan pada saat mengeluarkan BAB dapat menyebabkan berdarah. Hal ini juga dapat mendorong ambeien internal sehingga bisa menonjol melalui anus – ini yang disebut prolaps dan bisa menimbulkan rasa sakit.

Sementara jenis ambeien luar/eksternal  berada di bawah kulit di sekitar anus. Hal ini bisa terasa sangat gatal dan mungkin berdarah. Kadang-kadang darah dapat menumpuk dan membentuk trombus atau bekuan, yang bisa membuat daerah ambeien  meradang, membengkak dan menimbulkan rasa sakit.

Pengobatan Ambeien

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala yang berkaitan dengan ambeien, disarankan untuk menghubungi dokter. Ketahuilah bahwa pendarahan yang terjadi anus bukan semata disebabkan  oleh ambeien, namun bisa oleh hal-hal lain, termasuk kanker kolorektal dan kanker dubur.

Baca juga:  Inilah Gejala penyakit Maag Kronis dan Cara Pengobatannya

Dokter bisa melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lainnya untuk menentukan apakah Anda memiliki ambeien atau tidak. Jika ambeien Anda tidak kunjung membaik, bahkan setelah menggunakan pengobatan tradisional, sebaiknya periksakan kedokter.

Jika gejala dimulai dengan perubahan  kebiasaan buang air besar yang signifikan, atau jika tinja berwarna sangat gelap atau bahkan hitam, atau jika ada bekuan darah atau darah dicampur dengan kotoran, maka sebaiknya Anda segera hubungi dokter spesialis. Termasuk jika gejala disertai banyak perdarahan, rasa pusing dan rasa seolah mau pingsan, tentunya harus cepat-cepat ke IRD.

Obat-obatan

Dalam sebagian besar kasus ada beberapa tindakan sederhana yang akan mengurangi gejala sementara, dan ambeien akan membaik dengan sendirinya. Namun, obat-obatan dan bahkan operasi kadang-kadang diperlukan.

Kebanyakan obat wasir banyak tersedia; namun bukan berarti Anda tidak perlu obat resep dari dokter. Hal ini termasuk salep, bantalan, atau supositoria. Bahan aktif stertentu bisa untuk meringankan rasa gatal dan nyeri. Obat-obatan ini tidak boleh digunakan lebih dari sekitar tujuh hari , kecuali dokter Anda telah memberitahukan kepada Anda.

Bedah

4 klasifikasi ambeien yang memerlukan tindakan bedah :

Wasir tingkat pertama –  berdarah tetapi tidak menonjol di luar anus
Wasir tingkat kedua – menonjol (prolaps) di luar anus ketika pasien BAB, dan kemudian segera masuk kembali dengan sendirinya.
Wasir tingkat ketiga – Hal ini perlu dilakukan tindakan secara manual untuk mengembalikan prolap ke dalam lubang anus setelah menonjol (prolapsing)
Wasir tingkat keempat – yang menonjol (prolapsing), ambeien tidak bisa dikembalikan lagi secara manual.

Pencegahan ambeien

  • Makan banyak buah-buahan dan sayuran akan membantu menjaga kotoran tetap lembut.
  • Meminum banyak cairan juga lebih mungkin untuk membuat kotoran menjadi lembut.
  • ketika Anda di toilet, cobalah untuk tidak tegang atau menahan nafas, karena hal ini bisa menciptakan tekanan yang lebih rendah pada pembuluh darah di rektum.
  • Jika Anda merasa perlu untuk ke toilet, maka janganlah menunggu. Semakin lama Anda menunggu, maka semakin kering tinja Anda.
  • Aktivitas secara fisik atau berolahraga, dan hindari duduk atau berdiri untuk waktu yang lama, karena ini akan menempatkan tekanan pada vena dan menyebabkan ambeien.
  • Jaga berat badan Anda. Karena obesitas merupakan kelebihan berat badan, yang secara signifikan meningkatkan risiko seseorang terkena ambeien

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *