Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat yoghurt untuk kulitSebelum kita membahas tentang apa-apa manfaat yoghurt sebaiknya kita mengetahui apa sih dan terbuat dari apa yoghurt?.. Yoghurt adalah makanan fermentasi yang paling tua dan telah dikenal diseluruh dunia. Kata “Yoghurt” berasal dari Turki, yang artinya mengacu kepada tart atau susu yang kental. Namun asal muasal yoghurt tidaklah tunggal, tapi hampir ditemukan disetiap budaya masyarakat pada banyak daerah diseluruh dunia. Ketika susu segar yang tersisa dalam wadah telah berisi bakteri baik, maka susu akan mengental dan mengembangkan rasa yang asam lezat. Asam laktat yang dihasilkan selama proses fermentasi juga bekerja sebagai pengawet, dengan kultur/orgnisme hidup yang membantu susu tetap segar lebih lama. Yoghurt telah lama dikenal sangat  bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan pencernaan karena mengandung bakteri ramah (probiotik) yang bisa mengendalikan bakteri jahat dalam usus. Lalu adakah manfaat yoghurt bagi kulit dan kecantikan?

Advertisement

Mengkonsumsi yoghurt saat habis sarapan merupakan kenikmatan sekaligus memberikan tubuh kebaikan gizi sehat. Tetapi jika Anda menginginkan kulit mulus dan sehat, maka yoghurt bisa  menambah koleksi produk kecantikan buatan sendiri.

Yoghurt kaya dengan protein, kalsium, vitamin D dan probiotik (bakteri sehat yang membantu pencernaan), sehingga tak ada keraguan lagi bahwa yoghurt mampu memberikan manfaat yang baik untuk bagian dalam tubuh Anda. Disisi lain, ia juga dapat melakukan keajaiban bagi kecantikan sisi luar Anda juga yaitu kulit Anda.

Ketika dioleskan pada kulit, beludru yogurt akan membantu melembabkan, melawan jerawat, mencegah penuaan dini, meredakan kulit terbakar dan mengurangi perubahan warna.

Berikut beberapa manfaat alami Yoghurt bagi kulit dan kecantikan

Pastikan Anda menggunakan berbagai yogurt berbahan organik. Tentunya Anda tidak ingin ada aditif yang tidak perlu dan gula melekat pada tubuh Anda bukan?

1. Melembabkan kulit

Anda bisa menghidupkan kembali kulit kusam pada wajah Anda hanya dengan yogurt yang ada di lemari es Anda. Jika dioleskan pada wajah sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu, yoghurt akan membuat kulit wajah lembut, lentur, plus menghemat uang untuk membeli produk kecantikan tentunya.

Caranya ; Pertama, cuci muka Anda. Setelah itu oleskan yogurt pada wajah dan leher, yang akan memberikan kelembaban pada wajah Anda setelah dicuci. Biarkan selama sekitar 10 menit, dan kemudian bilas dengan air dingin.

Asam laktat, asam alpha hydroxy alami dalam yogurt membantu kelancaran dalam pengelupasan kulit. Pastikan menggunakan yoghurt kental dengan kultur aktif untuk mendapat manfaat bagi kecantikan. Saring campuran kalau terlalu berair.

Baca juga:  Manfaat Air bekas Cucian Beras untuk wajah dan Rambut

2. Mencegah efek kulit terbakar akibat sinar matahatri

Jika terlalu banyak menghabiskan waktu diluar rumah dengan sengatan terik matahari, maka anda dapat memelihara kulit Anda secara alami dengan yogurt. Kandungan Seng dalam yogurt membantu mendinginkan kulit dari sengatan matahari.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial chamomile pada beberapa yogurt organik. Gosokkan pada kulit Anda yang terbakar matahari dan biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya.

3. Mencegah jerawat

Yogurt mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang alami. Untuk menghilangkan bercak jerawat, gosokkan beberapa krim ke daerah-daerah yang rawan timbul jerawat. Biarkan yoghurt bekerja selama 30 menit, setelah itu bilas bersih.

Masker wajah yogurt akan membantu menjaga kulit tetap bersih, dan juga akan mengurangi jerawat yang menjengkelkan.

4. Mengurangi perubahan warna kulit

Jika digunakan secara teratur, yoghurt memiliki manfaat pemutih ringan yang dapat memuluskan kembali perubahan warna pada kulit. Hal ini bisa untuk mengurangi bercak dan bintik-bintik akibat penuaan atau akibat sengatan matahari, yaitu dengan cara menggosokkan beberapa sendok yogurt yang dicampur dengan perasan jeruk lemon pada kulit selama 30 menit kemudian dibilas. Ulangi cara ini tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Mencegah penuaan dini

Kita pasti tahu bahwa menjadi tua pasti akan datang, tapi itu tidak berarti Anda tidak bisa memperlambat munculnya garis-garis halus dan kerutan. Mengurangi garis-garis halus dan kerutan bisa dilakukan dengan menerapkan masker yoghurt. Asam laktat dalam yogurt akan membantu melarutkan kulit yang mati dan mengencangkan kembali pori-pori. Anda akan menjadi muda kembali 10 tahun dari usia Anda sebenarnya jika melakukan cara ini secara konsisten.

Campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan 3 sampai 4 sendok makan yogurt. Oleskan campuran ini ke wajah Anda selama sekitar 30 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Catatan:

Hati-hati jika kulit Anda mulai memerah atau gatal. Beberapa orang bisa alergi terhadap yoghurt. Jika kulit Anda menjadi kemerahan atau pecah, hentikan perawatan wajah menggunakan yogurt.  Namun jangan bersedih, sebab masih banyak cara alami lain untuk merawat kulit – masih banyak kok seperti menggunakan baking soda, dll.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *