Obat Tradisional Alami untuk Batuk Berdahak

obat alami batuk pilek berdahakPilek, flu, atau infeksi saluran pernafasan lainnya seringkali disertai dengan batuk yang disertai dengan dahak. Walaupun hal ini bukan  masalah kesehatan yang serius, namun jika dahak tidak diobati segera dapat menyumbat dan mengiritasi tabung bronkial , dan pada akhirnya menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas. Bukan hanya itu, kondisi berdahak pasti membuat orang menjadi tidak nyaman, apalagi ketika sedang berkumpul dengan orang lain. Adanya dahak biasanya membutuhkan pembersihan tenggorokan secara inten, sebab kalau tidak akan menyebabkan batuk secara terus-menerus, sesak napas, dan demam. Dahak cenderung mengumpul di dada dan tenggorokan, dan biasanya dikeluarkan melalui batuk.

Advertisement

Berurusan dengan dahak bisa sangat membuat orang menjadi frustasi, karena merasa seolah tak akan pernah berhenti.Bahkan banyak kasus, batuk dan pilek yang disertai dahak bisa bertahan cukup lama. Tapi jangan khawatir dulu, karena ada pengobatan tradisional alami batuk berdahak yang bisa bekerja dengan cepat dan tanpa menimbulkan efek samping.

Baca juga : Obat tradisional radang tenggorokan yang Ampuh

Berikut 10 obat alami untuk mengusir dahak

Menghirup uap air

Menghirup uap adalah yang paling sederhana untuk menyingkirkan dahak. Menghirup uap melalui lubang hidung akan membantu membuat dahak mencair sehingga lebih mudah untuk dihilangkan dari saluran pernafasan.

Mandi air hangat dua kali sehari akan membantu. Berada kamar mandi yang tertutup selama 10 menit akan membantu memecah lendir. Namun pastikan untuk melembabkan tubuh  setelahnya, karena air hangat menghilangkan minyak dan kelembaban kulit.
Anda juga bisa meuangkan air mendidih kedalam mangkuk besar. Letakkan handuk di atas kepala Anda, dan menghirup uap yang keluar selama lima hingga10 menit. Hal ini akan membantu untuk melonggarkan lendir didalam saluran pernafasan dan paru-paru Anda. Cara ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Air Garam

Berkumur dengan air garam yang hangat adalah cara alami lain mengusir dahak. Air yang hangat berguna menenangkan tenggorokan yang teriritasi , sementara garam membantu mematikan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi sehingga mengurangi produksi dahak.

Campurkan 1 1/4 sdt garam kedalam segelas air hangat, lalu pakailah untuk berkumur. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari.

Air lemon

Lemon adalah bahan dapur yang bagus untuk dimanfaatkan melonggarkan hidung berlendir dan batuk berdahak. Lemon mengandung zat antibakteri dan vitamin C yang tinggi, yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi.

Tambahkan 2 sdt air lemon dan 1 sdm madu kedalam segelas air hangat. Minum campuran ini setidaknya tiga kali dalam sehari untuk meredakan  tenggorokan dan mengurangi produksi dahak.
Pilihan lain yang juga cukup sederhana adalah dengan memotong lemon, taburi atasnya dengan sedikit garam dan merica, kemudian hisap irisan lemon tadi. Ini akan membantu memaksa dahak keluar dari tenggorokan. Cara ini perlu dilakukan dua atau tiga kali dalam sehari.

Jahe

Jahe adalah bahan dekongestan alami, dan telah banyak digunakan untuk melawan sakit tenggorokan dan infeksi saluran pernafasan .

Jahe juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri, serta ekspektoran yang dapat mengurangi dahak di tenggorokan sehingga akan membuat bernapas lebih lega.

Tambahkan jahe segar yang dimemarkan kedalam 1 cangkir air panas .Biarkan selama beberapa menit sampai hangat, lalutambahkan 2 sdt madu. Minum teh jahe  ini beberapa kali dalam sehari.
Atau anda juga dapat mengunyah irisan jahe mentah beberapa kali dalam sehari.

Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik yang kuat, yang dapat membantu mengurangi dahak dengan cara mematikan bakteri yang menyebabkan produksi lendir yang berlebihan. Kunyit sekaligus akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit kedalam segelas susu panas. Minum sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur malam.

Baca juga:  Cara Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Sup dengan kaldu ayam

Sup ayam yang hangat juga dapat membantu meredakan produksi dahak. Sup ayam panas akan membantu melembabkan saluran nafas dan mengurangi konsistensi dahak. Hal ini juga akan meringankan iritasi dan membuat rileks untuk tenggorokan.

Untuk membersihkan dahak dari tenggorokan,  Anda perlu untuk mengonsumsi sup ayam ini setidaknya dua atau tiga kali dalam sehari. Untuk meningkatkan manfaatnya, Anda juga bisa menambahkan jahe dan bawang putih ke dalam sup.

Cabe rawit

Cabai rawit dapat membantu tubuh untukmelepaskan lendir yang mengumpul di hidung dan tenggorokan. Sifat hangat dan merangsang dari cabai rawit juga membantu mengurangi rasa sakit di dada dan meringankan sakit tenggorokan akibat teriritasi.

Campurkan masing-masing 1 1/4  cabai rawit dan parutan jahe segar,  masing-masing 1 sdm madu dan cuka sari apel, dan 2 sdm air matang. Minum larutan ini dua atau tiga kali dalam sehari untuk membantu mengurangi produksi dahak ditentggorokan. Anda juga perlu memasukkan cabe rawit untuk masakana Anda. Tapi ingat, cabai bisa membuat sakit maag kambuh lagi, untuk itu cara ini tidak cocok untuk orang dengn gangguan pencernaan.

Madu

Madu memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur, sehingga bisa  menjadi bahan obat alami yang baik untuk meringankan tenggorokan yang  teriritasi dan menghilangkan dahak. Madu juga memiliki sifat antiseptik , sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dengan lebih cepat.

Tambahkan sejumput bubuk lada putih atau hitam untuk kedalam 1 sdm madu. Lada akan membantu mengobati infeksi tenggorokan, sementara madu akan meringankan selaput lendir. Minum campuran ini dua kali dalam sehari selama seminggu.
Anda juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalam segelas air hangat. Minum beberapa kali dalam sehari. Manfaat dan sifat pengobatan madu dan air hangat ini akan membantu mengencerkan lendir di saluran pernafasan Anda.

Bawang merah

Bawang merah memiliki sifat antibiotik yang sangat baik, serta memiliki sifat anti peradangan dan ekspektoran yang membantu menenangkan tenggorokan dan menyingkirkan dahak. Bawang merah juga bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Anda dapat membuat tonik dengan bawang dan gula untuk meningkatkan fluiditas dari dahak sehingga lebih mudah untuk mengusir.

  1. Cuci dan rajang halus 1 buah bawang merah berukuran kecil.
  2. Tambahkan 2 sdm  gula, dan sisihkan selama setengah jam. Campuran ini kemudian akan berubah tekstur menjadi cair.
  3. Minum dengan dosis 1 sdm  tiap 2 -3 jam, atau bila dibutuhkan.
  4. Anda juga dapat menyimpan irup yang berlebih kedalam kulkas selama satu sampai dua hari.

Wortel

Wortel telah diketahui sangat efektif dalam mengobati batuk dahak dan kondisi lain seperti flu atau pilek. Wortel merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan juga vitamin C, yang keduanya antioksidan kuat yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan ketahanan tubuh terhadap berbagai macam infeksi. Wortel juga kaya akan nutrisi dan vitamin lain yang juga berperan  mengurangi gejala batuk yang disertai dahak.

  1. Buat jus antara empat hingga lima wortel segar yang sudah dibersihkan dan air matang secukupnya.
  2. Kemudian tambahkan 2 atau 3 sdt madu lalau campur hingga rata.
  3. Minum jus ini sepanjang hari untuk membersihkan dahak dari tenggorokan Anda.

Diatas adalah cara tradisional alami untuk Anda yang sedang menderita masalah batuk berdahak. Namun jika Anda mengetahui ada bercak darah, yang berwarna kuning ataupun hijau, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *