Obat tradisional radang tenggorokan yang Ampuh

obat tradisional radang tenggorokanSore Throat adalah istilah untuk menyebut radang tenggorokan, yaitu peradangan yang menimbulkan rasa saki yang terjadi pada kerongkongan, organ yang memanjang dari bagian belakang mulut. Beberapa penyebab utama dari kondisi radang tenggorokan adalah infeksi oleh virus, bakteri, atau jamur; serta iritasi akibat polusi, merokok,  asam lambung naik atau udara kering, berteriak secara berlebihan; atau beberapa jenis reaksi alergi juga bisa menjadi penyebabnya. Sakit tenggorokan seringkali juga disertai dengan sakit kepala, sakit perut, demam, dan bengkak di leher. Sakit tenggorokan sangat umum, yang bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Anda bisa mencoba pengobatan tradisional yang akan membantu untuk mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan, namun tergantung dari penyebabnya.

Advertisement

Berikut beberapa obat tradisional yang dapat membantu menyembuhkan sakit radang tenggorokan secara ampuh

Jeruk Lemon

Lemon segar bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan secara tradisional, karena kemampuannya yang membantu menghilangkan lendir.

Limun panas dengan madu. Campurkan perasan dari setengah potong jeruk lemon dan satu sendok teh madu kedalam satu cangkir yang berisi air hangat. Lalu minum secara perlahan-lahan.
Cara lainnya adalah  berkumur dengan perasan lemon yang diencerkan dengan air hangat dengan perbandingan yang sama.
Anda juga dapat mengambil setengah potong lemon lalu taburi garam dan merica di atasnya, jilati secara perlahan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu mengobati sakit tenggorokan karena memiliki sifat antibakteri.

Tambahkan 1 sdm cuka sari apel dan 1 sdt jus lemon dan madu kedalam secangkir air hangat dan meminumnya secara perlahan. Lakukan ini dua atau tiga kali dalam sehari, dan rasa sakit akibat peradangan akan segera mereda.
Anda juga bisa berkumur dengan cuka sari apel beberapa kali sehari. Campurkan 1 sdt garam dan 1 sdm cuka sari apel kedalam satu cangkir air hangat.

Kayu manis

Kayu manis dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan yang disebabkan oleh flu biasa.

Tambahkan 1 sdt bubuk kayu manis dan 1 sdt bubuk lada hitam kedalam segelas air hangat. Anda juga  dapat menambahkan kapulaga. Saring  dan gunakan berkumur sampai tiga kali sehari.
Cara lainnya adalah mencampur beberapa tetes minyak kayu manis dan 1 sdt  madu murni. Minum ini dua kali sehari untuk menghilangkan peradangan yang terkait dengan sakit tenggorokan.

Garam

Salah satu cara terbaik untuk meredakan sakit tenggorokan tradisional adalah berkumur dengan air garam. Garam bekerja seperti antiseptik dan membantu menarik air keluar dari membran mukosa di tenggorokan. Hal ini akan mengeluarkan dahak dan meredakan peradangan.

Baca juga:  Cara Tradisional Ampuh untuk Mengobati Flu & Pilek

Campurkan 1/2 sdt garam kedalam segelas air hangat. Jika Anda tidak suka rasa asin, tambahkan sedikit madu. Hanya gunakan berkumur, dan jangan menelannya. Keluarkan setelah dipakai berkumur. Lakukan solusi  ini setidaknya empat kali dalam sehari untuk memperoleh hasil terbaik.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik plus sifat obat lain yang dapat membantu mengobati atau mencegah sakit tenggorokan.

Makan 1 siung bawang putih mentah setiap hari untuk melepaskan senyawa kimia yang dikenal dengan allicin dalam bawang, yang dapat mematikan bakteri penyebab sakit tenggorokan.
Atau, Anda bisa menggunakan minyak bawang putih. Tambahkan beberapa tetes minyak bawang putih kedalam secangkir air,  dan gunakan untuk berkumur sekali sehari.
Bisa juga dengan langsung memakan siung bawang putih mentah atau dimasak. Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa membeli pil bawang putih.

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. Hal ini juga bekerja seperti osmotik hipertonik, yaitu membantu menarik air dari jaringan yang meradang  sehingga akan mengurangi pembengkakan.

Tambahkan 1 –  2 sdm madu kedalam secangkir air hangat dan minum beberapa kali dalam sehari. Anda juga dapat menambahkan madu untuk secangkir teh herbal kesukaan Anda.
Sebelum tidur minum satu sendok teh madu, karena ini akan membantu menenangkan dan membantu Anda tertidur.

Kunyit

Obat tradisional alami lain yang bagus untuk mengobati sakit tenggorokan adalah kunyit, karena memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat.
Campurkan 1/4 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat. Minum secara perlahan-lahan pada pagi hari pada waktu perut kosong. Lakukan ini sekali saja dalam sehari selama tiga atau empat hari. Atau, Anda juga dapat menambahkan 1 sdt  bubuk kunyit dan 1 sdt bubuk lada hitam kedalam segelas susu hangat dan meminumnya sebelum tidur.
Anda juga bisa menggunakan kunyit untuk berkumur untuk meredakan sakit tenggorokan yang akut. Tambahkan 1 sdt bubuk kunyit dan 1 1/2 sdt garam ke dalam segelas air hangat dan campurkan dengan baik, gunakan berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *