Pentingnya Antioksidan dari Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran tak hanya memiliki rasa yang menyenangkan, tetapi juga merupakan makanan peningkatan kesehatan yang baik. Buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, kerusakan yang berhubungan dengan diabetes dan bahkan memperlambat proses penuaan alami tubuh.Nah untuk itu mari kita cai lebih jauh tentang antioksidan, buah, dan kenapa sangat penting bagi kita. Baca juga : Inilah Buah Murah yang Berkhasiat Tinggi

Advertisement

Ada banyak alasan mengenai pentingnya asupan antioksidan terutama dari buah dan sayuran.

Apa sebenarnya antioksidan dan mengapa kita membutuhkannya? Antioksidan adalah cara alami untuk melawan molekul berbahaya dalam tubuh. Molekul-molekul ini bisa dalam bentuk senyawa sintetis seperti pestisida, plastik, dan produk sampingan klorin dan disebut radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang pada dasarnya memakan molekul yang sehat untuk bertahan hidup. Setiap hari puluhan ribu radikal bebas bisa dihasilkan tubuh, dan akan menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit kronis dan degeneratif jika dibiarkan.

Tubuh terkadang menciptakan radikal bebas sendiri untuk mematikan virus atau bakteri. Untuk mengimbangi molekul-molekul jahat ini, tubuh juga menciptakan antioksidan, yaitu zat yang bertujuan satu yakni menetralkan radikal bebas. Namun tubuh hanya dirancang membuat antioksidan sendiri secara terbatas, padahal setiap hari kita dihadapkan dengan racun dari lingkungan yang terus meningkat sehingga menjadikan tubuh menjadi kurang mampu untuk melawan radikal bebas berbahaya ini.

Manfaat jambu biji bagi kesehatan

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang akan memberikan tambahan  antioksidan yang diperlukan tubuh untuk berperang melawan radikal bebas. Tanpa asupan sehat dari buah-buahan dan sayuran, radikal bebas bisa menyebar dan akhirnya menyebabkan stroke, serangan jantung, arthritis, masalah penglihatan, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer dan berbagai jenis kanker.

Manfaat meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran

Antioksidan vitamin E bagus bagi jantung Anda. Vitamin E memiliki kemampuan dasar “mengepel” kolesterol buruk (LDL) dalam arteri Anda yang memungkinkan elastisitasnya serta tingkat tekanan darah yang diperlukan untuk menjaga jantung bisa memompa dengan aman. Kolesterol, jika tidak ditangani akan mengumpul sebagai plak pada bagian dalam dinding arteri, yang akan menghambat aliran darah dan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras. Pada akhirnya, penumpukan plak dapat menjadi parah sehingga dapat menciptakan penyumbatan di arteri, yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Baca juga:  Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Dengan mendapatkan cukup vitamin E , maka Anda dapat memberikan tubuh antioksidan yang cukup untuk mencegah kadar kolesterol LDL diluar kendali. Antioksidan ini juga melindungi Anda terhadap kerusakan terkait masalah diabetes.

Manfaat buah tomat untuk kulitBanyak penelitian telah menghubungkan radikal bebas dan kanker, termasuk kanker usus besar, kanker prostat, kanker  pay*dara, kandung kemih, kerongkongan dan pankreas. Makan buah-buahan dan sayuran mungkin tidak menyembuhkan kanker sama sekali, tetapi dapat memberikan tubuh Anda kesempatan untuk berjuang mencegahnya. Antioksidan dapat menetralkan sel kanker sebelum dapat berkembang menjadi ganas. Sebuah penelitian terbaru di Harvard University menemukan bahwa pria yang banyak makan berbasis tomat (kaya antioksidan) memiliki risiko 35% lebih rendah terkena kanker prostat daripada mereka yang makan paling sedikit makanan berbasis tomat.

Antioksidan memperlambat efek penuaan!

Radikal bebas merusak sel-sel penting dalam tubuh kita yang membuat kita tampil sehat dan lebih muda. Makan buah-buahan dan sayuran dapat memperlambat hilangnya elastisitas otot yang menyebabkan keriput, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kegagalan memori (radikal bebas melukai sel-sel otak yang butuhkan untuk mempertahankan informasi).

Antioksidan juga tersedia adalam bentuk suplemen makakan, namun yang terbaik adalah  menggabungkan suplemen (yang mengandung vitamin, mineral dan antioksidan) dengan  5 sampai 9 porsi buah dan sayuran setiap hari. Sayuran berdaun hijau seperti bayam  dan buah-buahan berwarna oranye  seperti mangga, jeruk, melon, ubi jalar dan wortel adalah sumber antioksidan beta-karoten terbaik.

Buah-buahan dan sayuran yang mengandung lycopene, seperti buah tomat, buah semangka, jambu biji, buah pepaya, aprikot dan buah jeruk juga kaya antioksidan.

Makan 5 sampai 9 porsi sehari buah-buahan dan sayuran organik benar-benar dapat menjauhkan Anda dari dokter.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *