Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Manfaat vitamin EVitamin E seakan tidak pernah ketinggalan dalam daftar semua produk kecantikan, bahkan vitamin ini seringkali menjadi bahan utamanya. Bahkan suplemen vitamin E sering diesepkan dokter untuk para pasien mereka. Jadi hal ini sudah cukup menjelaskan pentingnya vitamin untuk kulit, rambut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin E Juga dikenal dengan alpha tocopherol telah dianggap sebagai obat ajaib karena kemampuannya untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan jantung, varises dan tekanan darah tinggi – juga sangat bermanfaat untuk komposisi gizi makanan yang tepat dan pemeliharaan kesehatan kulit dan rambut. Baca juga : Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Advertisement

Vitamin ini termasuk jenis antioksidan larut lemak yang dapat didapat dengan mudah melalui suplemen makanan. Minyak vitamin E adalah salah satu suplemen yang mengandung vitamin E sebagai unsur utamanya, sehingga minyak ini telah mencakup semua kebaikan vitamin E di dalamnya. Suplemen ini sangat serbaguna dan yang sangat berdampak terhadap fungsi sel. Sebagai antioksidan, ia juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Vitamin E sangat banyak jumlahnya, dan memiliki manfaat yang berbeda untuk kulit, rambut dan kesehatan.

1. Manfaat Vitamin E Untuk Kulit :

Menerapkan minyak vitamin E secara teratur pada kulit akan meningkatkan tekstur kulit dan membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Kandungan restoratif dari minyak vitamin E ini telah terbukti secara ilmiah. Dengan demikian tidak mengherankan jika semua produsen produk perawatan kulit menggunakan minyak ini sebagai salah satu bahan utamanya. Minyak vitamin E menawarkan beberapa manfaat berikut untuk kulit :

Pelembab kulit :

Minyak Vitamin E minyak adalah pelembab kulit yang hebat dan dapat menjadi pengganti yang sehat untuk lotion yang sarat akan bahan-bahan seperti alk*hol dan bahan kimia lain yang dalam jangka panjang bahkan dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Tidak hanya memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit, keberadaan antioksidan di dalamnya mendukung proses penyembuhan jika kulit mengalami cedera. Namun aplikasi minya vitamin E  murni harus dihindari karena tebal dan lengket. Penerapan/penggunaan selama tidur sangat ideal untuk penyembuhan dan pemeliharaan kulit. Minyak zaitun mengandung asam oleat, yang bisa membuat kulit lebih baik dalam mempertahankan kelembaban. Bila minyak zaitun dicampur dengan perbandingan yang sama dengan minyak vitamin E, paling cocok untuk penggunaan selama tidur.

Menfaat antipenuaan:

Sejalan dengan bertambahnya usia kulit, produksi kolagen dan sel di dalamnya mulai melambat, yang menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya. Diet yang tidak sehat, polusi dan paparan bahan kimia lebih lanjut akan memicu proses penuaan, membuat kulit terlihat kendor dan kusam akibat munculnya garis-garis halus dan kerutan diwajah. Karena mengandung  antioksidan kuat, aplikasi biasa minyak vitamin E pada wajah tidak hanya membantu menghilangkan kerutan tapi juga memperkecil peluang ini di masa depan.

Mengobati kulit bekas terbakar matahari:

Minyak vitamin E juga efektif mengatasi kondisi kulit akibar terbakar matahari. Hal ini karena ia lebih mudah diserap oleh epidermis dan mampu menyembuhkan kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar ultraviolet. Minyak ini harus diaplikasikan pada kulit yang terbakar dua kali sehari untuk efek cepat.

Mengobati kulit berbintik cokelat:

Bintik-bintik cokelat di kulit bisa dikaitkan dengan berbagai faktor seperti kerusakan akibat radikal bebas, penuaan, masalah hati, dll . Minyak Vitamin E efektif mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Mengaplikasikan minyak ini pada bintik-bintik coklat, akan melumasi membran sel dan meregenerasi sel sehingga membantu menghaluskan kulit kering dan menyamarkan bintik-bintik.

Baca juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kulit

Agen pembersih:

Minyak vitamin E adalah pembersih yang universal, artinya sesuai dengan semua jenis kulit. Kotoran, debu, dan sel-sel mati pada lapisan atas kulit wajah yang membuatnya terlihat kusam dan lelah. Mengaplikasikan beberapa tetes minyak ini menggunakan bola kapas dan dipakai menyeka wajah dua kali sehari memiliki efek pembersihan yang efektif pada kulit sehingga membuatnya cerah.

2. Manfaat vitamin E untuk Rambut

Merangsang Pertumbuhan Rambut:

Minyak Vitamin E minyak mengandung antioksidan yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi darah hingga kulit kepala. Jumlah pasokan darah yang sehat adalah stimulan yang baik untuk pertubuhan dan perkembangan rambut.

Mencegah rambut beruban dini:

Minyak vitamin E sangat efektif memperlambat proses penuaan,  termasuk pada kulit dan rambut. Rambut yang beruban dini terutama disebabkan karena oksidasi sel. Antioksidan kuat yang terdapat dalam minyak vitamin E efektif mencegah koksidasi sel  sehingga mengurangi kemungkinan beruban dini.

Baca juga:  Manfaat Jus Alpukat Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Membuat rambut berkilau:

Menggunakan minyak vitamin E secara rutin pada rambut akan membuatnya lebih sehat dan berkilau dari sebelumnya. Memijat bagin akar rambut dengan campuran yang mengandung vitamin E akan melembabkan dan membantu merangsang produksi sebum, yang membuat rambut lebih berkilau.

Memperbaiki rambut bercabang:

Rambut pecah dan bercabang dan jenis kerusakan lain  disebabkan karena kehilangan kelembaban, keriting dan penggunaan pewarna kimia. Hal ini bisa dengan minyak vitamin E. Caranya campurkan dengan jumlah yang sama, minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak jojoba untuk membuat campuran dasar sekitar 12 ons. Kemudian tambahkan 2 ons minyak vitamin E. Hal ini dapat digunakan baik sebagai minyak panas atau sebagai pelapis untuk memulihkan masalah rambut bercabang.

Berbagai manfaat dari minyak vitamin E sudah tak terbantahkan. Jika Anda ingin memiliki kulit dan rambut yang tampak lebih muda, maka masukkan vitamin E minyak dalam rejimen kecantikan Anda. Hanya Namun pastikan Anda tidak alergi dengan cara menguji sedikit menerapkan sedikit di satas kulit .

3. Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan :

Manfaat kesehatan vitamin E sebagian besar dapat dikaitkan dengan antioksidan. mengonsumsi vitamin E meningkatkan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas yang merusak struktur sel dalam tubuh. Dengan demikian minyak vitamin E juga dapat membantu mengatasi berbagai gangguan tubuh dengan beberapa cara sebagai berikut:

Pengolahan luka Bakar :

Minyak vitamin E memiliki kekuatan kuratif yang luar biasa, termasuk memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka yang disebabkan oleh luka bakar kecil. Mengaplikasikan minyak ini pada daerah yang terbakar dan menggosok dengan lembut akan menyembuhkan luka. Pastikan setelah daerah yang terkena sudah  didinginkan.

Memudarkan bekas luka atau jaringan parut:

Manfaat minyak vitamin E lainnya adalah membantu memudarkan bekas luka. Hal ini dianggap sebagai pengobatan yang baik untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan karena luka bakar atau jerawat. Anda dapat menerapkan beberapa tetes minyak vitamin E ke bekas luka. Pijatkan dengan lembut ke bekas luka dengan gerakan melingkar. Minyak vitamin E akan menembus ke dalam lapisan kulit untuk memperbaiki jaringan parut. Minyak ini harus digunakan setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

Pencegahan Kanker Kulit:

Bagi mereka yang sering menghabiskan banyak waktu di bawah panas terik matahari, tambahkan sekitar 4 sampai 5 tetes minyak vitamin E pada tabir surya dan menerapkannya pada kulit sebelum keluar.

Pengobatan Stretch Marks:

Stretch mark adalah kondisi umum selama atau setelah kehamilan. Minyak Vitamin E efektif untuk membantu menghilangkan tanda itu. Penggunaan secara teratur  pada stretch mark dengan gerakan lembut telah terbukti mengurangi munculnya tanda-tanda ini pada beberapa penggunaan.

 Pengobatan Eksim Dan Psoriasis:

Penggunaan minyak vitamin E sebanyak dua kali sehari pada daerah yang terkena eksim dan psoriasis secara teratur efektif dalam menyembuhkannya.

Pengolahan kuku dan kultikula kering:

Minyak Vitamin E efektif untuk pengobatan kuku yang rawan retak dan terbelah. Jika Anda ingin menghilangkan kuku rapuh, tuangkan beberapa minyak ini dalam sebuah piring untuk merendam kuku selama 5 sampai 10 menit setiap hari . Atau  Anda juga dapat menggosokkan setetes minyak pada setiap kuku. Minyak ini juga merawta kutikula yang kering dan pecah-pecah.

Pengolahan Bibir dan telapak kaki pecah-pecah:

Minyak Vitamin E  dapat menyembuhkan luka  biasa dan bibir pecah-pecah. Minyak ini bekerja sebagai pelembab bibir dan sangat efektif mengatasi bibir kering atau pecah-pecah. Penerapan secara biasa membantu mencegah telapak kaki pecah, sehingga meredakan rasa saki yang menyertainya.

Baik Untuk Jantung:

Konsumsi minyak vitamin E mendukung kesehatan jantung. Minyak ini memiliki kemampuan untuk mencegah kolesterol untuk menyumbat arteri. Penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah menyebabkan jantung memompa darah lebih lebih keras, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Minyak vitamin E mennghilangkan efek  kolesterol jahat dan mencegah penyumbatan arteri.

Nutrisi dalam Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E adalah suplemen diet yang mengandung vitamin E sebagai komponen utamanya. Se hingga dengan demikian kualitas gizinya mirip dengan vitamin E. Vitamin E pada dasarnya adalah senyawa yang terdiri dari kelompok lemak larut yang memiliki sifat antioksidan yang berbeda. Dalam kondisi alami, vitamin E sendiri terdiri dari delapan bentuk (alpha, beta, gamma,  deltatokoferol,  alphatokoferol, beta, gamma dan deltatocotreino). Namun hanya alfa tokoferol yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan manusia.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *