Obat Batuk Tradisional paling Ampuh

Obat batuk tradisionalBatuk adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling banyak dialami masyarakat. Batuk bisa terjadi ketika ada penyumbatan atau iritasi dalam tenggorokan atau saluran udara bagian atas, kemudian otak secara otomatis memberitahukan kepada tubuh untuk batuk supaya benda asing/mengganggu bisa keluar. Hal ini juga bisa disebabkan karena infeksi virus, pilek, flu, dan kondisi kesehatan seperti asma, TBC, dan penyakit paru-paru lainnya. Jadi batuk bisa disimpulkan sebagai upaya pertahanan tubuh terhadap benda asing yang berada didalam sistem pernafasan. Beberapa gejala batuk umumnya adalah rasa gatal ditenggorokan, nyeri  dada, dan sumbatan pada saluran pernafasan.

Advertisement

Berikut adalah beberapa cara mengobati batuk secara tradisional dengan bahan alami

Kunyit

Kunyit memiliki efek terapi untuk batuk terutama jenis batuk kering, sehingga bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini.

Panaskan setengah cangkir air didalam panci mendidih, tambahkan 1 sdt bubuk kunyit, dan 1sdt lada hitam. Anda juga bisa menambahkan kayu manis. Rebus ramuan ini selama sekitar dua sampai tiga menit. Tambahkan satu sendok makan madu, dan minum setiap hari ini sampai kondisi membaik.
Cara lainnya adalah panggang rimpang kunyit dan menggerusnya sampai menjadi bubuk halus. Lalu campur dengan air dan madu, dan minum dua kali sehari.

Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan obat tradisional alami batuk yang populer, juga bisa Anda manfaatkan.

Ambil jahe segar, bersihkan, potong kecil-kecil, dan memarkan, lalu masukkan kedalam secangkir air dan didihkan. Minum ramuan ini tiga sampai empat kali dalam sehari untuk meredakan sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk yang tanpa henti. Anda juga bisa menambahkan air lemon dan madu.
Cara lain bisa dengan mengunyah jahe segar sepanjang hari untuk mengurangi batuk Anda.

Lemon

Lemon bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk karena memiliki sifat mengurangi peradangan dan juga menyediakan vitamin C untuk melawan infeksi.

Untuk membuat sirup obat batuk tradisional bisa dibuat dengan mencampurkan 2 sdm air lemon  dan 1 sdm madu. Minum sirup alami ini beberapa kali dalam sehari.
Cara lainnya adalah mencampur air lemon ditambah sedikit madu dan sejumput bubuk cabe rawit dan kemudian meminumnya.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat  antibakteri dan antimikroba yang bisa membantu mengobati batuk.

Caranya rebus 3 siung bawang putih dengan secangkir air yang ditambahkan 1 sdt oregano. Biarkan hingga suhu kamar, lalu tambahkan madu dan minum. Ini akan membantu pernapasan  dan mengurangi gejala batuk lainnya.
Bawang putih dihancurkan lalu dicampur dengan beberapa tetes minyak cengkeh dan madu secukupnya untuk meringankan sakit tenggorokan.

Baca juga:  Cara Alami Menurunkan kadar Trigliserida yang Tinggi

Bawang merah

Salah satu pengobatan tradisional batuk adalah menggunakan bawang merah. Menghirup bau bawang merah bisa membantu menghentikan batuk.
Campurkan 1 1/2 sdt bawang merah yang dihaluskan dengan 1 sdt madu murni dan diminum. Lakukan setidaknya dua kali sehari untuk meringankan batuk dan menenangkan tenggorokan Anda.

Susu hangat plus Madu

Susu panas plus madu dapat meredakan batuk kering dan mengurangi nyeri dada yang mungkin karena batuk yang terus menerus. Untuk memperoleh hasil terbaik, minum sebelum tidur.

Cabe merah

Cabe merah bisa membantu mengurangi rasa nyeri didada akibat batuk terus menerus. Hal ini juga merangsang dan menghangatkan tenggorokan.

Buat sirup obat batuk tradisional yang sehat ini dengan cara mencampur 1/4 sdt bubuk cabe merah , 1/4 sdt bubuk jahe, 1 sdm madu, 1 sdm cuka sari apel, dan 2 sdm air.
Minum sirup buatan sendiri tersebut dua sampai tiga kali dalam sehari.

Jus wortel

Wortel menyediakan banyak vitamin dan nutrisi lain yang dapat membantu meringankan berbagai gejala batuk.

Ambil empat hingga lima wortel segar, cuci bersih dan buat jus, kemudian tambahkan air minum secukupnya. Bisa ditambahkan dengan 1 sdt madu untuk menambah rasa.
Minum tiga sampai empat kali sehari sampai gejala batuk sudah membaik.

Buah Anggur

Anggur memiliki sifat ekspektoran, yaitu melepaskan lendir dari sistem pernapasan. Semakin cepat lendir dikeluarkan, maka akan semakin cepat batuk berakhir. Anda cukup hanya dengan makan buah anggur atau dalam bentuk jus anggur segar. Jus anggur bisa dicampur dengan  1 sendok madu bisa menjadi lebih efektif.

Almond

Almond memiliki nutrisi yang berperan proaktif dalam penyembuhan gejala batuk.

  1. Rendam 5 sampai 6 kacang almond kedalam air selama 8 sampai 10 jam.
  2. Tumbuk almond yang sudah direndam sampai menjadi bubur, kemudian tambahkan satu 1 sdt mentega.
  3. Makan 3 hingga 4 kali sehari sampai gejala batuk mengilang.

Pengobatan tradisional batuk ini bisa membantu semua gejala batuk tanpa efek samping seperti halnya pil atau sirup obat batuk kimia. Tapi batuk tak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu, segeralah konsultasikan dengan dokter Anda – karena seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa batuk adalah reaksi tubuh, maka bisa jadi batuk Anda didasari oleh kondisi kesehatan yang serius seperti TBC bahkan kanker paru-paru.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *