Menu diet golongan darah O untuk menurunkan berat badan

Diet golongan darah OPilihan makanan yang bisa membantu seseorang dengan golongan darah O untuk menurunkan berat badan telah dijelaskan dalam sebuah buku,“Eat Right For Your Type”, karya Dr Peter D’Adamo, seorang ahli naturopati. D’Adamo melanjutkan pekerjaan ayahnya yang seorang dokter naturopati bernama James D’Adamo, yang melihat beberapa jenis diet bekerja lebih baik daripada yang lain pada pasien-pasiennya. Peter mempelajari proses aglutinasi yang terjadi antara makanan tertentu dan jenis darah tertentu dan meyakini bahwa hal itu disebabkan oleh cara jenis darah. Dia mengusulkan bahwa golongan darah manusia paling awal adalah tipe O. Baca juga : Diet Pisang ala Jepang untuk menurunkan berat badan

Advertisement

Berikut Langkah-langkah dan menu diet golongan darah O untuk menurunkan berat badan

Langkah 1 : Memastikan

Untuk melakukan jenis diet golongan darah, pertama Anda harus memastikan apakah benar-benar bergolongan darah O. Golongan darah O ada dua jenis yaitu O positif dan O negatif, tapi itu tidak menjadi masalah. Jenis darah tertua O adalah pemburu dan pengumpul, yang berkembang pada latihan fisik intens dan protein hewani. Petrus mengatakan keberhasilan tipe O diet tergantung pada penggunaan lemak, bebas kimia, baik daging, unggas atau ikan.

Langkah 2 : Mengakonsumsi daging tanpa lemak

Mengkonsumsi daging tanpa lemak, yaitu daging sapi tanpa lemak, domba, kalkun, ayam dan ikan air dingin seperti herring, cod dan makarel. Ikan trout, salmon, ikan todak juga bisa menjadi pilihan yang baik. Ikan laut mengandung yodium, yang membantu golongan darah O dengan fungsi tiroid. Semakin stres pekerjaan Anda atau semakin kuat program latihan Anda, maka semakin tinggi kelas protein yang harus Anda makan. Perhatikan bahwa nenek moyang kita tidak mengkonsumsi 16 ons steak, karena kelangkaan daging, jadi tidak lebih dari 6 ons per makan.

Langkah 3 : Mengonsumsi monosaturated fat

Mengkonsumsi monosaturated fat(lemak tak jenuh tunggal) yang banyak terdapat pada biji rami dan minyak zaitun untuk memberikan efek positif pada jantung dan pembuluh darah. Biji labu dan kacang kenari merupakan sumber protein tambahan yang baik. Sayuran berdaun hijau mengandung vitamin K, seperti kangkung, kacang panjang, brokoli dan bayam, baik untuk jenis darah O karena mereka membantu pembekuan darah. Buah yang paling bermanfaat untuk darah O adalah buah ara, plum dan buah prune, karena sifat alkalinya lebih baik daripada reaksi asam di saluran pencernaan.

Baca juga:  9 Cara Alami Menghilangkan flek Hitam di Wajah

Langkah 4 : Membatasi makanan tertentu

Batasi konsumsi susu dan telur, cukup hanya tiga sampai empat kali saja dalam seminggu. Susu kedelai dan keju yang tinggi protein adalah alternatif dari produk susu yang tidak dimetabolisme dengan baik. Meskipun jenis darah O  tidak memproses kacang dengan sangat baik karena mengganggu metabolisme nutrisi lainnya, maka bisa makan kacang pinto dan kacang polong.

Langkah 5 : Menghindari makanan tertentu

Hindari makanan  yang mendorong kenaikan berat badan seperti : gandum dan jagung, yang mengganggu efisiensi insulin dan tingkat metabolisme yang lambat; kacang merah/kacang ginjal yang mengganggu pemanfaatan kalori; lentil, yang tidak memungkinkan bagi nutrisi untuk dimetabolisme dengan benar; dan kubis, kecambah, kembang kol dan sawi, yang menghambat produksi tiroid.

Langkah 6 : Latihan

Latihan keras dengan latihan fisik yang intensif berguna untuk mengontrol berat badan dan melepaskan stres. Sistem jenis darah O cocok untuk latihan berat. Latihan-latihan ini dianjurkan setidaknya tiga sampai empat kali dalam seminggu: yaitu aerobik, berenang, jogging, latihan beban, treadmill, memanjat tangga, seni bela diri, olahraga kontak, senam, bersepeda, jalan cepat dan menari atau roller skating. Untuk mendapatkan manfaat kardiovaskular yang maksimal melalui latihan aerobik, tingkatkan detak jantung Anda hanya 70 persen dari tingkat detak jantung maksimum Anda selama minimal 30 menit.

Peringatan

Mayo Clinic melaporkan tidak ada bukti ilmiah bahwa diet golongan darah adalah cara yang lebih efektif daripada diet untuk menurunkan berat badan jenis lain. Meskipun sejumlah testimonial positif telah membuktikan  berhasil menggunakan diet golongan darah, namun Mayo Clinic mencatat tidak ada penelitian yang solid untuk mendukung klaim ini.
Seperti untuk jenis apapun, berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan atau ahli gizi akan menghindari resiko-resiko yang tak diinginkan. Setiap diet akan bermanfaat jika sesuai dengan kondisi kesehatan masing masing individu.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *