Manfaat Ubi Jalar untuk Wajah, Rambut, Kulit dan Kesehatan

Manfaat ubi jalar kecantikan kesehatanUbi jalar adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling umum dikonsumsi, dan juga masih satu sepupu dengan kentang. Hal ini adalah salah satu makanan yang paling bernutrisi dan bermanfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Ubi jalar mengandung Omega 3, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng, serta vitamin A, B, C, K dan vitamin E.

Advertisement

Ubi jalar dianggap sebagai sumber senyawa alami yang dikenal dengan nama beta-karoten dan antosianin.Beta-karoten adalah bentuk vitamin A yang berasal dari sumber nabati, telah dikenal berguna untuk mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit jantung, serta gangguan kesehatan mata termasuk degenerasi makula, dan katarak. Antosianin bermanfaat untuk melawan perubahan warna dan memberikan manfaat antri peradangan pada kulit. Sementara Vitamin A, B dan C yang banyak ditemukan dalam ubi jalar memiliki sifat anti-oksidan, sehingga membantu memerangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Berikut Manfaat Ubi jalar untuk wajah, kulit, kesehatan, kecantikan, dan beberapa cara yang dapat penggunaan pada wajah :

1. Mangatasi Kulit Berminyak

Rebus ubi jalar, biarkan dingin dan kemudian di mash. Tambahkan satu sendok makan madu dan meratakannya di wajah Anda. Biarkan menemepel selama 20-30 menit lalu  bersihkan. Anda juga dapat menambahkan 2 atau 3 sendok teh air lemon jika Anda memiliki kulit yang berminyak.

2. Meningkatkan Tekstur Kulit:

Setelah ubu jalar mendidih, jangan membuang air rebusannya. Karena air tersebut kaya akan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tekstur dan membersihkan kulit Anda. Setelah mendidih saring airnya, simpan dalam botol dan taruh di dalam lemari es untuk mendinginkan. Gunakan air ubi jalar ini sebagai toner untuk kulit, yang akan membantu menyerap kotoran, membersihkan pori-pori , dan menenangkan kulit yang teriritasi.

3. Mengatasi tumit pecah-pecah :

Jika Anda memiliki tumit kaki yang kering dan pecah-pecah, air rebusan ubi jalar yang masih hangat bisa Anda dipakai untuk merendam kaki. Hal ini akan membantu  menyingkirkan tumit pecah-pecah yang menyakitkan.

4. Mengatasi Lingkar hitam mata atau mata panda

Cukup ambil dua potong tipis ubi jalar dan tempelkan di mata Anda. Hal ini karena zat antosianin dalam ubi jalar membantu mengurangi pigmentasi dan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga akan membantu menyingkirkan lingkaran hitam, keriput, dan bengkak mata.

5. Mencegah Penuaan dini:

Untuk meremajakan kulit yang kering, ambil satu ubi jalar yang berukuran besar dan didihkan sampai menjadi cukup lunak sehingga kulitnya dapat dikupas dengan tangan. Ambil 1 sdm madu, 1 sdm susu, dan 1 sdm air jahe (diblender dari rimpang jahe dan kemudian disaring menggunakan kain halus). Capurkan semua bahan sampai menjadi adonan halus. Pergunakan sebagai masker ke wajah dan leher yang bersih. Diamkan selama 20 – 25 menit lalu bilas dengan air hangat. Masker ini akan membuat kulit Anda menjadi segar, terhidrasi dan mencegah penuaan dini. Sisa masker wajah yang tidak terpakai dapat disimpan dalam lemari es hingga 2 – 3 hari.

6. Melembabkan Kulit:

Untuk membuat scrub ringan, gambil setengah cangkir ubi jalar rebus, 1 sdm oat, dan 1sdm yogurt, lalu campur semuanya untuk membentuk adonan kasar. Gunakan campuran ini untuk menggosok kulit Anda dengan gerakan melingkar lambat, lalu mencucinya dengan air hangat – setelah itu lanjutkan dengan melembabkan kulit Anda dengan pelembab favorit.

Baca juga:  Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

7. Mengatasi Rambut Kering:

Ubi jalar juga sangat baik untuk rambut Anda. Dengan banyaknya jenis nutrisi yang berbeda dalam ubi jalar, maka akan memberikan setiap  helai rambut Anda menjadi halus tak tertandingi. Ambil satu buah ubi jalar, 1 cangkir yogurt, 1 sdm madu,  dan 1 sdm minyak zaitun atau minyak almond. Haluskan semua bahan sampai halus betul, ratakan  pada rambut dan diamkan selama 15 – 20 menit. Bagi yang memiliki rambut sangat kering, dapat ditambahkan dengan 2-3 sdm krim kelapa.

8. Meningkatkan Metabolisme dan mengatasi gejala Premenstrual :

Ubi jalar juga memngandung mangan, yaitu mineral yang membantu mempromosikan metabolisme dan menjaga keseimbangan gula darah yang sehat. Hal ini juga membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga mencegah dari kebiasaan makan berlebihan; dengan demikian juga membantu menurunkan berat badan. Ubi jalart juga membantu dalam prngobatan anemia dan gejala pramenstruasi yang parah.

9. Menjaga Elastisitas Kulit:

Ubi jalar merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C yang dikenal juga membantu memproduksi kolagen kulit. Kolagen berfungsi membantu dalam menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak kencang dan awet muda.

10. Sumber Anti-oksidan :

Ubi jalar mengandung beta-karoten atau bentuk vitamin A , yang merupakan anti-oksidan penting dan dikenal untuk mencegah berbagai jenis kanker. Hal ini memperbaiki sel akibat kerusakan yang disebabkan oleh paparan UV yang berlebihan, dan menyediakan lapisan perlindungan untuk kulit dari sengatan sinar UV yang berbahaya dari matahari.

11. Mencegah stres kulit :

Ubi jalar mengandungmineral seperti magnesium dan besi dalam jumlah yang baik. Magnesium diyakini membantu merelaksasi dan bertindak sebagai pencegah stres pada kulit.

12. Makanan kencatikan :

Ubi jalar selain mengandung vitamin A dan vitamin  C, juga mengandung vitamin E . Vitamin E diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, sehingga membuat kulit mulus. Semua Vitamin ini (A, C dan  E) juga dikenal sebagai nutrisi penting untuk kulit.

13.Mempercepat Pertumbuhan Rambut:

Kehadiran beta-karoten dalam ubi jalar, membuatnya sebagai makanan yang sangat ideal untuk membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan masalah umum pada rambut seperti rambut kusam, rusak dan  rambut rontok. Lebih lanjut dapat menyebabkan ketombe.

14.  Rambut bersinar alami :

Masker ubi jalar bersama dengan bahan lain seperti madu, yoghurt dan minyak zaitun bekerja untuk rambut yang kusam dan kasar, dan membuat rambut terhidrasi dan bersinar alami.

Ubi jalar terdiri dari sebagian besar  tepung. Hal ini dikategorikan sebagai makanan super karena lebih tinggi nutrisi dibandingkan dengan makanan lain. Ubi jalar menyediakan banyak mineral penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium yang penting untuk enzim, protein, dan karbohidrat. Sayuran ini juga merupakan sumber makanan yang kaya akan flavonoid, anti-oksidan, dan serat pangan yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Jenis ubi jalar yang paling banyak nutrisi adalah yang berdaging berwarna seperti oranye, ungu, atau kuning biasa. Ubi jalar salah satu makanan sumber kalori pati yang rata-rata memberikan 90 kalori / 100g , namun tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol dan merupakan sumber yang sangat kaya akan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *