Kandungan Nutrisi, Energi, Kolesterol dan Efek Samping Durian

Manfaat Buah DurianMendengar buah durian yang pertama kali terlintas di pikiran Anda bisa jadi adalah buah yang lezat dengan aroma yang kuat, namun memiliki efek yang jahat pada tubuh karena mengandung lemak yang sangat tinggi. Banyak orang beranggapan bahwa durian berkolesterol tinggi, dan bahkan ada efek samping yang buruk. Benarkah demikian?. Buah durian merupakan tumbuhan tropis yang banyak dibudidayakan di Asia Tenggara. Terdapat lebih dari 55 varietas dari jenis buah durian yang hingga saat ini masih dibudidayakan, buah durian banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan buahnya, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk diperjualbelikan. Baca juga : Durian untuk ibu menyusui

Advertisement

Lantas apa saja kandungan nutrisi, energi, kolesterol dan efek samping buah durian?

Untuk selengkapnya mengenai buah durian dan kandungan yang dimilikinya bisa Anda simak di bawah ini :

Kandungan nutrisi

Disaat kita tertarik untuk makan sesuatu hal pertama yang kita lakukan adalah mencari tahu, mencari tahu jika perlu hingga ke akarnya mengenai makanan tersebut, apa saja kandungan yang terkandung di dalamnya, tidak terkecuali dengan buah durian, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi buah durian, tidak sedikit orang yang melakukan riset terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui apa saja kandungan nutrisi buah durian.

Di dalam 100 gram buah durian terkandung beberapa nutrisi diantaranya:
Energi 615 Kj (147 kcal)
Karbohidrat 27.09 gram
Serat pangan 3.8 gram
Lemak 5.33 gram
Protein 1.47 gram
Air/Mineral 65 gram
Vitamin C 19.7 mg atau setara dengan 33% kebutuhan harian
Kalium 436 mg atau setara dengan 9% kebutuhan harian

Kadar energi dan kolesterol

Setelah menyimak dengan baik tabel singkat di atas, Anda bisa mengetahui berapa besar energi buah durian dalam hitungan 100 gram. Anda hanya perlu mengalikannya saja dengan berat buah durian yang Anda konsumsi pada saat ini, semakin berat timbangannya, maka semakin besar juga kadar energi serta kolesterol yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Efek samping makan buah durian

Menurut banyak cerita yang sampai saat ini masih diberkembang dan dibicarakan oleh banyak orang adalah buah durian yang mengandung kolesterol dan efek samping buah durian yang cukup banyak untuk tubuh, karena buah durian dinilai sebagai makanan yang panas, orang biasanya akan mengeluarkan keringat setelah meraka mengkonsumsi buah durian dan cara alami yang mampu untuk mengatasi ini adalah dengan meminum air buah durian langsung dari kulit buah durian yang Anda konsumsi. Namun, secara ilmiah klaim tersebut tidak pernah dibenarkan karena belum dibuktikan secara langsung dan belum memiliki bukti fisik. Lantas mengapa, orang yang telah mengkonsumsi buah durian merasa panas? bisa jadi karena kandungan nutrisi di dalam buah durian yang terlalu pada yang pada akhirnya akan menyebabkan kenaikan tekanan darah, dimana hal ini termasuk pada reaksi alamiah yang biasa terjadi disaat kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan.
Setelah menyimak ulasan singkat mengenai kandungan nutrisi, energi, kolesterol dan efek samping buah durian di atas, apakah Anda masih tertarik untuk mengkonsumsi bauh durian tersebut? atau justru tidak terpengaruh sama sekali dan akan terus makan buah durian sesuai selera. Mau itu makan buah durian atau makanan lainnya, hendaknya mengkonsumsi makanan dalam batas toleransi, karena tubuh kita bukanlah robot atau mesin yang bisa bekerja terus menerus atau bisa menerima rangsangan tanpa merasa lelah. Terlalu banyak bekerja bisa menyebabkan kematian. Begitu pula dengan terlalu banyak makan,  karena tubuh yang gemuk berisiko lebih besar untuk terserang penyakit.

Baca juga:  Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Referensi : id.m.wikipedia.org/wiki/Durian

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *